Ini Alasan Mengapa Anda Harus Minum Air Putih Sebelum Tidur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Seberapa sering Anda minum air putih dalam satu hari? Apakah Anda minum hanya ketika merasa haus saja? Banyak orang yang tak memedulikan kebutuhan cairan mereka padahal hal tersebut sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh normal. sudah pernah coba membiasakan diri untuk minum air putih sebelum tidur? Ternyata kebiasaan tersebut tak hanya dapat menjaga status hidrasi Anda, namun juga bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat dari minum air putih sebelum tidur?  

Berbagai manfaat minum air putih sebelum tidur

Air adalah komposisi yang paling banyak membentuk tubuh. oleh karena itu, tak heran jika Anda selalu mendengarkan anjuran minum air putih setidaknya 8 gelas per hari atau sesuai kebutuhan. Namun saat ini, banyak orang yang masih belum menerapkan anjuran tersebut. Kebanyakan dari mereka hanya mengonsumsi air putih ketika mereka merasa haus saja, padahal tubuh juga membutuhkan cairan meskipun Anda tak merasakan haus.

Agar tubuh Anda semakin sehat dan baik, Anda dapat mencoba membiasakan diri untuk mengonsumsi air putih sebelum tidur, karena kebiasaan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah manfaatnya:

1. Memenuhi kebutuhan cairan dalam satu hari

Jika Anda kurang minum di siang hari, maka dengan membiasakan diri untuk minum air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh untuk menjaga status cairannya. Apalagi, selama kurang lebih 7 jam Anda tidur di malam hari, tubuh tak akan mendapatkan cairan apapun. Jadi, untuk mencegah tubuh Anda mengalami kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi, maka Anda bisa memanfaatkan waktu malam sebelum tidur untuk minum satu sampai dua gelas air putih.

2. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berdiet, Anda bisa membiasakan kebiasaan ini untuk membuat diet Anda lebih cepat berhasil. Hal ini salah satunya disebabkan oleh rasa lapar yang sering kali muncul di malam hari mendekati waktu tidur Anda. dengan minum air putih sebelum tidur akan mencegah Anda mengonsumsi atau ngemil makanan yang tak sehat dan pada akhirnya membuat berat badan naik.

3. Membantu membersihkan tubuh

Minum air putih sebelum tidur tak hanya membuat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi saja, namun mengonsumsi air yang banyak dapat mencegah Anda dari gejala sembelit atau permasalahan pencernaan lain. Dalam sebuah penelitian yang dilaporkan dalam American Journal of Gastroenterology, diketahui bahwa minum air putih yang setidaknya sesuai dengan kebutuhan berdampak baik bagi kesehatan organ cerna.

Tak semua orang boleh minum air putih sebelum tidur

Namun, ternyata tak semua orang dianjurkan untuk minum air putih sebelum tidur. Beberapa kelompok orang yang mengalami suatu kondisi tertentu, justru harus menghindari konsumsi air sebelum tidur karena dapat meningkatkan komplikasi dari penyakitnya. Orang yang mengalami penyakit jantung atau pun gangguan fungsi ginjal biasanya diatur asupan cairannya, untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi.

Perlu diingat juga, jika Anda minum air putih cukup banyak sebelum tidur maka ada kemungkinan tidur Anda akan terganggu karena Anda ingin buang air kecil di tengah tidur. Bagi orang yang memiliki keterbatasan untuk bergerak, tentu hal ini akan sedikit mengganggunya karena harus bolak-balik ke kamar mandi beberapa kali dalam semalam.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Konsumsi Kayu Manis Berlebihan, Hati-hati Risikonya untuk Kesehatan

Meski memiliki manfaat, perhatikan jumlah asupan kayu manis. Terlalu banyak mengonsumsi rempah ini memiliki risiko kayu manis yang berbahaya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Seksual, Tips Seks 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Hidung ingusan memang sangat menganggu Anda. Berikut tips yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan hidung meler, entah karena flu atau alergi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati tipes

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
menghangatkan tubuh

6 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Sedang Kedinginan

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
suplemen herbal yang harus dihindari menjelang operasi

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit