Beginilah Cara Tepat Membangunkan Orang yang Tidur Berjalan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Tidur sambil berjalan atau melakukan sesuatu adalah salah satu fenomena yang cukup menggelitik. Pasalnya, orang yang tidur berjalan tidak sadar apa yang sedang dia lakukan dan terkadang orang tersebut melakukan hal-hal aneh dan tak terduga sambil tidur. Orang yang tidur berjalan juga biasanya tidak akan mengingat apa pun setelah bangun keesokan harinya. Akan tetapi, tidur berjalan bisa menjadi masalah yang serius. Dalam beberapa kasus, orang bisa tidur sambil menyalakan mesin mobil, keluar rumah ke jalan raya, atau menyalakan kompor. Maka, jika ada anggota keluarga Anda yang mengalami tidur berjalan, segera tangani dengan benar. Namun, masih banyak yang ragu apakah membangunkan orang yang tidur berjalan boleh dilakukan. Untuk itu, perhatikan ulasan lengkapnya berikut ini.

Mitos seputar tidur berjalan

Anda mungkin pernah mendengar mitos bahwa orang yang berjalan sambil tidur tidak boleh dibangunkan. Alasannya pun bermacam-macam. Ada yang percaya kalau membangunkan orang yang tidur berjalan akan membuatnya terkejut dan bisa menyebabkan serangan jantung atau kerusakan saraf otak. Sebagian orang juga menganggap bahwa kondisi tidur berjalan disebabkan oleh kekuatan supernatural sehinga sebaiknya mereka tidak diganggu. Pada kenyataannya, hal tersebut hanya sebatas mitos saja.

Tidur berjalan terjadi karena ada bagian otak Anda yang sudah beristirahat sementara bagian lain masih terjaga. Karena tidak seimbang, otak Anda pun cukup aktif untuk memerintahkan pergerakan tubuh tetapi tak cukup sadar untuk terbangun sepenuhnya. Biasanya hal ini disebabkan oleh kurang tidur, konsumsi alkohol, atau badan yang sedang kurang fit.

Cara membangunkan orang yang tidur berjalan

Ketika salah seorang anggota keluarga Anda tidur berjalan, sebaiknya segera tuntun kembali ke tempat tidurnya untuk menghindari risiko bahaya. Namun, terkadang orang yang tidur berjalan akan secara tak sadar menolak untuk diarahkan kembali ke kamar. Atau dalam beberapa kasus, Anda kesulitan untuk mengendalikan gerakan orang yang tidur berjalan sementara orang tersebut berisiko melakukan sesuatu yang berbahaya. Dalam keadaan tersebut, para ahli menganjurkan agar Anda membangunkannya. Perhatikan cara-cara aman untuk membangunkan orang yang tidur berjalan berikut.

Jangan dipaksa bangun

Ketika orang yang sedang tidur berjalan sangat sulit untuk dikendalikan atau dibangunkan, jangan mengguncang-guncang tubuhnya atau memaksanya untuk bangun. Orang tersebut sedang berada dalam tahapan tidur yang sangat dalam. Jika dibangunkan tiba-tiba, ia akan merasa pusing dan mengalami disorientasi. Maka, kalau Anda memang tak bisa membangunkan atau menuntunnya kembali ke tempat tidur, sebaiknya pastikan bahwa Anda terus memantau dan menjaga agar orang tersebut tidak menginjak atau menyenggol apa pun.

Bawa ke tempat yang relatif aman

Apabila Anda ingin membangunkan orang yang tidur sambil berjalan, sebisa mungkin arahkan dulu supaya ia tak berada di tempat yang berbahaya saat ia bangun. Hindari anak tangga, kamar mandi yang licin, atau dapur yang penuh dengan perabotan. Jika ia sudah berjalan sampai ke luar rumah, tuntun kembali ke dalam supaya dirinya tidak terlalu kaget ketika terbangun.

Jauhkan benda-benda tajam di sekitarnya

Sebelum orang yang tidur berjalan terbangun, pastikan tak ada benda-benda yang berbahaya seperti pecah-belah atau alat makan di sekitarnya. Dengan begitu, ketika dirinya terbangun, dia tak akan menyenggol sesuatu yang justru akan membuatnya terkejut dan bereaksi secara agresif. Apabila orang yang berjalan dalam tidurnya sudah terlanjur menggenggam sesuatu, usahakan untuk mengambilnya perlahan-lahan sebelum dirinya terbangun.

Bangunkan dengan suara berisik

Jangan membangunkan orang yang tidur berjalan dengan cara menyentuh, mengguncang, atau menepuk dirinya. Kalau Anda melakukan ini, besar kemungkinan orang yang Anda bangunkan tersebut akan refleks menyerang atau menghalau Anda tanpa sadar. Ini karena di alam bawah sadarnya, dia menerjemahkan situasi yang sebenarnya dialami sebagai ancaman. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membangunkan orang yang tidur berjalan dengan membuat suara-suara yang berisik. Mulailah dengan suara yang relatif kecil seperti memanggil namanya atau membuka dan menutup daun pintu secara cepat. Anda juga bisa memainkan nada suara dari smartphone. Semakin lama, pastikan suara yang Anda buat semakin keras agar orang yang tidur berjalan bisa tersadar secara bertahap.

Pastikan nada suara Anda tetap tenang

Waktu membangunkan orang yang tidur sambil berjalan, kendalikan suara dan reaksi Anda. Usahakan untuk tetap tenang, jangan terlihat panik atau ketakutan. Bayangkan jika Anda berada di posisi orang tersebut. Dia akan sangat bingung ketika mendapati dirinya tiba-tiba berada di luar kamarnya dengan suara Anda yang panik membangunkannya. Maka, sebaiknya gunakan nada suara Anda seperti biasa.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ketika demam menyerang, Anda pasti tidak enak badan. Mau istirahat atau makan jadi susah. Tenang saja, ini enam solusi yang tepat supaya Anda lebih nyaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Saat Anda sakit, makan dan minum apapun jadi tak selera. Hal ini karena mulut dan lidah terasa pahit. Nah, ini dia alasan dan cara ampuh mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mencium bau badan

Kenapa, Sih, Kita Tidak Bisa Mencium Bau Badan Sendiri?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri dan gejala infeksi parasit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
badan sakit setelah olahraga

Badan Sakit Setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit