Apa itu yellow fever (demam kuning)?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu yellow fever (demam kuning)?

Demam kuning adalah infeksi virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang ditemukan pada bagian Amerika Selatan dan Afrika. Apabila tertular pada manusia, virus demam kuning dapat merusak hati dan organ internal lainnya dapat menjadi fatal.

Seberapa umumkah yellow fever (demam kuning)?

Infeksi ini paling banyak ditemukan di daerah Afrika dan Amerika Selatan, mempengaruhi pengunjung dan penduduk area tersebut.

Organisasi kesehatan dunia mengestimasi 200.000 kasus demam kuning di seluruh dunia setiap tahunnya. Yellow fever meningkat akibat menurunnya imunitas terhadap infeksi pada populasi lokal, deforestasi, perubahan iklim dan urbanisasi tinggi.

Yellow fever dapat ditangani dengan mengurangi fator-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala yellow fever (demam kuning)?

Nama demam kuning berasal dari 2 gejala utamanya: demam dan kulit yang menjadi kekuningan. Penguningan terjadi akibat kerusakan hati, hepatitis. Pada beberapa orang, demam kuning tidak memiliki tanda-tanda awal, namun bagi beberapa orang lain, gejala awal muncul 3 hingga 6 hari setelah paparan virus dari gigitan nyamuk.

Apabila infeksi telah memasuki fase akut, Anda dapat mengalami tanda-tanda dan gejala seperti:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot, terutama pada punggung dan lutut
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Mual, muntah atau keduanya
  • Kehilangan napsu makan
  • Pusing
  • Mata, wajah, atau lidah merah.

Tanda-tanda dan gejala tersebut biasanya membaik dan hilang dalam beberapa hari.

Walau tanda-tanda dan gejala dapat hilang 1 atau 2 hari setelah fase akut, beberapa orang dengan yellow fever akut memasuki fase toksik. Pada fase ini, tanda-tanda dan gejala akut kembali, bahkan memburuk dan membahayakan nyawa, seperti:

  • Penguningan pada kulit dan bagian putih pada mata
  • Nyeri pada perut dan muntah, kadang-kadang terdapat darah
  • Berkurangnya urinasi
  • Perdarahan dari hidung, mulut dan mata
  • Detak jantung yang pelan (bradycardia)
  • Gagal hati dan ginjal
  • Disfungsi otak, meliputi delirium, kejang dan koma.

Fase toksik dari yellow fever dapat menjadi fatal.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Sebelum bepergian

  • 4 minggu atau lebih sebelum perjalanan Anda, buatlah janji pertemuan dengan dokter jika Anda akan bepergian ke daerah di mana terdapat yellow fever, agar Anda dapat mendiskusikan apakah Anda memerlukan vaksin.
  • Jika Anda mempunyai kurang dari 4 minggu untuk persiapan, tetap hubungi dokter Anda. Idealnya, Anda dapat tetap diberi vaksin setidaknya 3 hingga 4 minggu sebelum berpergian ke area yang terdapat yellow fever, untuk memberi waktu untuk vaksin bekerja. Dokter akan membantu Anda menentukan apakah Anda memerlukan vaksin dan dapat memberikan petunjuk dalam menjaga kesehatan saat berada di luar negeri.

Setelah bepergian

  • Segera cari perawatan medis jika Anda baru saja bepergian ke daerah di mana terdapat demam kuning dan Anda mengalami tanda-tanda atau gejala fase keracunan dari demam kuning.
  • Hubungi dokter jika Anda mengalami gejala ringan, setelah bepergian ke daerah dimana terdapat yellow fever.

Penyebab

Apa penyebab yellow fever (demam kuning)?

Yellow fever biasanya ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Manusia tidak dapat menyebarkan demam kuning melalui kontak biasa, walau dapat ditularkan melalui darah dengan jarum yang terkontaminasi.

Beberapa spesies nyamuk membawa virus demam kuning, beberapa berkembang di daerah urban, beberapa di daerah hutan. Nyamuk yang berkembang di hutan juga menularkan demam kuning ke monyet yang merupakan host dari penyakit.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk yellow fever (demam kuning)?

Anda mungkin berisiko jika Anda bepergian ke area di mana nyamuk membawa virus demam kuning. Daerah-daerah tersebut meliputi daerah sub-Sahara Afrika dan Amerika Selatan.

Walau tidak ada laporan terbaru mengenai manusia yang terinfeksi di area tersebut, tidak berarti Anda bebas dari risiko. Mungkin saja populasi lokal telah diberi vaksin dan terlindung dari penyakit, atau kasus demam kuning belum terdeteksi dan dilaporkan secara resmi.

Siapapun dapat terinfeksi virus demam kuning, namun orang dewasa memiliki risiko yang lebih besar terkena penyakit dengan parah.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk yellow fever (demam kuning)?

Tidak ada pengobatan antivirus yang terbukti bisa mengobati yellow fever. Perawatan biasanya mencakup penanganan suportif di rumah sakit, seperti:

  • Menyediakan cairan dan oksigen
  • Menjaga tekanan darah yang normal
  • Mengganti kehilangan darah
  • Menyediakan dialisis untuk gagal ginjal
  • Mengatasi infeksi lainnya yang muncul
  • Beberapa orang menerima transfusi plasma untuk menggantikan protein darah yang memicu pembekuan darah.

Jika Anda memiliki yellow fever, dokter akan merekomendasi Anda untuk tetap berada di dalam rumah, jauh dari nyamuk, untuk menghindari penyebaran penyakit. Apabila Anda pernah mengalami demam kuning, Anda akan imun terhadap penyakit ini seumur hidup Anda.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk yellow fever (demam kuning)?

Mendiagnosis demam kuning berdasarkan tanda-tanda dan gejala sulit dilakukan karena pada awal kondisi ini, infeksi dapat menyerupai gejala malaria, tifus, demam berdarah, dan demam perdarahan lainnya.

Untuk mendiagnosis kondisi Anda, dokter akan:

  • Menanyakan sejarah medis dan perjalanan Anda
  • Mengambil sampel darah untuk diuji

Jika Anda memiliki demam kuning, darah Anda dapat menunjukkan adanya virus. Jika tidak, tes darah juga dapat mendeteksi antibodi dan zat lainnya yang spesifik terhadap virus.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi yellow fever (demam kuning)?

Walau tidak ada perawatan spesifik untuk demam kuning, perawatan suportif di rumah tidak disarankan. Pengunjung ke daerah endemik demam kuning juga berada dalam risiko kondisi berbahaya lainnya dan harus segera mencari pertolongan utama apabila demam muncul. Selain demam kuning, malaria dapat muncul hingga 1 tahun kemudian, apapun pencegahannya. Tidak ada pengobatan rumahan yang efektif untuk demam kuning, dan pasien harus segera mencari pertolongan medis dan mengikuti petunjuk dengan hati-hati.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca