8 Cara Membersihkan Jamur Yang Menyebabkan Asma

Oleh

Apa Anda atau anggota keluarga Anda ada yang memiliki asma? Jika iya, Anda harus tahu bahwa agar tetap aman dari pemicu asma, ini harus bermula dari dalam rumah: kelembapan dan jamur dapat muncul di dalam rumah dan membuat asma Anda kambuh.

Saat ini, peneliti telah menemukan bahwa kondisi rumah bisa memicu asma kambuh, menurut artikel terbaru di Journal of Allergy and Clinical Immunology. “Rumah yang dirancang tanpa ventilasi yang cukup, dapat menyebabkan peningkatan kelembapan dan pertumbuhan jamur,” kata Richard Sharpe, PhD, seorang peneliti dari the European Centre for Environment and Human Health at the University of Exeter Medical School, di Truro, Inggris.

Sharpe memberikan nasihat bagi penderita asma untuk mengatur kondisi udara yang ideal, mencegah lembap, dan menghindari jamur. Melindungi rumah dari jamur ini berlaku bukan hanya untuk orang yang memiliki asma, karena menurut penelitian Sharpe, beberapa tipe jamur bahkan dapat memicu kasus asma baru.

Bagaimana mengurangi jamur di rumah

Ketika berkaitan dengan mencegah lembap dan jamur dan membasmi jamur yang sudah terlebih dahulu ada, the U.S. Environmental Protection Agency (EPA) menawarkan beberapa langkah utama untuk membantu mencegah atau mengurangi gejala asma.

  1. Kenali dan perbaiki sumber kelembapan di rumah Anda. Hal ini meliputi pipa bocor, retakan di sekitar pancuran mandi atau bak mandi, atau retakan pada struktur rumah itu sendiri yang dapat membiarkan air meresap masuk.
  2. Keringkan kebocoran apapun sesegera mungkin. Jamur dapat tumbuh dalam 1-2 hari, jadi Anda tidak boleh menunggu.
  3. Gosok jejak jamur apapun di dinding, meja, dan lantai dengan detergen dan air. Kemudian pastikan untuk benar-benar mengeringkan areanya.
  4. Singkirkan permukaan lembut (seperti karpet) yang sudah berjamur dan tidak bisa benar-benar dibersihkan.
  5. Pastikan kamar mandi dan dapur Anda terventilasi dengan baik sehingga uap dari pancuran, pencuci piring, dan kompor dapat terdorong ke luar. Hal ini dapat menjaga kelembapan dan mencegah jamur. Anda juga dapat membuka jendela atau menyalakan kipas angin untuk mencegah lembap yang berlebih.
  6. Gunakan dehumidifier atau pendingin ruangan untuk menjaga udara tetap pada level kelembapan optimal. EPA mengatakan target ideal sekitar 30-50%. Anda dapat membeli pengukur kelembapan di toko peralatan di sekitar Anda untuk mengecek level kelembapan di rumah Anda.
  7. Bersihkan selokan untuk memastikan air hujan mengalir dari rumah Anda.
  8. Jika Anda melihat jendela Anda sering berembun, tambahkan dempul di sekitar kusen. Atau belilah jendela badai untuk menambah insulasi.

Ketika jamur di rumah Anda menjadi masalah yang besar untuk Anda atasi sendiri, Anda mungkin dapat memanggil perusahaan yang dapat membasmi jamur dan mengembalikan kualitas udara.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca