home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Cara Bangun Pagi untuk Anda yang Sering Kesiangan

7 Cara Bangun Pagi untuk Anda yang Sering Kesiangan

Bagi sebagian orang, bangun pagi setiap hari adalah sebuah hal mustahil. Bahkan, meski sudah menghalalkan segala cara, Anda tetap kesulitan untuk bangun pada pagi hari. Padahal, bangun pagi dapat membuat Anda merasa lebih bahagia. Nah, jika Anda termasuk orang yang susah untuk bangun, berbagai tips berikut ini mungkin dapat membantu. Apa saja?

Cara bangun pagi yang bisa Anda lakukan

Berikut ini adalah beberapa cara agar Anda bisa bangun lebih pagi, yaitu:

1. Cari alasan kuat untuk bangun pagi

keutamaan bangun pagi

Coba pikirkan baik-baik, apa motivasi Anda untuk meninggalkan kebiasaan bangun kesiangan dan bangun lebih pagi? Alasan setiap orang mungkin berbeda-beda.

Bisa jadi, Anda ingin bangun pagi agar tidak terlambat beribadah, tidak terburu-buru saat pergi ke kantor, atau agar bisa rutin berolahraga pagi. Selain itu, masih banyak sekali alasan mengapa Anda ingin bangun lebih awal.

Untuk mewujudkannya, hal yang terpenting adalah menanamkan dalam pikiran apa alasan yang Anda miliki untuk mengubah kebiasaan tersebut. Setelah itu, Anda bisa memberi tahu kepada orang sekitar (atau paling tidak yang tidur di dekat Anda) tentang kebiasaan baru yang ingin Anda terapkan ini.

Percaya atau tidak, cara ini sama efisiennya dengan jam beker untuk membantu Anda bangun pada pagi hari. Ini artinya, jika awalnya Anda masih kesulitan untuk bangun lebih awal, setidaknya orang sekitar akan membantu membangunkan Anda. Lambat-laun Anda akan terbiasa untuk bangun lebih pagi, sehingga cara ini akan bekerja dengan efektif.

2. Mulai pelan-pelan

tips bangun pagi

Mungkinkah langsung bisa bangun pukul 5 subuh jika selama ini Anda sudah terbiasa bangun pukul 9? Tak perlu khawatir. Hal tersebut mungkin saja terjadi, apalagi jika Anda menyertainya dengan tekad yang kuat.

Namun, Anda memang tidak dapat mengubah kebiasaan semudah membalikkan telapak tangan. Artinya, jangan langsung melakukan perubahan drastis. Justru, cara agar bisa bangun pagi ini bisa Anda coba secara pelan-pelan.

Cobalah untuk selama seminggu, bangun 15-20 menit lebih awal dari jadwal biasanya. Jika tips ini berhasil, selanjutnya coba bangun 1 jam lebih awal untuk seminggu berikutnya. Begitu seterusnya.

Setelah sukses bangun 1 jam lebih awal, coba untuk bangun 2 jam lebih awal selama seminggu selanjutnya. Lakukan cara ini secara bertahap sampai Anda mencapai waktu tujuan Anda, misalnya sampai pukul 5 pagi.

3. Tidur lebih awal sebagai cara bangun pagi

tips tidur nyenyak

Salah satu cara agar Anda bisa bangun lebih awal adalah dengan tidur lebih awal juga. Pasalnya, hampir tidak mungkin untuk bisa bangun pagi jika Anda begadang.

Ya, cobalah untuk tidur lebih awal dari biasanya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan jam tidur sehingga Anda tak perlu lagi merasa senewen setiap kali alarm berbunyi.

Apabila hari ini Anda tidak begitu lelah dan tetap sulit untuk tidur, Anda bisa membaca beberapa halaman buku, terutama buku-buku dengan pembahasan yang berat.

Bagi sebagian orang, hal tersebut efektif untuk membuat mereka tidur lebih cepat. Mendengarkan musik klasik penghantar tidur juga bisa jadi tips efektif bangun lebih awal.

Alunan musik yang menenangkan ini bisa membuat Anda tidur lebih cepat, sehingga bangun pagi tidak lagi jadi perkara yang sulit.

Akan tetapi, jika Anda mengalami gangguan tidur, seperti insomnia, yang membuat Anda terjaga sepanjang malam hingga kurang tidur sehingga tak bisa bangun pagi, cobalah periksakan kondisi tersebut ke dokter.

4. Letakkan alarm jauh dari tempat tidur

bangun pagi

Sedang enak-enaknya tidur, tetapi terkejut hingga bangun karena suara alarm memang menyebalkan. Oleh sebab itu, tak heran jika Anda langsung memencet tombol tunda (snooze) atau tunda tanpa banyak basa-basi.

