home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Minyak Ikan Bisa Menurunkan Kolesterol?

Benarkah Minyak Ikan Bisa Menurunkan Kolesterol?

Meski tubuh membutuhkan, kadar kolesterol yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jika kadar kolesterol sudah tinggi, Anda bisa minum obat kolesterol untuk menurunkan kadarnya. Namun, ada pula yang memilih untuk minum suplemen minyak ikan. Namun, apakah suplemen minyak bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi?

Apakah minyak ikan dapat menurunkan kolesterol?

Suplemen minyak ikan cukup populer di kalangan pengidap penyakit jantung, hipertensi, dan kadar kolesterol tinggi. Suplemen yang mengandung asam lemak omega 3 ini memang berulang kali diuji efektivitasnya dalam mengelola suatu penyakit.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa konsumsi suplemen minyak ikan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penggunaan suplemen asam lemak omega 3 juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan kekakuan di pagi pada orang denganarthritis.

Lantas, apakah minyak ikan yang dijual bebas juga bisa membantu menurunkan kolesterol?

Sejauh ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan keunggulan minyak ikan ini. Dalam terapi asam lemak omega 3, dokter atau ahli nutrisi mungkin saja meresepkan suplemen ini.

Tujuannya, bukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Ahli medis meresepkannya untuk membantu mengurangi kadar trigliserida sekitar 30-50% pada orang yang kadarnya mencapai 500 mg/dL, atau pada orang berisiko tinggi terkena pankreatitis.

Trigliserida sendiri sering kali disamaartikan dengan kolesterol. Faktanya, keduanya adalah jenis lemak dalam darah yang berbeda.

Trigliserida adalah lemak yang tidak terpakai, yang seharusnya digunakan tubuh sebagai energi. Sementara, kolesterol adalah lemak yang digunakan tubuh untuk membangun sel dan hormon tertentu.

Nah, kolesterol ini kemudian terbagi menjadi kolesterol baik (high-density lipoprotein) dan kolesterol jahat (low-density lipoprotein). Bagi penderita kadar kolesterol tinggi, kadar LDL mereka melebihi batas seharusnya dan perlu dikelola agar tidak menimbulkan aterosklerosis atau serangan jantung.

“Biasanya, Anda tidak akan mendapatkan semacam itu dari suplemen minyak ikan yang dijual bebas. Itu karena dosis bahan aktif jauh lebih sedikit daripada minyak ikan yang diresepkan dokter”, Seth Martin, MD, seorang ahli jantung di John Hopkins Medicine.

“Suplemen minyak ikan yang dijual bebas juga mungkin mengandung sejumlah besar lemak jenuh lain, yang malahan dapat meningkatkan kolesterol jahat Anda”, tambahnya.

Selain minyak ikan, cara alami untuk menurunkan kolesterol?

ikan yang baik untuk penderita darah tinggi

Ketimbang mengandalkan suplemen omega 3 tanpa resep untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda lebih baik minum obat yang diresepkan dokter.

Jikalau pun Anda ingin mengonsumsi minyak ikan, lebih baik konsultasikan lebih dahulu pada dokter. Dokter akan menyesuaikan dosis dan mempertimbangkan efek samping yang mungkin muncul jika Anda punya masalah kesehatan lain.

Tidak cuma minum obat penurun kolesterol atau suplemen, sebenarnya ada cara alami yang ternyata cukup ampuh untuk membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol seperti berikut ini.

1. Konsumsi ikan

Asam lemak omega 3 adalah lemak yang didapat dari makanan, karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Anda bisa mencukupi asam lemak ini dari jenis ikan berlemak, seperti ikan tuna, salmon, ikan herring, ikan makerel, atau ikan nila.

Nah, kandungan minyak ikan alami dari ikan berlemak ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan syarat, cara mengolahnya pun harus sesuai, yakni menggunakan minyak yang sehat jika digoreng atau mengukusnya.

2. Tingkatkan asupan serat

Tips lain untuk menurunkan kadar kolesterol selain dengan minyak ikan adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan berserat. Ini karena serat bisa mengikat kolesterol dan menghilangkannya dari dalam tubuh Anda.

Anda bisa mendapatkan asupan serat dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, maupun buah-buahan. Idealnya, Anda perlu memenuhi 25-35 gram serat per hari.

Selain menurunkan kadar kolesterol, serat pada makanan juga bisa mencegah sembelit dan membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Bijak dalam memilih makanan

Agar kinerja obat maupun suplemen minyak ikan jadi lebih optimal dalam menurunkan kadar kolesterol, mulailah mengganti lemak tidak sehat (lemak jenuh) dengan lemak sehat.

Lemak jenuh paling sering ditemukan dalam minyak kelapa sawit dan minyak kelapa, bersama dengan produk hewani seperti daging sapi, jeroan, kulit ayam, atau keju. Nah, batasi makanan seperti dengan memilih keju rendah lemak, mengonsumsi daging sapi dan daging ayam tanpa lemak.

Ganti minyak untuk menggoreng dengan minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun atau minyak jagung.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hdl (good), ldl (bad) cholesterol and triglycerides. (n.d.). Retrieved August 02, 2021, from https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/hdl-good-ldl-bad-cholesterol-and-triglycerides.

Omega-3 fatty acids: Foods & benefits. (n.d.). Retrieved August 02, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/17290-omega-3-fatty-acids.

Fish oil. (2020, December 08). Retrieved August 02, 2021, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-fish-oil/art-20364810.

Team, H. (2020, October 29). How to naturally lower your cholesterol. Retrieved August 02, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/from-fiber-to-fish-oil-natural-ways-to-lower-your-cholesterol/

Can triglycerides affect my heart health? (2020, September 29). Retrieved August 02, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/triglycerides/art-20048186.

Martin, S. (n.d.). The truth about 4 popular heart health supplements. Retrieved August 02, 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/the-truth-about-4-popular-heart-health-supplements

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 2 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x