5 Makanan Sehat untuk Mencegah Bekas Jerawat

Oleh

Makanan yang Anda makan sangatlah penting tak hanya untuk kesehatan tubuh, juga kulit Anda. Tapi jika Anda terlanjur  berjerawat, berikut adalah 5 makanan sehat untuk mencegah bekas jerawat timbul dan sulit hilang.

Makanan untuk mencegah bekas jerawat

1. Jeruk dan buah beri (vitamin C)

Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu menenangkan kulit. Vitamin C juga baik bagi jaringan tubuh dan otot. Vitamin C membantu mendukung proses penyembuhan kulit dan jaringan yang rusak di area jerawat. Vitamin C dapat membantu melindungi Anda dan jerawat Anda dari infeksi. Infeksi dapat memperparah jerawat dan menyebabkan bekas jerawat yang besar. Vitamin C juga mempercepat produksi kolagen. Kolagen sangatlah penting untuk kulit yang sehat dan lembut.

Anda dapat menemukan vitamin C dalam beberapa makanan.

  • Buah sitrus yang merupakan buah yang kaya akan vitamin C: jeruk keprok, lemon, jeruk nipis, jeruk, jeruk bali. Lebih baik makan buah-buahan utuh, atau Anda dapat minum sarinya.
  • Buah beri: strawberry, cranberry, raspberry, blueberry, blackberry
  • Semangka, manga, nanas
  • Sayuran, seperti paprika merah, brokoli, tomat

2. Bayam, kale, wortel (vitamin A)

Vitamin A dapat mempromosikan kulit dan selaput lendir yang sehat. Vitamin A juga dapat membantu memperkuat kolagen dalam tubuh. Seperti yang Anda ketahui, kolagen penting untuk penampilan dan bentuk kulit. Vitamin A juga membantu sistem kekebalan tubuh dan mendukung proses penyembuhan bekas jerawat.

Vitamin A dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan, mulai dari sayuran hingga susu:

  • sayuran berdaun gelap, seperti kale, bayam, sawi
  • sayuran yang berwarna merah, kuning, atau oranye, seperti wortel, tomat, paprika merah

Namun, terlalu banyak vitamin A per hari tidaklah baik bagi kesehatan.

3. Kacang almond dan gandum (zinc)

Jika tubuh Anda memilki zinc dalam jumlah yang cukup, ini dapat membantu melawan P. acne. P. acne adalah bakteri di kulit yang menyebabkan jerawat. Zinc juga dapat membantu menenangkan kulit ketika teriritasi oleh jerawat yang mewabah. Anda dapat menemukan zinc di kalkun, almond, dan gandum.

4. Air

Tubuh Anda sebagian besar terdiri dari air. Air dibutuhkan untuk bentuk dan fungsi beberapa bagian, terutama kulit. Air membantu Anda mendapatkan kulit yang sehat dan lembut. Air yang cukup membantu kulit Anda terlihat lebih muda dan menyingkirkan masalah kulit. Air juga penting dalam membantu penyembuhan dan regenerasi kulit. Ketika Anda minum cukup air, ini membantu jerawat Anda sembuh dengan lebih baik dan selanjutnya mencegah bekas jerawat.

Anda harus minum air terus-menerus sepanjang hari, jangan minum hanya ketika Anda merasa haus. Jika Anda minum hanya ketika haus, kemungkinan Anda akan minum lebih banyak air daripada yang dibutuhkan tubuh. Kemudian, kelebihan air dapat dialirkan keluar melalui urin dengan lebih cepat.

Jagalah tubuh Anda tetap terhidrasi, terutama setelah Anda berolahraga.

5. Sarden, salmon, tuna, dan kacang-kacangan (omega-3)

Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan dan mempromosikan penyembuhan jerawat, mendukung kulit yang normal dan sehat.

Meskipun Anda dapat menemukan asam lemak omega-3 dalam semua ikan, ada beberapa ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon, makarel, tuna, sarden. Asam lemak omega-3 juga dapat ditemukan di biji rami, kacang-kacangan (almond, macademia), atau biji bunga matahari.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 3, 2017 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca