Tips Memanfaatkan Gel Lidah Buaya untuk Mengobati Psoriasis

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tak hanya menjaga kelembapan kulit, Anda juga bisa menggunakan lidah buaya untuk wajah yang mengalami peradangan akibat psoriasis. Ya, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa gel lidah buaya efektif digunakan sebagai obat psoriasis alami — tanpa efek samping.

Manfaat lidah buaya untuk obat psoriasis alami

Psoriasis adalah kelainan kulit kronis yang membuat kulit kering, pecah-pecah, dan timbul bercak merah disertai dengan adanya sisik keperakan. Bagian kulit yang mengalami psoriasis terasa gatal, nyeri, dan panas seperti terbakar, bahkan hingga bisa berdarah. Kulit kepala, wajah, siku, tangan, lutut, kaki, dada, punggung bawah, kuku, dan lipatan bokong biasanya yang paling rentan terkena psoriasis.

Perlu diingat bahwa psoriasis tidak dapat disembuhkan, tetapi pengobatan dapat membantu mengontrol gejalanya. Studi di tahun 2012 menemukan bahwa efektivitas gel lidah buaya sebagai obat psoriasis alami mencapai 81 persen untuk merawat peradangan kulit tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya lainnya yang dapat membantu meredakan gejala psoriasis:

1. Membantu menyembuhkan luka

Lidah buaya mengandung senyawa glukomanan, yakni senyawa yang memicu pertumbuhan sel kulit. Senyawa ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka akibat psoriasis yang seringkali menyebabkan kulit pecah-pecah dan berdarah.

2. Membantu kulit membentuk kolagen

Lidah buaya berperan dalam pembentukan kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap lembap dan elastis dari dalam. Glukomanan yang ada dalam lidah buaya mendorong produksi kolagen sehingga membantu mengurangi kulit kering bersisik yang disebabkan oleh psoriasis.

3. Mengurangi peradangan

Gel lidah buaya bersifat antiradang yang mampu mengurangi ruam kemerahan dan sensasi gatal-gatal akibat peradangan kulit. Lidah buaya adalah tanaman yang mengandung banyak air, sehingga memberikan efek menenangkan dan melembapkan kulit yang kering meradang.

4. Melembapkan kulit

Studi membuktikan bahwa sel lidah buaya dapat digunakan untuk melembapkan kulit, bahkan setelah satu kali pemakaian saja. Melembapkan kulit adalah salah satu kunci meredakan gejala peradangan akibat psoriasis. Namun sahayang, pemakaian gel lidah buaya yang berulang kali justru dapat mengeringkatn kulit. Maka, perhatikan juga frekuensi pemakaian lidah buaya untuk wajah yang terkena psoriasis. Sebaiknya beri jarak waktu yang cukup lama antar sesi pemakaian daripada dioleskan berulang kali secara langsung.

Tips menggunakan lidah buaya untuk psoriasis

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang didapat dari daun lidah buaya segar atau dari krim/gel kemasan yang kini telah banyak dijual di pasaran. Pastikan produk tersebut mengandung minimal 70 persen aloe vera murni. Jika Anda ingin menggunakan gel lidah buaya alami, Anda bisa kupas daunnya dan kerok gel yang ada di dalam daging daun.

Yang manapun yang Anda pakai, cukup oleskan di area kulit yang meradang sebanyak tiga kali sehari. Ingat, terlalu sering mengoleskan gel lidah buaya justru bisa mengeringkan kulit.

Perlu diingat juga bahwa beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi dari gel lidah buaya. Maka sebelum mengoleskannya langsung pada kulit yang bermasalah, tes dulu di bagian kulit yang sehat. Misalnya di punggung tangan atau belakang telinga. Jika dalam waktu 24 jam, kulit Anda tidak menimbulkan reaksi apapun, seperti kemerahan atau gatal, berarti lidah buaya aman untuk digunakan sebagai obat psoriasis Anda.

Terakhir, lidah buaya bukanlah pengobatan utama untuk psoriasis. Gel ini hanya berperan sebagai pereda gejalanya saja. Aloe vera belum terbukti dapat membantu pengobatan psoriasis sendirian tanpa obat lainnya. Pasalnya, psoriasis adalah penyakit autoimun yang sifatnya kambuhan. Oleh karena itu Anda tetap memerlukan obat resep dari dokter untuk membantu mengatasi psoriasis, misalnya krim salicylic acid. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda mengenai hal ini.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca