Katanya, Cokelat Bisa Jadi Alternatif Obat Batuk

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin tahu banyak obat batuk alami, seperti madu, air garam, hingga jus buah nanas. Namun, baru-baru ini banyak yang membahas pengobatan alami untuk batuk dengan menggunakan cokelat. Ya, makanan yang terbuat dari kakao ini dipercaya bisa digunakan untuk meredakan batuk. Lantas, benarkah efektif? Simak ulasannya lebih dalam sebelum Anda mencoba mengobati batuk dengan cokelat.

Cokelat untuk meredakan batuk

Sebuah artikel dari laman Daily Mail membahas bahwa cokelat dapat mengobati batuk. Tulisan yang diunggah oleh Alyn Morice, MD, seorang peneliti kesehatan jantung dan pernapasan dari University of Hull sekaligus anggota International Society ini tentu menarik perhatian banyak orang.

Artikel tersebut merujuk pada penelitian yang telah ia lakukan yang juga diterbitkan pada British Media Journal tahun 2016. Sebanyak 137 orang pasien diminta untuk mengonsumsi obat batuk berbasis kakao dengan sirup batuk biasa. Hasilnya menunjukkan bahwa pasien yang menggunakan obat batuk kakao dapat sembuh dalam dua hari. Itu lebih cepat dibanding dengan sirup batuk biasa yang biasanya memakan waktu 7 hari atau lebih untuk sembuh.

Dr. Morice pun menjelaskan bahwa telah ada penelitian sebelumnya yang juga menunjukkan potensi cokelat untuk meredakan batuk. Periset sepakat jika cokelat mengandung theobromine yaitu senyawa dalam kakao yang lebih baik dibanding codein yang memiliki efek samping menyebabkan kantuk.

Theobromine dapat membentuk lapisan lengket yang melindungi ujung saraf di tenggorokan sehingga menekan terjadinya batuk. Kombinasi dengan diphenhydramine pada obat batuk berbasis kakao juga meningkatkan efektivitas obat untuk meredakan batuk.

makan cokelat baik untuk penderita jantung

Apa cokelat biasa dengan obat berbahan kakao sama ampuhnya?

Meski sama-sama menggunakan kakao, efek makan cokelat dengan minum obat berbasis kokoa itu berbeda. Makan permen cokelat atau minum hot chocolate saja tidak akan mampu meredakan batuk.

Pasalnya, makanan dan minuman tersebut tidak membentuk lapisan pelindung di tenggorokan dalam waktu yang lama. Namun, minum atau makanan ini mungkin saja memberikan perasaan lega di tenggorokan sementara.

Anda perlu tahu jika obat batuk berbasis cokelat tidak hanya mengandung kakao atau diphenhydramine saja. Obat tersebut juga mengandung ammonium klorida (ekspektoran) dan levomenthol (obat memberikan sensasi dingin melegakan tenggorokan dari gatal dan batuk).

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Mengunyah Bawang Putih Mentah Bisa Sembuhkan Batuk?

Sejak dulu, bawang putih dipercaya sebagai obat herbal untuk menyembuhkan batuk. Tapi, seberapa efektif sebenarnya khasiat bawang putih yang satu ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Batuk, Health Centers 24/09/2017 . Waktu baca 6 menit

4 Cara Cepat Mengusir Batuk Pilek Dalam Semalam Tanpa Obat

Meski remeh, batuk dan pilek bisa mengganggu aktivitas Anda. Tenang. Ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya tanpa perlu minum obat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Flu, Kesehatan Pernapasan 14/06/2017 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

membedakan jenis batuk

Tak Semua Batuk Itu Tanda COVID-19, Bagaimana Membedakannya?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . Waktu baca 4 menit
cara memilih obat batuk

Jangan Asal Pilih Obat Batuk, Kenali Dulu 4 Gejala Ini

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 18/02/2020 . Waktu baca 4 menit
anak batuk terus menerus

Anak Batuk Terus Menerus, Apa Ortu Harus Khawatir?

Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 23/09/2019 . Waktu baca 5 menit
manfaat bunga lawang

6 Manfaat Mujarab Bunga Lawang yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 04/09/2018 . Waktu baca 4 menit