7 Perawatan Kulit yang Ampuh Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 09/03/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Jerawat bukan hanya bikin resah saat muncul, tapi juga seringnya meninggalkan bekas di wajah. Akibatnya, lubang alias bopeng ini membuat Anda jadi tidak percaya diri untuk pergi ke luar rumah. Lantas, adakah cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang ampuh? Simak informasinya berikut ini.

Cara ampuh menghilangkan bopeng bekas jerawat

Memang tidak mudah untuk menyamarkan atau menghilangkan bopeng bekas jerawat. Terlebih jika Anda hanya mengandalkan obat jerawat atau skin care pribadi tanpa melakukan perawatan kulit lainnya.

Ya, kunci pentingnya adalah Anda membutuhkan perawatan kulit yang aman dan dilakukan oleh dokter kulit yang tersertifikat. Tujuannya agar masalah kulit yang Anda alami ini dapat pulih lebih cepat dan terhindar dari kerusakan yang berulang.

Meski tidak dapat menutupi bopeng bekas jerawat 100 persen, namun cara ini sedikit banyak bisa membantu menyamarkannya. Berikut ini berbagai cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa Anda pilih, yaitu:

1. Dermabrasi dan mikrodermabrasi

perawatan wajah dermabrasi

Dermabrasi adalah salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat. Dokter atau ahli kecantikan biasanya menggunakan sejenis kawat kecil halus yang berputar untuk mengangkat lapisan atas kulit secara lebih dalam.

Selama masa pemulihan, akan tumbuh lapisan kulit baru yang lebih halus untuk menggantikan kulit yang rusak akibat bopeng. Namun, efeknya tidak terlihat instan karena biasanya membutuhkan 10 hari sampai 3 minggu.

Selain dermabrasi, ada juga mikrodermabrasi. Bedanya, mikrodermabrasi menggunakan butiran kristal bikarbonat atau aluminium oksida untuk mengangkat lapisan terluar kulit yang rusak. Cara ini ampuh digunakan untuk menyamarkan bopeng bekas jerawat yang kecil dan tidak terlalu dalam.

2. Chemical peeling

chemical peeling adalah

Chemical peeling adalah prosedur pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan krim khusus berbahan dasar kimia. Jika dilakukan secara teratur, cara ini bisa membantu mengurangi jaringan parut dan bahkan menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Penting untuk dicatat bahwa chemical peeling harus dilakukan di tempat praktik dokter kulit (dermatolog) agar membuahkan hasil yang maksimal sekaligus menghindari risikonya. Pasalnya, kulit wajah Anda rentan mengalami kemerahan dan pengelupasan selama beberapa hari setelahnya.

3. Laser resurfacing

perawatan laser wajah

Sama seperti dermabrasi dan chemical peeling, prosedur laser resurfacing alias laser wajah ini dilakukan dengan menghilangkan lapisan atas kulit (epidermis) sekaligus mengencangkan lapisan tengah kulit (dermis). Namun bedanya, perawatan laser menjanjikan waktu penyembuhan yang lebih cepat daripada jenis perawatan kulit bopeng lainnya.

Laser wajah ini juga bermanfaat untuk merangsang regenerasi kulit pada bekas jerawat. Syaratnya, Anda harus benar-benar menjaga area wajah yang ditutupi perban selama 3-10 hari agar kulit pulih sepenuhnya.

4. Derma filler

suntik filler gagal

Sederhananya, derma filler dilakukan dengan mengisi atau menambal bagian kulit yang berlubang. Derma filler adalah prosedur penyuntikan wajah untuk mengangkat luka bopeng supaya ketinggiannya rata dengan area kulit lainnya.

Bahan yang digunakan untuk suntik filler di wajah biasanya berupa kolagen, lemak Anda sendiri, atau bahan lainnya seperti asam hialuronat. Karena efeknya tidak bertahan lama, cara ini harus dilakukan secara berulang kali dengan jarak 6 sampai 18 bulan supaya hasilnya maksimal.

5. Microneedling

efek samping microneedling

Untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat, Anda bisa melakukan microneedling. Sama seperti namanya, teknik ini menggunakan rol kecil berisi jarum-jarum halus yang ditusukkan ke kulit untuk membantu mengurangi kedalaman bekas jerawat.

Microneedling sering disebut terapi induksi kolagen. Pasalnya, jenis perawatan kulit ini dapat merangsang pembentukan lebih banyak kolagen untuk mengisi lekukan atau bopeng pada wajah.

Menurut American Academy of Dermatology, perawatan ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga 9 bulan untuk melihat perubahannya. Meski terdengar menyeramkan, cara ini justru aman untuk semua jenis dan warna kulit, lho.

6. Cangkok kulit wajah

face transplant

Anda mungkin baru mendengar jenis perawatan kulit yang satu ini. Ya, pencangkokan kulit wajah bukan hal yang mustahil untuk dilakukan, lho.

Dokter akan mengambil sepotong kecil jaringan kulit normal untuk mengisi kekosongan atau bopeng di wajah. Kulit yang diambil biasanya berasal dari kulit di belakang telinga Anda.

Selain membantu menghilangkan bopeng bekas jerawat, teknik ini juga dapat digunakan sebagai perawatan lanjutan setelah dermabrasi jika teknik tersebut meninggalkan efek lubang pada kulit wajah.

7. Krim untuk bopeng bekas jerawat

krim mata

Anda mungkin tidak ingin merogoh kocek dalam-dalam untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan perawatan mahal. Pada akhirnya, Anda lebih memilih untuk menggunakan krim yang dijual bebas atau dari dokter yang harganya lebih terjangkau.

Kabar baiknya, krim yang dijual di apotek memang bisa Anda andalkan untuk menyamarkan bopeng bekas jerawat. Hanya saja, krim ini harus digunakan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun supaya hasilnya lebih maksimal.

Itulah kenapa, penting bagi Anda untuk memilih jenis krim yang cocok dengan tipe kulit dan aman untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan aman. Sebaiknya, pilihlah krim yang berkhasiat untuk menenangkan iritasi kulit dan mempercepat regenerasi kulit, terutama yang mengandung Centella Asiatica.

Centella Asiatica adalah sejenis tanaman herbal yang telah lama digunakan sebagai obat berbagai masalah kulit. Pasalnya, tanaman ini mengandung beberapa senyawa aktif, di antaranya asiaticoside, madecassoside, asiatic, dan madecassic acid, yang dapat membantu meredakan iritasi dan memperbaiki lapisan epidermis kulit yang rusak.

Selain itu, bahan aktif tersebut juga dapat membantu melembapkan kulit. Alhasil, kulit Anda jadi lebih kenyal, halus, dan sehat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Pakai sheet mask tidak hanya sekadar ditempelkan di wajah beberapa menit. Intip cara pakai sheet mask agar hasilnya maksimal di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 27/01/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

Sudah pakai produk skin care berbulan-bulan tapi kulit tetap sama tidak berubah? Mungkin ini penyebab skin care Anda tidak bekerja dengan baik.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 06/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Bolehkah Melakukan Filler Berulang-ulang?

Ketika Anda ingin tampil awet muda, Anda kerap ingin melakukan filler berulang. Namun sebelumnya, Anda perlu memperhatikan hal-hal ini.

Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 09/12/2019 . Waktu baca 4 menit

Bolehkan AHA BHA dan Vitamin C Digunakan Bersamaan?

AHA BHA dan vitamin C banyak ditemukan pada produk skin care. Tapi, apakah zat-zat tersebut aman untuk dikombinasikan? Simak ulasannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Hidup Sehat, Kecantikan 20/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bibir gatal

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 3 menit
bahan krim anti-aging

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020 . Waktu baca 4 menit