Kenapa Penis Ereksi Setiap Bangun Tidur di Pagi Hari?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

“Kenapa penis ereksi setiap bangun tidur, ya?” Para pria pasti sudah familiar dengan situasi saat terbangun di pagi hari dan menemukan penis Anda dalam keadaan ereksi. Para dokter menyebut penis yang ‘terbangun’ atau ereksi di pagi hari itu sebagai nocturnal penile tumescence (NPT).

Kondisi ereksi yang spontan dan disebut NPT itu terjadi saat tidur atau ketika Anda baru bangun. Dilansir IFL Science, semua pria dengan kondisi penis normal dan tidak mengalami impotensi akan mengalami ereksi selama tidur dan biasanya umum terjadi antara 3 sampai 5 kali.

Meski dalam beberapa tahun belakangan ada beberapa teori yang menjelaskan tentang NPT, tapi apa yang menjadi penyebabnya masih tetap belum jelas. Yang jelas NPT berkaitan dengan tidur REM (Rapid Eye Movement).

Kenapa penis ereksi saat kita tertidur?

Ada satu teori yang mengatakan bahwa saat berada dalam tahapan tidur REM, sel noradrenergik yang berada pada bagian otak yang disebut locus coeruleus, akan mati. Teori ini menduga bahwa sel ini berhubungan dengan pola penghambat pada penis. Sehingga, ketika sel ini tidak aktif di tahapan tidur REM, testosteron yang bergantung pada pola rangsangan akhirnya menghasilkan ereksi.

Studi yang dilakukan Society for Endocrinology juga mendukung teori di atas, di mana mungkin ada bagian dari otak yang mati saat tidur REM, sehingga ketika kita sedang tertidur, otak tidak lagi menjaga dan mengecek penis. Jika normalnya otak mengendalikan penis dan memastikan ereksi hanya terjadi ketika diperlukan, saat tidur REM justru penis bebas melakukan apa yang ia mau. Dan apa yang dia inginkan adalah mengeras atau ereksi.

Rangsangan seksual saat tidur

Terkadang penyebab penis ereksi saat tidur dan saat Anda terbangun di pagi hari cukup sederhana: penis Anda memang terangsang. Meski Anda sedang tidak sadarkan diri dan tertidur, atau masih mengumpulkan nyawa saat baru terbangun dari tidur, tak jarang penis Anda tak sengaja mengalami gesekan dengan benda-benda tertentu misalnya guling, atau bahkan tubuh pasangan di samping Anda. Jadi meski Anda tak menyadarinya, inilah kenapa penis Anda menerima rangsangan tersebut dan langsung bereaksi.

Semakin tua, semakin jarang terjadi

Kebanyakan pria yang mengalami penis ereksi di pagi hari adalah pria dalam usia muda. Rata-rata yang sudah memasuki usia senja akan sangat jarang mengalaminya lagi. Di samping itu, banyak pria di usia paruh baya yang sering terbangun di pagi hari karena merasa ingin buang air kecil.

Joseph Alukal, M.D., asisten profesor Uroloi dan Obstetrics dan Ginekologi di NYU Langone Medical Center, mengatakan bahwa pria berusia 60-70-an tahun yang bangun pagi dan ingin buang air kecil, biasanya tidak merasakan lagi ereksi di pagi hari.

Selain itu, salah satu alasan kenapa penis Anda ereksi saat bangun tidur adalah karena hormon testosteron Anda mencapai puncak tertinggi di pagi hari. Dan karena tingkat testosteron seorang pria biasanya mulai menurun di usia 40-50 tahunan, ini juga yang menjadi alasan kenapa morning wood perlahan-lahan mulai jarang terjadi seiring menuanya usia.

Penis yang selalu bangun pagi itu baik

Tobias Kohler, M.D., M.P.H., profesor dan direktur program residensi divisi urologi di Southern Illinois University’s School of Medicine, mengatakan bahwa jika Anda secara konsisten ereksi di pagi hari atau saat Anda tertidur, hal ini baik bagi kesehatan Anda. Terutama untuk aliran darah Anda ke penis, yang juga diperlukan untuk ereksi saat dibutuhkan.

Jadi jika Anda mengalami masalah ereksi ketika Anda mencoba berhubungan seks, tapi Anda tidak punya masalah ereksi saat tidur atau saat bangun di pagi hari, kemungkinan besar gangguan ereksi tersebut hanya disebabkan kondisi psikologis saja, misalnya karena Anda merasa cemas, stress, atau depresi.

Dr. Kohler melanjutkan, bila Anda juga tidak pernah mengalami ereksi pada malam hari, itu berarti sinyal bahwa aliran darah ke penis Anda mungkin bermasalah. Ini merupakan karakteristik umum dari kondisi seperti penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi.

Bagaimana kalau penis tidak ereksi di pagi hari?

Dr. Kohler menegaskan agar Anda tidak perlu khawatir jika Anda menyadari secara perlahan-lahan jumlah ereksi Anda di pagi hari berkurang. Anda mungkin sebenarnya sudah ereksi sepanjang malam dan Anda tidak menyadarinya karena sedang lelap tertidur.

Akan tetapi, kalau Anda tidak merasakan ereksi di pagi hari dalam beberapa bulan, segera temui dokter. Kalau sudah benar-benar tidak ereksi lagi di pagi hari, ini bisa menjadi tanda depresi, stres kronis, atau masalah kesehatan umum lain seperti penyakit jantung. Berkurangnya ereksi bisa juga merupakan tanda-tanda rendahnya tingkat testosteron Anda.

Dr. Kohler menambahkan, jika Anda sudah tahu apa penyebab kenapa penis Anda tidak ereksi di pagi hari, misalnya kadar kolesterol tinggi, pembuluh vena yang tersumbat, atau tingkat testosteron rendah, sering kali masalah penis ereksi Anda bisa diatasi dengan pengobatan tertentu.

Berapa Pengeluaran Rokok Anda Sehari?

Hitung dan coba alihkan uang itu untuk aktivitas lain yang membantu kesehatan Anda.

Cek Sekarang!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Banyak orang menggunakan obat kumur sebagai pengganti obat sariawan. Apa saja kandungan dalam obat kumur? Benarkah bisa mengobati sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang diminati banyak orang. Tapi, apakah Anda tahu apa saja manfaat yoga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fitriana Deswika
Latihan Kelenturan, Kebugaran 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Bahaya Mie Instan Jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Mie instan mungkin makanan favorit masyarakat Indonesia, terutama anak kos di akhir bulan. Namun, tahukah Anda bahaya makan mie instan?

Ditinjau oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
wanita berbulu lebat nafsu tinggi seks

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit