7 Cara Bangun Lebih Pagi agar Tidak Sering Kesiangan

    7 Cara Bangun Lebih Pagi agar Tidak Sering Kesiangan

    Meski sudah menghalalkan segala cara, Anda mungkin tetap kesulitan untuk bangun pada pagi hari. Untungnya, berbagai cara bangun pagi berikut ini mungkin akan membantu Anda yang termasuk golongan orang yang susah untuk bangun. Apa saja tipsnya?

    Tips bangun pagi yang bisa Anda lakukan

    Bangun pagi setiap hari merupakan sebuah hal mustahil bagi sebagian orang. Padahal, bangun pagi bisa membuat tubuh lebih segar dan mood jauh lebih bahagia.

    Di samping itu juga, manfaat bangun pagi juga bisa membuat Anda lebih produktif. Anda bisa memulai hari lebih awal sehingga segala pekerjaan dapat cepat terselesaikan.

    Berikut ini beberapa cara agar Anda praktikkan supaya bisa bangun tidur lebih pagi.

    1. Cari alasan kuat untuk bangun pagi

    keutamaan bangun pagi

    Pikirkan motivasi Anda untuk bangun pagi, misalnya agar tidak terlambat ibadah, berangkat ke kantor, atau bisa rutin olahraga pada pagi hari.

    Selain itu, beri tahukan juga kepada orang di sekitar, seperti orangtua atau pasangan, tentang kebiasaan baru yang akan Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan kurang tidur.

    Mereka mungkin bisa membantu mengingatkan Anda untuk tidur awal dan membangunkan bila Anda belum terbiasa. Tanpa disadari, tips ini lambat laun akan membantu Anda untuk bangun lebih pagi.

    2. Mulai pelan-pelan

    Tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk mengubah jam tidur Anda. Justru hal yang perlu Anda lakukan ialah dengan mulai melakukannya secara pelan dan bertahap.

    Cobalah untuk bangun 15–20 menit lebih awal selama seminggu. Apabila cara bangun pagi ini berhasil, selanjutnya coba bangun satu jam lebih awal dan begitu seterusnya.

    Lakukan cara ini secara bertahap sampai Anda mencapai waktu tujuan Anda, misalnya bangun pukul 5 pagi untuk bisa ibadah dan bersiap berangkat kerja.

    3. Cobalah tidur lebih awal

    tips tidur nyenyak

    Salah satu cara agar Anda bisa bangun lebih awal ialah dengan tidur lebih awal juga. Pasalnya, hampir tidak mungkin bagi Anda untuk bangun pagi bila bergadang sebelumnya.

    Jika sulit untuk tidur, cobalah membaca buku atau mendengarkan musik klasik sebagai pengantar tidur. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengantuk dan tidur lebih cepat.

    Namun, bila Anda mengalami gangguan tidur yang membuat Anda terjaga setiap malam, seperti insomnia, cobalah periksakan kondisi kesehatan ini dengan dokter.

    4. Buat suasana kamar yang nyaman

    Kamar yang nyaman membuat Anda tidur lebih nyenyak dan bangun tidur lebih pagi. Jika Anda sering gagal untuk melakukannya, cobalah untuk mengecek lagi penataan kamar tidur Anda.

    Umumnya, kondisi kamar yang berantakan, terlalu terang dan bising, atau terlalu panas dapat menyebabkan Anda sulit tidur.

    Maka dari itu, pastikan penataan kamar sudah baik supaya Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik dan bisa bangun pagi setiap hari.

    5. Letakkan alarm jauh dari tempat tidur

    Kebiasaan memencet tombol tunda (snooze) lebih sering membuat Anda bablas tidur sampai siang hari. Oleh karena itu, cobalah untuk meletakkan alarm jauh dari tempat tidur.

    Hasilnya, saat alarm menyala keesokan paginya, Anda akan terbangun dan “terpaksa” beranjak dari tempat tidur untuk mematikannya sesegera mungkin.

    Dengan begini, biasanya Anda akan sulit untuk tidur kembali. Tips bangun pagi ini tentu sangat membantu agar Anda makin terbiasa dan tidak lagi kesiangan.

    6. Segera keluar dari kamar tidur

    waktu bangun tidur

    Setelah terbangun, sebaiknya segera keluar dari kamar Anda. Cobalah untuk pergi ke kamar mandi untuk mencuci muka, lalu minum segelas air putih agar tubuh terasa segar.

    Percaya atau tidak, metode ini cukup efektif untuk membantu Anda bangun pagi. Makin cepat Anda keluar dari kamar, maka makin siap diri Anda untuk menghadapi hari.

    Hal ini mungkin tidak mudah pada awalnya. Namun, lama-kelamaan hal ini dapat jadi sebuah kebiasaan baik bila Anda memiliki tekad dan kedisiplinan yang baik.

    7. Hindari makan sebelum tidur

    Kebiasaan makan sebelum tidur ternyata bisa memicu gangguan tidur. Ini karena tubuh yang seharusnya beristirahat malah sibuk bekerja memproses makanan yang baru Anda makan.

    Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi atau teh, sebelum tidur agar Anda bisa cepat terlelap dan tidur lebih nyenyak.

    Jangan konsumsi makanan berlemak dan pedas. Kedua jenis makanan ini bisa menyebabkan asam lambung naik dan mengganggu waktu tidur Anda.

    Bila Anda memang sangat lapar pada malam hari, lebih baik mengonsumsi camilan sehat dan menghindari makan berat.

    Bagaimana cara bangun pagi meski tidur lebih malam?

    Salah satu cara agar Anda bisa cepat tidur dan bangun pagi ialah tidur lebih awal. Namun, terkadang hal ini tidak memungkinkan bila Anda diharuskan untuk bergadang dan tidur lebih malam.

    Menurut Herzing University, berikut beberapa cara lain untuk mengakali agar Anda bangun pagi meski tidur lebih malam dari biasanya.

    • Luangkan waktu untuk tidur siang pada hari sebelumnya. Tidurlah sebelum jam tiga sore dengan durasi sekitar 20 menit dan tidak lebih dari satu jam.
    • Apabila aktivitas Anda telah selesai pada malam itu, sebaiknya bergegaslah untuk tidur dan hindari aktivitas lain, seperti mengecek ponsel atau makan dalam porsi besar.
    • Tidur dengan tirai jendela terbuka agar sinar matahari bisa masuk ke dalam kamar dan membantu Anda tidur secara lebih alami.
    • Selalu menerapkan sleep hygiene, yakni pola tidur bersih dan sehat yang membantu Anda untuk bangun pada pagi hari.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

    General Practitioner · Klinik Chika Medika


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 15/12/2022

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan