Definisi

Apa itu neuroblastoma?

Neuroblastoma adalah tumor yang tumbuh dari sel-sel saraf muda yang berada di berbagai area tubuh. Tumor ini paling sering bertumbuh di medula adrenal (bagian tengah kelenjar adrenal).

Seberapa umumkah neuroblastoma?

Anak-anak sering memiliki tumor ini sejak lahir namun sering terlambat didiagnosa. Neuroblastoma merupakan kanker yang sering terjadi pada anak, setelah leukemia dan tumor otak. Penyakit ini mencakup sekitar 10% dari penyakit tumor padat pada anak.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala neuroblastoma?

Gejalanya dapat bervariasi tergantung lokasi tumor. Sekitar 2/3 gejala diawali di perut atau kelenjar adrenal. Penyakit ini dapat menyebabkan lemas, lemah, penurunan berat badan, dan berkurangnya jumlah sel darah merah (anemia). Anak – anak dapat menderita tumor ini di perut, leher, atau dada. Adanya tekanan pada saraf tulang belakang dapat menyebabkan nyeri punggung. Tumor pada dada dapat menyebabkan gangguan pernapasan atau gangguan menelan, infeksi dan batuk kronis.

Gejala jika penyakit ini sudah menyebar (metastasis) yaitu lemas, nyeri (biasanya nyeri tulang), memar, tidak napsu makan, dan penurunan berat badan. Anda juga dapat demam. Neuroblastoma dapat menyebabkan pergerakan tersentak-sentak sekilas dan gerak mata yang tidak terkontrol.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Jika Anda dalam terapi neuroblastoma, Anda harus menghubungi dokter Anda jika:

  • gejalanya memburuk atau tidak membaik setelah terapi
  • muncul gejala baru

Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab neuroblastoma?

Neuroblastoma berasal dari neuroblastoma – sel saraf imatur – bagian dari proses perkembangan janin. Saat hamil cukup bulan, neuroblastoma akan berubah menjadi sel saraf dan serat serta sel yang menutupi kelenjar adrenal.

Kebanyakan kasus neuroblastoma pada dewasa, sudah terdapat sel imatur tersebut saat lahir walaupun dalam jumlah kecil. Pada kebanyakan kasus, sel ini akhirnya akan osteoblast mature atau menghilang. Sisanya, akan menderita tumor yang dikenal dengan neuroblastoma. Tumor terus membelah tidak terkontrol dan dapat menjadi kanker. Saat ini, para ahli mengatakan adanya kelainan pada gen adalah penyebab penyakit ini.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk neuroblastoma?

Anak dengan riwayat keluarga neuroblastoma berisiko lebih tinggi. Meski begitu, faktor genetik berperan kecil dalam menyebabkan penyakit ini. Penyebab pasti neuroblastoma masih dipelajari lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk neuroblastoma?

Terapi neuroblastoma tergantung pada usia saat didiagnosis, stadium penyakit, lokasi tumor, metastasis, dan tingkat aktivitas tumor. Anak Anda dapat menerima obat (kemoterapi) untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi dapat dilakukan untuk mengisutkan tumor dan mengurangi nyeri. Dokter Anda dapat melakukan operasi pengangkatan tumor jika tumor belum menyebar dan mengurangi gejala saat obat-obatan tidak dapat digunakan untuk terapi (surgical mitigation).

Anak membutuhkan asupan nutrisi dan dukungan emosi dari keluarga. Terdapat terapi baru yaitu imunoterapi. Dokter menggunakan substansi yang disebut antibodi monoklonal dan vaksin untuk membuat imunitas pada penyakit ini semakin meningkat. Reaksi ini membantu tubuh melawan penyakit. Pada umumnya, peningkatan kelangsungan hidup bisa sebanyak 40%. Bayi di bawah 1 tahun meningkat hingga 90%.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk neuroblastoma?

Dokter Anda akan mendiagnosis berdasarkan riwayat medis dan pemeriksaan fisik. Anda akan diminta untuk melakukan beberapa pemeriksaan, computed tomography (CT), magnetic resonance imaging (MRI), scan tulang dan biopsi sumsum tulang belakang untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi neuroblastoma?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi neuroblastoma:

  • diet sehat dan sesuai
  • dengarkan anjuran dokter, tidak sembarang meminum obat dan tidak mangkir mengonsumsi obat yang diresepkan.
  • lakukan kontrol sesuai jadwal. Anak–anak lebih berisiko menderita kanker, termasuk kanker ginjal

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016