home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Penis Sering Ereksi Spontan Tanpa Terangsang? Mungkin Inilah Penyebabnya

Penis Sering Ereksi Spontan Tanpa Terangsang? Mungkin Inilah Penyebabnya

Bagi pria, penis yang ereksi spontan atau tiba-tiba yang terjadi di tempat umum adalah hal yang sangat memalukan dan bisa bikin panik. Sebagian orang juga pernah mengalami ereksi pada waktu yang tidak tepat, misalnya saat presentasi bersama rekan kerja atau ketika bertemu dengan orangtua kekasih.

Ereksi penis tersebut muncul begitu saja tak terduga. Hal tersebut juga mungkin saat itu Anda tidak merasakan adanya rangsangan atau pikiran seksual sama sekali. Kira-kira wajar tidak, ya? Yuk, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya dalam ulasan berikut ini.

Kenapa penis bisa ereksi?

Ereksi adalah kondisi penis saat membesar, mengeras, dan menegang. Maka tak heran, jika kondisi ini juga sering disebut sebagai “tegang” atau “berdiri”.

Penis akan mengalami ereksi ketika darah mengalir menuju penis dan mengisi ruang-ruang dalam penis bernama corpora cavernosa. Penis pun akan terisi oleh darah sehingga jadi tampak lebih besar, panjang, dan terasa keras.

Proses dalam sistem reproduksi pria ini pada dasarnya bertujuan untuk melakukan ejakulasi atau pelepasan air mani dan sperma saat berhubungan seks. Kondisi ini akan bertahan hingga Anda mengalami ejakulasi atau selama beberapa menit dan akan melemas sendiri, baik dengan secara alami maupun dengan bantuan stimulasi manual.

Apakah penis hanya akan ereksi kalau terangsang?

Penis merupakan salah satu organ seksual pria, maka aktivitas yang terjadi pada penis sering terkait sebagai dengan segala hal yang berbau seks. Penyebab penis ereksi akibat rangsangan seks bisa melalui sentuhan, penglihatan, suara, maupun fantasi seksual.

Namun pada kenyataannya, penis tidak hanya bereaksi terhadap rangsangan seksual saja. Melainkan sama halnya seperti organ lain dalam tubuh, yaitu mata atau jantung yang bisa mendapatkan rangsangan dalam bentuk apapun.

Sistem tubuh Anda akan mengatur aliran darah secara otomatis dan berjalan sendirinya. Sama seperti bernapas, mengedipkan mata, atau mencerna makanan, penis juga bisa ereksi tanpa Anda kendalikan.

Maka dari itu, meski Anda bisa mengendalikan munculnya ereksi lewat gairah seksual, penis juga mungkin “berdiri” bahkan ketika tidak ada penyebab yang jelas, seperti nafsu seks.

Hal apa saja yang jadi penyebab ereksi spontan tanpa ada rangsangan?

tes ereksi nokturnal

Penis ereksi tanpa adanya rangsangan seksual disebut ereksi spontan. Ereksi spontan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, terutama pada remaja laki-laki yang sedang mengalami pubertas. Pada kebanyakan kasus, penyebabnya adalah perubahan kadar hormon yang dibaca oleh otak sebagai sinyal untuk mengalirkan darah ke area panggul laki-laki.

Sementara itu, beberapa hal yang bisa menjadi penyebab penis ereksi spontan pada orang dewasa seperti berikut ini.

1. Pengaruh tahapan tidur

Ketika terlelap pada malam hari, Anda mungkin akan mengalami 3-5 kali ereksi dengan durasi 25-35 menit pada tiap sesinya. Hal ini terjadi saat Anda memasuki tahapan tidur dalam atau REM (rapid eye movement).

Kondisi ini terjadi karena pada tahapan tidur REM, tubuh sedang memproduksi hormon dalam jumlah besar. Otak pun memberikan perintah bagi darah untuk melaju ke daerah penis. Selain itu, ereksi juga bisa terjadi jika Anda mengalami mimpi mengenai fantasi seksual.

Selain pada malam hari, Anda juga bisa terbangun dengan kondisi penis yang mengeras. Kedua hal ini tergolong wajar pada pria dengan kondisi tubuh yang sehat sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

2. Perubahan hormon mendadak

Testosteron merupakan hormon yang memainkan peranan penting pada fungsi seksual pria. Perubahan kadar hormon ini yang meningkat kapan saja tanpa bisa Anda kendalikan secara sadar bisa menyebabkan ereksi spontan. Terkadang, ereksi spontan bisa saja terjadi ketika Anda sedang kerja, mandi, mengemudi, atau bahkan saat makan.

Sebagian besar kondisi ini masih wajar dan normal, bukan sesuatu yang patut dikhawatirkan. Hal ini pun bisa jadi tanda kalau tubuh Anda sedang dalam keadaan sangat baik. Jadi, ereksi spontan bukan berarti Anda punya pikiran mesum atau sedang terangsang.

Bagaimana cara mengatasi penis ereksi spontan di tempat umum?

Ketika Anda mengalami ereksi spontan pada waktu dan tempat yang tidak tepat, ada beberapa trik untuk mengatasi agar penis cepat lemas kembali. Jika tak kunjung lemas, Anda bisa mencoba menyembunyikannya dengan cara-cara seperti berikut ini.

  • Mengalihkan pikiran. Cobalah untuk memikirkan hal-hal yang membosankan, menyebalkan, atau aneh. Misalnya, deadline pekerjaan atau teman sekelas yang bikin emosi.
  • Jalan kaki. Ketika Anda berjalan kaki, tubuh akan mengalirkan darah ke bagian lain, misalnya kaki dan otak. Darah yang tadinya berkumpul pada area panggul pun akan pindah ke tempat lain sehingga penis tak lagi ereksi.
  • Menutupi bagian selangkangan. Jika berbagai cara belum berhasil bikin organ intim Anda lemas kembali, usahakan menutupinya dengan jaket, buku, atau tas. Sambil menunggu penis kehilangan ereksi, carilah posisi duduk yang aman dan tidak mengundang perhatian.
  • Pergi ke kamar mandi. Carilah kesempatan untuk pergi ke kamar mandi tanpa jadi sorotan orang lain. Cara ini paling aman untuk menghindari rasa malu kalau Anda ketahuan mengalami ereksi spontan di tempat umum.

Selain itu juga, berusahalah untuk tetap tenang dan hindari menambah rangsangan saat Anda mengalami ereksi spontan. Hal ini hanya akan membuat Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk menghilangkannya.

Penis ereksi spontan biasanya berlangsung singkat. Namun, apabila frekuensi ereksi terlalu sering atau penis ereksi berjam-jam dan disertai nyeri sebagai gejala priapismus, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Erections. Young Men’s Health. (2016). Retrieved 24 January 2017, from https://youngmenshealthsite.org/guides/erections/

Alli, R. (2016). Questions About Erections for Teen Guys Only. WebMD. Retrieved 24 January 2017, from https://teens.webmd.com/boys/questions-about-erections#2-5

Can erections happen when you’re not sexually aroused?. Go Ask Alice! Columbia University. Retrieved 24 January 2017, from https://goaskalice.columbia.edu/answered-questions/can-erections-happen-when-youre-not-sexually-aroused

Random Erections in Adults: Causes, Management, and More. Healthline. (2017). Retrieved 18 May 2021, from https://www.healthline.com/health/mens-health/random-erections

Salonia, A., Eardley, I., Giuliano, F., Hatzichristou, D., Moncada, I., & Vardi, Y. et al. (2014). European Association of Urology Guidelines on Priapism. European Urology, 65(2), 480-489. https://doi.org/10.1016/j.eururo.2013.11.008

Foto Penulis
Ditulis oleh Irene Anindyaputri pada 29/01/2017
x