home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Yuk, Cari Tahu 4 Cara Efektif untuk Membangunkan Orang Tidur

Yuk, Cari Tahu 4 Cara Efektif untuk Membangunkan Orang Tidur

Setiap orang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda. Ada yang tidur secara teratur dan selalu bangun pada pagi hari. Namun, ada pula yang memiliki jam tidur berantakan, sehingga cenderung sulit untuk bangun keesokan paginya. Anda mungkin memiliki saudara atau pasangan yang harus Anda bangunkan setiap pagi. Sebanarnya, adakah cara efektif yang dapat dilakukan untuk membangunkan orang tidur?

Cara efektif membangunkan orang tidur

Ada berbagai cara yang dapat Anda praktikkan untuk membangunkan seseorang yang tidur. Meski demikian, tidak semua cara ini akan efektif pada setiap orang. Oleh karena itu, Anda perlu memahami bagaimana cara membangunkan tidur yang tepat untuk seseorang di depan Anda. Secara umum, berikut beberapa cara yang mungkin bisa Anda coba untuk membangunkan orang tidur:

1. Memanfaatkan cahaya matahari

cara bangun pagi walau tidur malam

Penelitian yang dipublikasikan pada 2019 di jurnal Somnologie menunjukkan, cahaya matahari pada pagi hari dapat membantu menekan melatonin, yaitu hormon yang membantu Anda tidur. Selain itu, cahaya pagi juga bisa meningkatkan hormon serotonin yang bisa membuat Anda terjaga. Dengan demikian, memaparkan cahaya pagi bisa menjadi salah satu cara untuk membangunkan orang tidur yang efektif.

Untuk mempraktikkannya, Anda hanya cukup membuka tirai jendela dan membiarkan cahaya masuk ke dalam ruangan. Anda juga bisa menggunakan tirai yang tembus pandang sehingga cahaya matahari secara otomatis akan masuk setiap pagi. Tak hanya untuk orang lain, ini juga bisa menjadi cara untuk bangun pagi bagi Anda yang sering kesiangan.

2. Menggunakan suara atau musik

Seseorang biasanya tidur dalam keadaan tenang dan sunyi. Adanya suara terkadang bisa mengganggu kepulasan tidurnya. Oleh karena itu, menggunakan suara atau musik sebagai alarm bangun tidur sebagai salah satu cara efektif untuk membangunkan orang yang tidur.

Guna mempraktikkan cara tersebut, Anda bisa menggunakan alarm jam atau bunyi-bunyian lainnya. Tak hanya itu, musik atau lagu juga dapat membantu membangunkan tidur seseorang. Pasalnya, penelitian pada 2020 menemukan, orang lebih suka dibangunkan dari tidurnya dengan musik. Bahkan, musik juga bisa membantu mengurangi sensasi pada saat bangun tidur bagi penderita sleep inertia.

3. Mengubah suhu ruangan

tidur tidak pakai bantal

Suhu ruangan memengaruhi kualitas tidur seseorang. Ketika suhu terlalu dingin atau panas, umumnya seseorang akan mengalami kesulitan tidur. Melansir Sleep.org, suhu ruangan yang optimal untuk seseorang tertidur umumnya berkisar 19-21 derajat celcius.

Oleh karena itu, menaikkan atau menurunkan suhu ruangan kamar tidur bisa menjadi salah satu cara untuk membangunkan orang tidur. Anda hanya cukup menaikkan atau menurunkan suhu AC kamar atau bahkan mematikannya. Jika menggunakan kipas angin, Anda bisa mematikan kipas angin tersebut agar ia merasa kepanasan dan tidak nyaman.

4. Memberi aroma

Menghirup aromaterapi tertentu memang bisa menjadi salah satu cara untuk memperoleh tidur nyenyak. Sama halnya dengan hal tersebut, aroma tertentu dapat membangunkan seseorang dari tidurnya pada pagi hari.

Salah satu yang mungkin bermanfaat, yaitu kopi. Dilansir dari Sleep Foundation, sebuah studi menemukan fakta bahwa menghirup aroma kopi dapat meningkatkan kewaspadaan. Namun, cara ini mungkin tidak efektif pada semua orang. Selain itu, wewangian juga tidak membuat Anda terbangun pada malam hari karena indra penciuman seseorang cenderung melemah pada waktu tersebut.

Membangunkan orang yang tidur berjalan

Membangunkan tidur seseorang memang gampang-gampang sulit. Apalagi jika ia memiliki gangguan tidur tertentu, seperti kebiasaan tidur sambil berjalan atau sleepwalking. Pada kondisi ini, umumnya seseorang melakukan aktivitas lain saat tidur tanpa ia sadari.

Jika Anda menjumpai orang seperti ini, sebaiknya Anda tidak membangunkannya. Membangunkan orang yang tidur sambil berjalan justru bisa memicu agitasi, perlawanan, atau bahkan perilaku kekerasan. Pasalnya, orang tersebut sedang berada pada tahapan tidur yang sangat dalam.

Namun, jika kebiasaan buruk tersebut membahayakan dirinya, seperti kecenderungan untuk menyetir, pergi ke jalan raya, atau menyalakan kompor, Anda perlu menuntun kembali orang tersebut ke tempat tidur. Adapun jika orang tersebut menolak untuk diarahkan atau Anda kesulitan mengendalikannya, Anda perlu membangunkan orang tersebut untuk menghindari risiko bahaya.

Berikut beberapa cara aman dan hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika membangunkan orang yang tidur berjalan:

  • Bersikap tenang saat akan membangunkan orang yang tidur berjalan,
  • bawa ke tempat yang relatif aman sebelum dibangunkan,
  • panggil namanya dan bangunkan dengan tenang,
  • jangan menampar, mengguncang tubuh, atau cara memaksa lainnya,
  • jauhkan benda-benda tajam di sekitarnya,
  • bangunkan dengan nada suara yang keras, tetapi dari kejauhan untuk mengurangi risiko bahaya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What to Do If You or Someone Else Is a Sleepwalker. Clevelandclinic.org. (2021). Retrieved 31 May 2021, from https://health.clevelandclinic.org/2014/11/what-to-do-if-you-or-someone-else-is-a-sleepwalker/.

How to Safely Wake a Sleepwalker. Sleep.org. (2021). Retrieved 31 May 2021, from https://sleep.org/articles/safely-wake-sleepwalker/.

How Room Temperature Affects Sleep | Sleep.org. Sleep.org. (2021). Retrieved 31 May 2021, from https://www.sleep.org/temperature-for-sleep/.

Smell and Sleep: How Scents Can Afect Sleep | Sleep Foundation. Sleepfoundation.org. (2021). Retrieved 31 May 2021, from https://www.sleepfoundation.org/bedroom-environment/how-smell-affects-your-sleep.

McFarlane, S. J., Garcia, J. E., Verhagen, D. S., & Dyer, A. G. (2020). Alarm tones, music and their elements: Analysis of reported waking sounds to counteract sleep inertia. PloS one15(1), e0215788. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0215788.

Blume, C., Garbazza, C., & Spitschan, M. (2019). Effects of light on human circadian rhythms, sleep and mood. Somnologie (Berl). 23(3): 147–156. https://dx.doi.org/10.1007%2Fs11818-019-00215-x.

Foto Penulis
Ditulis oleh Ihda Fadila pada 12/11/2016
x