Tujuannya, tentu saja agar Anda bisa tidur lebih lama, meski cuma beberapa menit. Nah, cara tersebut kurang efektif jika Anda ingin bangun lebih pagi. Bisa-bisa, Anda terlalu nyaman tidur hingga bablas sampai siang hari.

Untuk membiasakan bangun lebih pagi, cobalah untuk meletakkan alarm jauh dari tempat tidur. Hal yang terpenting, tidak terjangkau oleh tangan Anda.

Alhasil, ketika alarm menyala keesokan paginya, Anda akan terbangun dan “terpaksa” harus beranjak dari tempat tidur untuk mematikannya.

Jika sudah demikian, Anda biasanya sedikit sulit untuk tidur kembali. Cara ini tentu sangat membantu agar Anda terbiasa, sehingga tidak lagi kesiangan.

5. Buat suasana kamar nyaman

tanaman untuk kamar

Kamar yang nyaman memungkinkan Anda tidur lebih nyenyak dan bangun tidur dengan semangat. Jika Anda sering gagal untuk bangun pagi, coba cek lagi suasana kamar Anda.

  • Apakah berantakan?
  • Apakah warna dinding atau nunasa kamar terlalu mencolok?
  • Apa kualitas kasur dan seprai yang digunakan kurang baik?
  • Apakah suhu kamar Anda tidak idea?
  • Apakah Anda tidur di area yang bising?

Tanpa disadari, berbagai hal tersebut bisa membuat Anda susah tidur. Maka dari itu, supaya Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga bisa bangun pagi setiap hari, pastikan penataan kamar Anda sudah baik.

6. Keluar dari kamar sebagai cara bangun pagi

menginap di hotel selama pandemi

Saat terbangun dari tidur, sebaiknya segeralah keluar dari kamar Anda. Contohnya, pergi ke kamar mandi, atau pergi mengambil air mineral. Percaya atau tidak, cara ini cukup efektif untuk membantu Anda bangun pagi.

Pasalnya, hal tersebut akan mencegah Anda untuk kembali tidur setelah mematikan alarm. Menurut Sleep Advisor, semakin lama keluar dari kamar, Anda akan semakin siap untuk menghadapi hari.

Hal ini tentu saja membantu Anda untuk memulai aktivitas pada pagi hari tersebut, alih-alih kembali tidur. Awalnya, hal ini mungkin bukan perkara mudah bagi Anda.

Akan tetapi, dengan tekad yang kuat dan kedisiplinan yang besar, Anda tentu bisa melakukannya. Lama-kelamaan, cara ini akan menjadi kebiasaan, sehingga Anda tidak lagi kesulitan untuk bangun lebih awal.

7. Hindari makan sebelum tidur

makan terlalu malam

Cara lain yang bisa Anda praktikkan agar bisa bangun lebih pagi adalah menghindari mengonsumsi makanan berat sebelum pergi tidur. Tahukah Anda bahwa apa yang Anda makan sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur?

Ya, ternyata mengonsumsi makanan berat tepat sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh yang seharusnya beristirahat malah sibuk bekerja memproses makanan yang baru Anda makan.

Hal tersebut dapat menyebabkan Anda mengalami berbagai gangguan tidur hingga kurang tidur. Oleh sebab itu, jika memang lapar pada malam hari, lebih baik mengonsumsi camilan sehat dan menghindari makan berat.

Selain itu, supaya Anda bisa cepat terlelap dan tidur Anda lebih nyenyak, hindari makanan yang mengandung stimulan seperti kafein. Alih-alih jadi cepat mengantuk, kafein justru membuat Anda terjaga.

Akibatnya, tekad untuk bisa bangun lebih awal pun jadi sirna karena Anda semalaman tidak bisa tidur. Tak hanya itu, hindari juga makanan berlemak dan pedas.

Kedua jenis makanan ini bisa membuat asam lambung naik selama tidur sehingga membuat perut terasa mulas semalaman. Hal ini tentu akan mengganggu tidur Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What are the Benefits of Waking up Early? Retrieved 23 April 2021, from  https://www.sleepadvisor.org/benefits-of-waking-up-early/

Environmental and Lifestyle Changes for Better Sleep. Retrieved 23 April 2021, from https://www.sleep.org/articles/environmental-and-lifestyle-changes-for-better-sleep/

Our Guide to Waking Up Without an Alarm. Retrieved 23 April 2021, from https://www.sleep.org/how-to-wake-up-without-an-alarm-clock/

8 Genius Tips for Waking Up Early. Retrieved 23 April 2021, from https://www.herzing.edu/blog/8-genius-tips-waking-early

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal diperbarui 18/03/2021
x