Definisi

Apa itu penyakit kolesterol tinggi?

Penyakit kolesterol tinggi adalah kondisi yang terjadi saat tingkat kolesterol dalam tubuh lebih tinggi daripada biasanya.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan pada lemak di darah Anda. Kolesterol berperan dalam membentuk sel-sel sehat, namun memiliki kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

Saat kolesterol tinggi, endapan lemak dapat menumpuk pada pembuluh darah. Akibatnya, endapan ini mempersulit darah untuk mengalir melalui arteri. Kondisi ini bisa membuat jantung mungkin tidak mendapatkan darah yang kaya oksigen sesuai kebutuhannya. Akhirnya, kondisi itu akan meningkatkan risiko serangan jantung.

Penyakit kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan aliran darah ke otak terganggu. Menurunnya jumlah aliran darah ke otak dapat menyebabkan stroke.

Penyakit kolesterol tinggi umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Jadi, sebenarnya kolesterol tinggi dapat dicegah dan diatasi. Pola makan yang sehat, olahraga rutin, dan kadang pengobatan dapat menurunkan angka kolesterol.

Seberapa umum kolesterol tinggi?

Penyakit kolesterol tinggi diperkirakan menjadi penyebab 2,6 juta kematian. Namun, kolesterol tinggi dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kolesterol tinggi?

Penyakit kolesterol tinggi biasanya tidak memiliki gejala apa pun. Maka itu, tes darah adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi kadar kolesterol Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan perawatan dini dapat menghentikan kondisi ini memburuk dan mencegah kondisi medis darurat lainnya, maka itu bicaralah pada dokter Anda segera untuk mencegah kondisi serius ini.

Jika Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab kolesterol tinggi?

Untuk dapat dibawa melalui darah, kolesterol harus menempel pada protein. Kombinasi protein dan kolesterol ini disebut lipoprotein. Berdasarkan jenis kolesterol yang dibawa lipoprotein, kolesterol dapat memiliki berbagai jenis, seperti:

  • Low-density lipoprotein (LDL). LDL, atau sering disebut kolesterol “jahat”, mengantarkan partikel kolesterol ke seluruh tubuh. Kolesterol LDL yang menumpuk pada dinding arteri, membuat arteri keras dan menyempit.
  • High-density lipoprotein (HDL). HDL, atau kolesterol “baik”, mengangkat kolesterol berlebih dan mengembalikannya ke hati.

Faktor yang berada di dalam kendali Anda, seperti gaya hidup sedentari (malas gerak), obesitas, dan pola makan tidak sehat akan meningkatkan kolesterol LDL dan membuat kadar kolesterol HDL menjadi rendah.

Selain itu, faktor di luar kendali Anda dapat berperan juga. Sebagai contoh, susunan genetik Anda dapat menjaga sel-sel dari mengeluarkan kolesterol LDL dari darah secara efisien atau menyebabkan hati Anda menghasilkan terlalu banyak kolesterol.

Faktor Pemicu

Apa yang membuat saya berisiko lebih terkena penyakit kolesterol tinggi?

Ada banyak faktor risiko untuk kolesterol tinggi, yaitu:

Pola makan buruk

Mengonsumsi lemak jenuh, yang ditemukan pada produk hewani, dan lemak trans (ditemukan pada kue kering yang dijual bebas) dapat meningkatkan kadar kolesterol. Makanan yang tinggi kolesterol, seperti daging merah dan produk susu penuh lemak, juga akan meningkatkan jumlah kolesterol.

Obesitas

Memiliki indeks massa tubuh 30 atau lebih membuat Anda berisiko memiliki penyakit kolesterol tinggi.

Lingkar pinggang yang besar

Anda lebih berisiko memiliki penyakit kolesterol tinggi apabila Anda seorang pria dengan lingkar pinggang setidaknya 102 cm atau wanita dengan lingkar pinggang setidaknya 89 cm.

Kurangnya olahraga

Olahraga membantu meningkatkan LDL atau kolesterol “baik”, selagi meningkatkan ukuran partikel yang membentuk  HDL atau kolesterol “jahat”, yang membuatnya lebih tidak berbahaya.

 

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana penyakit kolesterol tinggi didiagnosis?

Apabila Anda menduga bahwa Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, dokter akan melakukan tes darah untuk mendeteksi kondisi ini.

Tes darah untuk melihat kadar kolesterol, disebut lipid panel atau lipid profile, umumnya menginformasikan jumlah:

  • Total kolesterol
  • Kolesterol LDL
  • Kolesterol HDL
  • Trigliserida – jenis lemak pada darah

Untuk pengukuran yang paling akurat, jangan mengonsumsi apa pun (selain air) selama 9-12 jam sebelum sampel darah diambil.

Standar normal dari kadar kolesterol dapat berbeda pada satu laboratorium dengan yang lain. Tanyakan dokter untuk informasi lebih lanjut mengenai hasil.

Bagaimana cara mengobati penyakit kolesterol tinggi?

Perubahan gaya hidup seperti berolahraga dan mengonsumsi pola makan sehat adalah cara utama dalam menghadapi penyakit kolesterol tinggi. Namun, apabila Anda telah melakukan perubahan gaya hidup dan kadar kolesterol tetap tinggi, dokter dapat merekomendasikan pengobatan.

Pilihan pengobatan yang dipilih akan sangat bergantung pada berbagai faktor, seperti faktor risiko individu, usia, kondisi kesehatan, dan kemungkinan efek samping. Beberapa pilihan obat atau kombinasi obat tertentu mungkin dapat digunakan. Pengobatan yang paling umum digunakan, antara lain:

Statin

Statin dapat menghambat zat yang diperlukan hati untuk menghasilkan kolesterol. Hal ini menyebabkan hati mengeluarkan kolesterol dari darah. Statin juga dapat membantu tubuh menyerap kembali kolesterol dari endapan pada dinding arteri dan berpotensi menggagalkan penyakit arteri koroner.

Cholesterol absorption inhibitors

Usus kecil Anda menyerap kolesterol dari makanan dan melepasnya ke aliran darah. Obat ezetimibe (Zetia) membantu mengurangi kolesterol darah dengan membatasi penyerapan kolesterol dari makanan. Ezetimibe dapat dikombinasikan dengan obat statin.

Pencegahan

Apa saja dapat saya lakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit kolesterol tinggi?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi penyakit kolesterol tinggi:

  • Konsumsi pola makan rendah kolesterol dengan menghindari makanan kaya lemak jenuh dan perbanyak konsumsi lemak baik, seperti lemak tak jenuh dan omega 3 yang membantu menurunkan kolesterol
  • Perbanyak konsumsi serat
  • Turunkan berat badan dan jaga berat badan yang sehat
  • Berhenti merokok
  • Olahraga beberapa hari dalam seminggu setidaknya selama 30 menit
  • Batasi konsumsi alkohol, atau hindari sama sekali

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan. 

Direview tanggal: Desember 3, 2018 | Terakhir Diedit: Desember 3, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan