Obat Pencahar Milk Magnesia, Benar Ampuh untuk Mengobati Jerawat?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Tren kecantikan terus silih berganti dari waktu ke waktu demi mencari cara menghilangkan jerawat yang paling manjur. Satu yang belakangan ini sedang ramai dibicarakan di media sosial adalah milk magnesia atau milk of magnesia (MoM). Eits tunggu dulu, meski namanya “milk”, obat jerawat ini bukan terbuat dari susu, lho! Lantas, apakah benar ampuh?

Apa itu milk magnesia?

susu magnesia
Sumber: Verywell Health

Milk of magnesia bukan susu. Milk magnesia adalah obat pencahar (laksatif) oral yang mengandung magnesium hidroksida untuk mengatasi sembelit. Magnesium hidroksida bekerja meningkatkan produksi air di dalam usus untuk melunakkan feses sehingga buang air besar jadi lebih lancar.

Obat ini juga umum berfungsi sebagai antasida untuk mengobati masalah pencernaan akibat kenaikan asam lambung, seperti maag atau GERD.

Bagaimana milk of magnesia bisa dijadikan obat jerawat?

tentang jerawat

Tren milk magnesia sebagai obat jerawat oles memang baru-baru ini saja naik daun di medsos. Namun kenyataannya, penggunaan obat pencahar minum ini untuk menghilangkan jerawat membandel pertama kali dimulai pada tahun 1970-an oleh seorang dokter pada pasiennya yang memiliki wajah berjerawat. Hasilnya dilaporkan memuaskan.

Meski begitu, efektivitas MoM sebagai obat jerawat hanya berdasarkan testimoni dan observasi satu orang dokter itu saja. Dalam laporannya, perlu diketahui dokter itu juga sekaligus meresepkan antibiotik minum untuk mengatasi jerawat. Banyak pakar kesehatan modern yang berpendapat bahwa sembuhnya jerawat si pasien lebih merupakan efek dari obat antibiotiknya.

Tidak diketahui pula bagaimana cara kerja magnesium hidroksida untuk menghilangkan jerawat si pasien “uji coba” tersebut. Terlebih, sampai saat ini belum ada penelitian medis menyeluruh yang bisa membuktikan kebenaran testimoni dokter tersebut. Maka tidak bisa disimpulkan bahwa milk of magnesia efektif membantu mengatasi jerawat.

Berobat ke dokter kulit untuk mengatasi jerawat

menghilangkan bekas jerawat

Daripada Anda mengikuti berbagai tren kecantikan yang belum tentu terbukti aman dan efektif, ada baiknya untuk langsung berkonsultasi saja ke dokter kulit. Pasalnya, jerawat bisa muncul karena berbagai faktor dari mulai genetik, gaya hidup, hingga akibat dari kondisi kesehatan tertentu.

Setelah mencari tahu apa jenis kulit Anda dan apa akar penyebab jerawatnya, dokter dapat memberikan jenis pengobatan dan perawatan yang sesuai. Misalnya krim jerawat yang mengandung benzoil peroksida dan/atau asam salisilat. Oleh sebab itu, berobat ke dokter spesialis kulit menjadi cara yang paling efektif untuk membasmi jerawat.

Selain itu, cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membantu membasmi jerawat adalah dengan mengetahui cara merawat kulit yang baik dan benar, serta menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Ampuh Mengatasinya

Jerawat di dahi atau jidat mungkin membuat tidak percaya diri. Yuk segera cari tahu penyebab, cara mengatasi, plus cara mencegahnya muncul di kemudian hari.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Penyebab Jerawat di Dagu, Plus Cara Ampuh Mengatasi dan Mencegahnya

Jerawat di dagu bukan cuma mengganggu penampilan, tetapi juga terasa sakit ketika tersentuh. Yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

5 Penyebab Jerawat Terasa Gatal dan Tidak Nyaman

Banyak orang yang mengira bahwa penyebab jerawat terasa gatal adalah proses dari penyembuhan. Namun, ternyata ada faktor lain yang menyebabkan hal ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Apakah Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis Terjamin Aman?

Menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis menjadi salah satu cara praktis yang banyak dicoba. Namun hati-hati, karena cara ini sama sekali tidak dianjurkan.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Direkomendasikan untuk Anda

air garam untuk jerawat

Manfaat Air Garam untuk Atasi Masalah Jerawat

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 11/05/2020
minum air menghilangkan jerawat

Cukup Minum Air Putih Bantu Menghilangkan Jerawat, Lho!

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
jerawat di leher

Penyebab Jerawat di Leher Plus Cara Ampuh Menghilangkannya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 29/02/2020
jerawat di bibir

Penyebab Jerawat Muncul di Bibir, Plus Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 28/02/2020