Ketahui Ciri Kanker Kulit Berikut Ini Supaya Bisa Ditangani Lebih Dini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Seringnya, kanker kulit terjadi pada kulit yang sering terkena sinar matahari. Namun begitu, kanker kulit juga bisa terjadi pada kulit yang tidak terkena sinar matahari. Kanker kulit menyebabkan pertumbuhan sel kulit menjadi abnormal. Benjolan dan luka (lesi) di kulit bisa muncul saat Anda terkena kanker kulit. Namun terkadang, benjolan kanker kulit dengan tahi lalat biasa masih sulit dibedakan sebagai ciri kanker kulit.

Apa saja ciri kanker kulit?

Terdapat tiga jenis kanker kulit, yaitu karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Ketiga jenis kanker kulit ini mempunyai ciri yang berbeda-beda. Apa saja ciri kanker kulit menurut jenisnya?

1. Karsinoma sel basal

Karsinoma sel basal biasanya muncul dalam bentuk benjolan kecil dan halus seperti mutiara di kulit Anda, serta luka seperti jaringan parut yang berwarna cokelat. Lama-kelamaan, luka atau benjolan ini juga bisa mengeluarkan darah atau berair dan kemudian berkerak di beberapa daerah. Biasanya ciri karsinoma sel basal ini terjadi di daerah yang sering terkena sinar matahari, seperti kulit kepala, leher, dan wajah. Luka pada kulit juga dapat muncul pada dada dan punggung.

2. Karsinoma sel skuamosa

Karsinoma sel skuamosa biasanya ada dalam bentuk benjolan berwarna merah dan biasanya kasar, serta luka pada kulit seperti sisik dan berkerak. Ciri ini biasanya muncul di daerah yang sering terkena sinar matahari, seperti kulit kepala, leher, wajah, telinga, dan tangan. Namun, orang yang mempunyai warna kulit gelap biasanya mempunyai karsinoma sel skuamosa pada daerah yang jarang terkena sinar matahari, seperti telapak tangan dan telapak kaki.

3. Melanoma

Ini merupakan jenis kanker kulit yang sulit diobati. Melanoma dapat terjadi pada semua orang dengan warna kulit apapun. Pada orang yang mempunyai kulit gelap, melanoma biasanya terjadi pada daerah kulit yang jarang terkena sinar matahari, seperti telapak tangan, telapak kaki, di bawah kuku jari tangan, atau kuku jari kaki.

Tak hanya itu, melanoma juga dapat berkembang di mana saja, di kulit yang sering maupun jarang terkena sinar matahari, di kulit yang normal, atau di tahi lalat yang hidup dan berkembang menjadi kanker. Melanoma paling sering muncul pada wajah. Pada wanita, melanoma sering terjadi pada bagian bawah kaki.

Ciri-ciri kanker kulit melanoma adalah:

  • Bintik besar berwarna cokelat pada kulit
  • Benjolan pada kulit seperti tahi lalat yang dapat berubah warna, ukuran (biasanya besar), serta bisa berdarah
  • Luka kecil dengan batas tidak beraturan
  • Luka yang berwarna gelap pada telapak tangan, telapak kaki, ujung jari tangan, ujung jari kaki, atau pada selaput lendir yang melapisi mulut, hidung, vagina, atau anus

Kadang, melanoma sulit dibedakan dengan tahi lalat biasa. Tapi, ada cara mudah untuk bisa membedakannya, yaitu dengan ABCDE:

  • A untuk asymmetry (asimetris), benjolan melanoma memiliki bentuk yang tidak beraturan atau tidak simetris. Jika dibagi dua, kedua sisi tahi lalat tidak terbagi sama rata.
  • B untuk border (batasan/tepi), melanoma memiliki tepi yang tidak beraturan dan tidak rata, berbeda dengan tahi lalat biasa.
  • C untuk colour (warna), melanoma memiliki warna yang beragam, satu benjolan bisa memiliki warna cokelat, hitam, biru, dan merah. Sementara tahi lalat biasa pasti mempunyai warna yang sama.
  • D untuk diameter (ukuran), melanoma biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dari tahi lalat biasa, lebih besar dari 6 mm.
  • E untuk evolving (berkembang), benjolan melanoma bisa berubah ukuran (menjadi lebih kecil atau lebih besar), berubah bentuk, dan berubah warna, bahkan bisa menyebabkan gatal atau keluar darah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mitos atau Fakta: Sinar Matahari Mampu Membunuh COVID-19?

Baru-baru ini beredar informasi bahwa berjemur di bawah sinar matahari dapat membunuh coronavirus alias COVID-19. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 02/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Manfaat Tanaman Mugwort untuk Kesehatan Kulit

Mugwort mengandung vitamin serta senyawa antioksidan dan antiradang sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat tersebut?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 17/03/2020 . Waktu baca 3 menit

5 Tips Liburan Nyaman untuk Pasien Kanker Kulit

Siapa bilang pasien kanker kulit tidak bisa merasakan liburan seru? Yuk, simak tips untuk membuat liburan Anda aman dan nyaman!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kanker Kulit, Health Centers 15/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Operasi Kanker Kulit Bikin Anda Takut? Yuk, Pahami Dulu Prosedurnya

Seperti operasi pada umumnya, operasi kanker kulit pun terdengar menyeramkan bila Anda tidak mengetahui bagaimana prosedurnya. Yuk, kenali satu per satu.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kanker Kulit, Health Centers 13/02/2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . Waktu baca 4 menit
merawat kulit saat karantina

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat minyak biji rosehip

8 Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 14/04/2020 . Waktu baca 5 menit
berjemur di pagi hari

Kapan Sebaiknya Kita Berjemur di Pagi Hari?

Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 03/04/2020 . Waktu baca 5 menit