5 Cara Meracik Cuka Apel untuk Obat Batuk Alami

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Saat terkena batuk, jangan dulu terburu-buru minum obat untuk meredakan gejalanya. Ada banyak obat batuk alami yang bisa Anda coba racik sendiri di rumah, tentunya tak kalah manjur dalam mengobati batuk. Salah satunya adalah dengan mengambil manfaat cuka apel. Bagaimana cara penggunaannya?

Cara meracik obat batuk alami dengan manfaat cuka apel

Untuk meraup manfaat cuka apel, buat sendiri obat batuk alami di rumah dengan cara berikut ini.

1. Diminum langsung

Manfaat Cuka Apel

Beberapa dokter merekomendasikan cuka apel sebagai obat batuk alami. Tanpa campuran bahan lainnya, Anda dapat minum cuka apel secara langsung untuk meredakan batuk yang mengganggu.

Kandungan asam asetat pada cuka apel memiliki sifat antimikroba, yaitu dapat membunuh patogen yang menyebabkan infeksi bakteri atau virus penyebab batuk. Khasiat ini mirip seperti saat Anda minum lemon atau jus nanas yang ampuh meredakan gatal tenggorokan akibat batuk.

Campurkan dua sendok cuka apel ke dalam segelas air, lalu minum secara perlahan. Minum dua kali sehari supaya batuk Anda segera reda.

2. Cuka apel campur madu

manfaat madu

Bagi Anda yang tidak kuat dengan rasa dan bau cuka apel yang menyengat, Anda bisa mencampurkannya dengan madu supaya rasanya lebih manis. Penny C. Royal, seorang herbalis sekaligus penulis Herbally Yours, mengungkap kepada Livestrong bahwa kombinasi bahan alami ini memberikan perlindungan ganda terhadap sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan batuk.

Bahkan, Dr. James M. Steckelberg dari Mayo Clinic mengatakan bahwa efektivitas madu mirip seperti dextromethorphan, salah satu obat batuk yang dijual bebas di pasaran. Siapkan segelas air, lalu masukkan 2 sdm (sendok makan) cuka apel dan 1 sdm mentah. Minum obat batuk alami ini dua kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

3. Cuka apel campur air jahe

cara mengatasi nyeri haid

Jahe adalah salah satu obat batuk alami yang manjur. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology tahun 2013, zat alami pada jahe dapat mengendurkan otot-otot halus di saluran napas, sehingga membantu mengalirkan dahak yang tersangkut di tenggorokan.

Itulah mengapa cuka apel sangat baik dikombinasikan dengan air jahe supaya khasiatnya jadi lebih maksimal. Caranya, campurkan 2 sdm cuka apel dan 1 sdt teh bubuk jahe ke dalam segelas air. Minum sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Kalau Anda tidak kuat dengan rasa pedas dari jahe, tambahkan satu sendok makan madu supaya rasanya lebih enak.

4. Sirup cuka apel

obat batuk berdahak

Supaya obat batuk alami yang Anda buat semakin manjur, Anda dapat mencampurkan seluruh bahan alami di atas untuk membuat sirup cuka apel. Caranya:

  • Campurkan 1/4 sendok teh bubuk jahe dan bubuk cabai ke dalam 2 sdm air.
  • Masukkan 1 sdm madu mentah dan cuka apel. Aduk seluruh bahan hingga mengental.
  • Setiap 3 sampai 4 jam sekali, minum 1 sendok sirup cuka apel ini sampai semuanya habis.

Saat tidak digunakan, simpan sirup cuka apel ini di dalam botol dan tutup rapat-rapat. Jangan berikan obat batuk alami ini untuk anak di bawah satu tahun, karena berisiko menyebabkan gangguan pencernaan.

5. Minuman cuka sari apel hangat

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Bagi Anda yang suka minum minuman hangat saat batuk, Anda bisa membuat larutan cuka sari apel hangat. Cara pembuatannya sebetulnya sama seperti saat Anda membuat sirup cuka apel di atas. Bedanya, setelah Anda membuat sirup cuka apel, campurkan 1 sdm sirup cuka apel ke dalam 470 mililiter air hangat. Setelah itu, minum sebanyak 2 kali sehari untuk meredakan batuk yang mengganggu.

Yang harus diperhatikan sebelum minum cuka apel

Meskipun manfaat cuka apel ini efektif untuk mengobati batuk, sebaiknya tetap konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda mencobanya. Pasalnya, cuka apel juga memiliki efek samping seperti gangguan pencernaan, kerongkongan terasa perih, mual, hingga masalah gigi.

Segera berhenti minum cuka apel dan pergilah ke dokter terdekat jika Anda mengalami:

  • Batuk yang tak kunjung sembuh
  • Demam selama dua hari berturut-turut
  • Batuk disertai serangan asma yang semakin parah

Jangan sesekali berikan anak racikan madu mentah dan cuka apel sebagai obat batuk alami, terlebih pada anak di bawah satu tahun. Bukannya menyembuhkan batuk, ini justru dapat meningkatkan risiko botulisme keracunan makanan pada anak. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter anak sebelum Anda memberikan cuka apel untuk si kecil.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca