Berbagai Bahan Alami untuk Hilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jerawat adalah peradangan kulit di mana kelenjar minyak terinfeksi dengan bakteri, membengkak, dan tersumbat dengan nanah. Jerawat umumnya terjadi selama masa pubertas, walaupun tidak jarang juga berlanjut hingga dewasa. Meskipun bukan kondisi kritis, jerawat bisa membuat seseorang depresi karena penampilan mereka. Belum lagi flek-flek hitam dan bekas luka akan ganti menghantui diri setelah masalah jerawat usai diatasi.

Tidak jarang berbagai cara pun dilakukan untuk menyingkirkan noda membandel ini, mulai dari obat-obatan resep/nonresep sampai operasi menggunakan laser. Cara tersebut tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit. Apakah ada alternatif lain?

Ya. Ternyata banyak tips rumahan mudah dan murah yang tergolong ampuh hilangkan bekas jerawat. Apa saja?

  • Kompresan es batu untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah dan mengurangi produksi sebum penyebab jerawat. Es batu juga bertindak sebagai astringent alami untuk mengecilkan pori-pori di sekitar flek hitam dan luka parut bekas jerawat, guna menyamarkan noda.
  • Irisan tomat. Usapkan irisan tomat langsung pada area bekas luka guna menyamarkan flek-flek hitam yang tertinggal. Tomat kaya akan vitamin A dan karoten sebagai suplai pewarna merah, namun juga bertindak sebagai produsen antioksidan yang dapat menyembuhkan kerusakan jaringan dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru.
  • Jus timun adalah toner yang ideal untuk wajah Anda yang dapat memperbaiki elastisitas kulit. Efek dingin dari timun dapat meredakan peradangan, menenangkan kulit, dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat jerawat.
  • Masker putih telur efektif dalam memperbaiki jaringan parut bekas jerawat. Aplikasikan masker putih telur merata ke seluruh wajah semalaman untuk mendapatkan hasil terbaik. Telur mengandung protein dalam kadar tinggi yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat dan bekas luka.
  • Parutan kunyit telah digunakan turun temurun selama ribuan tahun di dataran Cina sebagai produk kecantikan alami. Kunyit, sebagai masker wajah atau dikonsumsi langsung, efektif untuk perawatan bekas luka jerawat.
  • Lidah buaya digunakan sebagai agen penyembuh dari tahun ke tahun. Gel lidah buaya aman untuk diaplikasikan langsung di kulit wajah dan dapat meredakan peradangan akibat jerawat
  • Cuka apel, toner alami yang baik untuk membersihkan bekas luka dan bekas jerawat. Cuka adalah agen astringent kuat yang dapat menstimulasi peredaran darah ke area-area yang diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan regenerasi sel kulit.
  • Jus lemon/jeruk nipis. Aplikasikan air perasan jeruk lemon atau nipis langsung pada area kulit yang bermasalah. Biarkan hingga meresap dan bilas bersih. Agen pemutih yang terkandung dalam jus lemon akan menyamarkan noda. Air perasan lemon juga membantu mengangkat sel kulit mati dan mendorong regenerasi sel yang akan mengembalikan elastisitas kulit.
  • Minyak zaitun. Selain digunakan dalam masakan, minyak zaitun juga memiliki segudang manfaat di dunia kecantikan. Aplikasikan minyak zaitun ke seluruh wajah dan pijat perlahan. Zaitun kaya akan antioksidan yang dapat menghaluskan kulit dan menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat.
  • Madu adalah pelembap alami yang umum digunakan untuk menyembuhkan segala masalah kulit yang berkaitan dengan jerawat. Rutin minum madu atau sebagai masker wajah terbukti efektif untuk mengangkat noda membandel.
  • Air putih, solusi terbaik untuk mengatasi berbagai masalah jerawat. Air putih akan mengeluarkan racun dan partikel asing dari dalam tubuh. Air putih juga membantu mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan elastisitas kulit. Minum air putih di pagi hari, selain bagus untuk pencernaan, juga bagus untuk kulit.
  • Minyak biji mawar, dapat menghaluskan bekas luka jerawat dan menyamarkan flek hitam. Minyak mawar juga berfungsi menangkal penuaan dini, dengan menghaluskan keriput dan mendorong regenerasi sel kulit. Minyak yang lazim ditemukan dalam berbagai produk kecantikan ini juga bisa membantu menyembuhkan kulit terbakar akibat berjemur. Aplikasikan minyak mawar ke seluruh wajah dua kali sehari untuk hasil terbaik.
  • Minyak lavender. Usapkan minyak lavender langsung pada bekas luka dan flek hitam setiap hari. Minyak lavender mengandung zat-zat regeneratif yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel kulit baru.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

    Warna rambut yang salah bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Berikut cara mengetahui warna rambut yang sesuai dengan karakter diri.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Hidup Sehat, Kecantikan 31/05/2020 . Waktu baca 4 menit

    Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

    Ternyata, masalah jerawat juga bisa muncul gara-gara kacamata yang Anda gunakan setiap hari. Lantas, bagaimana cara mencegahnya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Hidup Sehat, Tips Sehat 22/05/2020 . Waktu baca 4 menit

    Ini Alasannya Jerawat Muncul Meski di Rumah Saja

    Saat Anda di rumah saja, mungkin Anda bingung mengapa Anda menjadi jerawatan. Hal ini memang bisa terjadi. Lalu mengapa jerawat muncul meski hanya di rumah?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 29/04/2020 . Waktu baca 5 menit

    Mitos atau Fakta: Jerawat Muncul Karena Faktor Keturunan

    Faktor munculnya jerawat memang banyak, tetapi banyak orang yang mengira bahwa faktor keturunan menjadi salah satu penyebab utama. Benarkah demikian?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 06/04/2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    bahan krim anti-aging

    7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit
    mencegah ruam popok

    Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 4 menit
    bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

    Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . Waktu baca 5 menit
    gatal karena kulit kering

    Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit