Definisi

Apa itu kanker mata?

Kanker yang terjadi pada jaringan mata disebut dengan kanker mata. Kanker pada umumnya dapat berpindah ke bagian tubuh lainnya, seperti paru-paru atau payudara. Ketika sel kanker melakukan ini, itu disebut metastasis.

Kanker selalu dinamai dari tempat ia pertama kali muncul. Contoh, ketika kanker mata menyebar ke hati (atau tempat lain), itu masih disebut kanker mata.

Ada berbagai jenis kanker yang sering menyebabkan kanker mata:

  • Melanoma,
  • Karsinoma sel gepeng (squamous cell carcinoma)
  • Limfoma
  • Retinoblastoma, kanker yang umumnya terjadi saat masa kanak-kanak.

Jenis kanker mata yang paling umum adalah melanoma intraokular primer. Primer artinya kanker memang awal mulanya muncul di bagian mata, bukannya menyebar dari tempat lain.

Sedangkan intraokular berarti kanker dimulai di dalam bola mata, bukan di otot, saraf, atau kulit di sekitar mata. Lalu, arti melanoma berarti kanker dimulai pada sejenis sel yang disebut melanosit.

Melanoma intraokular primer biasanya dimulai di lapisan tengah mata, yang disebut uvea dan akhirnya disebut melanoma uveal. Melanoma juga dapat mulai di tempat lain di mata, seperti konjungtiva, yang merupakan penutup tipis yang jelas di atas bagian putih mata. Ini disebut melanoma konjungtiva.

Seberapa umum kanker mata?

Kanker mata jarang terjadi, serta mempengaruhi pria dan wanita dengan jumlah yang sama. Namun, beberapa jenis kanker seperti melanoma dan karsinoma sel gepeng lebih umum terjadi pada pria. Kanker mata dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kanker mata?

Gejala-gejala umum dari kanker mata adalah:

  • Kehilangan sebagian atau seluruh penglihatan
  • Penglihatan kabur
  • Melihat kilatan cahaya, bercak, garis bengkok, atau bayangan
  • Mata atau kelopak mata membengkak.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab kanker mata?

Penyebab pasti dari kanker mata masih belum diketahui. Para ilmuwan masih mempelajari perubahan DNA pada sel-sel mata yang dapat membuat sel menyebabkan kanker. Namun, terbukti bahwa kanker mata dapat terkait dengan karakteristik bawaan atau kondisi kesehatan, seperti:

  • Warna mata yang lebih terang, seperti hijau, biru atau abu. Paslanya, mata yang lebih terang memiliki lebih sedikit pigmen untuk melindungi dari sinar UV berbahaya
  • Orang kulit putih lebih sensitif terhadap cahaya matahari dan dapat menyebabkan jenis kanker lainnya yang dapat menyebar ke mata.
  • Tahi lalat yang bersifat kanker
  • Paparan sinar matahari
  • Kondisi turunan seperti perubahan DNA dapat menyebabkan kanker mata.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kanker mata?

Ada banyak faktor risiko untuk kanker mata, yaitu:

  • Usia: kanker mata dapat terjadi pada siapa saja, namun risiko akan menjadi lebih besar seiring bertambahnya usia. Rata-rata usia orang dengan kanker mata adalah 55 tahun. Kanker mata jarang terjadi pada anak-anak.
  • Jenis kelamin: jumlah pria dengan kanker mata sedikit lebih banyak dibanding dengan wanita.
  • Ras: orang berkulit putih lebih mudah terkena kanker mata dibanding dengan orang berkulit hitam atau orang Asia.
  • Faktor turunan: walau jarang terjadi, melanoma dapat diturunkan pada keluarga.
  • Kondisi kesehatan lainnya: orang dengan kondisi tertentu pada mata seperti melanositosis okulodermal (pigmentasi mata), Nevi (bercak atau tahi lalat pada mata) atau Dysplastic nevus syndrome berisiko lebih besar terhadap kanker mata.
  • Kondisi tertentu: orang dengan banyak tahi lalat yang abnormal pada kulit atau bercak pada mata berisiko terhadap melanoma pada mata.

Faktor lainnya, seperti paparan sinar matahari atau zat kimia dapat membuat risiko lebih tinggi terhadap melanoma.

Diagnosis

Bagaimana kanker mata didiagnosis?

Ada berbagai metode yang dapat digunakan dokter untuk mendiagnosis gejala:

  • Pertama-tama, dokter akan memeriksa kondisi medis, gejala dan sejarah keluarga.
  • Pemeriksaan mata juga akan dilakukan dokter dengan menggunakan cahaya dari alat oftalmoskop untuk memeriksa melanoma.
  • Ultrasound (USG) adalah prosedur yang dilakukan dengan menggunakan gelombang suara untuk mengambil gambar mata.
  • Fluorescein angiography, dokter akan menggunakan kamera khusus untuk mengambil gambar pada bagian dalam pembuluh darah di mata untuk melihat adanya tumor.
  • Biopsi, tes ini akan mengambil sel pada tumor dengan jarum untuk diuji di mikroskop.
  • Tes lainnya yang bisa dilakukan adalah memeriksa bagaimana hati dan ginjal Anda bekerja, Anda akan diminta untuk melakukan tes darah.
  • Ultrasound scan pada hati untuk memeriksa penyebaran kanker.

Setelah didiagnosis, dokter baru bisa menentukan stadium.  Sistem penentuan stadium adalah cara standar untuk tim dokter menggambarkan seberapa jauh kanker telah menyebar.

Menurut American Cancer Society, sistem ini ditentukan sejak  Januari 2018 oleh American Joint Committee on Cancer (AJCC). Para dokter menggunakan sistem TNM Collaborative Ocular Melanoma Study (COMS). Sistem TNM didasarkan pada 3 informasi utama:

  • Ukuran dan luas tumor utama (T)

Ini ditentukan dari seberapa besar tumor mata dan apakah sudah mulai tersebar dekat ke bagian penting lainnya dari mata

  • Penyebaran ke kelenjar getah bening di dekatnya (N)

Ini ditentukan dari apakah kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening yang ada di sekitar telinga atau leher. Lalu, apakah kanker menyebar ke bagian yang lain atau tidak di dalam organ mata.

  • Penyebaran (metastasis) ke tempat yang jauh (L)

Ini ditentukan dari apakah kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain yang letaknya jauh, contohnya seperti organ hati.

Angka atau huruf muncul setelah T, N, dan M untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang masing-masing faktor ini. Angka atau huruf yang lebih tinggi berarti kankernya lebih parah.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana mengobati kanker mata?

Pengobatan kanker mata akan dilakukan tergantung pada jenis dan stadium kanker. Jika diduga ada melanoma yang sangat kecil, mungkin tidak perlu dilakukan pengobatan, hanya butuh pencegahan agar kondisi tidak semakin buruk.

Berikut adalah beberapa hal yang dipertimbangkan dokter sebelum mengobati mata Anda:

  • Sudah sampai stadium berapa kanker terjadi
  • Di bagian mata mana kanker Anda menyerang
  • Jenis pengobatan apa yang kemungkinan besar bisa menyembuhkan kanker pada mata
  • Di lihat dari kondisi umur dan kesehatan Anda secara keseluruhan’

1. Terapi radiasi

Terapi radiasi adalah pengobatan kanker mata yang umum. Terapi ini menggunakan sinar berenergi tinggi (seperti x-ray) untuk membunuh sel kanker. Ada berbagai cara untuk memberikan perawatan radiasi.

Radiasi sering diberikan dengan meletakkan benih radiasi kecil pada bola mata dekat tumor. Ini disebut terapi brachytherapy atau plak. Radiasi juga bisa dilakukan dengan menggunakan mesin dan diarahkan pada mata. Ini disebut radiasi sinar eksternal.

Efek samping dari perawatan radiasi

Jika dokter Anda menyarankan perawatan radiasi, Anda berhak menanyakan tentang apa efek samping yang mungkin terjadi. Efek samping radiasi yang paling umum adalah kerusakan mata. Kerusakan dapat mengubah cara Anda melihat melalui mata.

Sebagian besar efek samping menjadi lebih baik setelah perawatan berakhir. Beberapa mungkin ada juga yang bertahan lebih lama. Bicaralah dengan dokter mata Anda tentang apa yang harus Anda lakukan untuk meminimalisir efek samping.

2. Terapi perawatan laser

Laser adalah pengobatan kanker mata lainnya. Prosedur pengobatan ini digunakan untuk memanaskan dan membunuh sel kanker. Perawatan ini dapat digunakan untuk mengobati beberapa kasus melanoma mata. Kadang-kadang perawatan laser digunakan bersama dengan terapi radiasi untuk mengobati melanoma mata.

Efek samping dari perawatan laser

Sama halnya dengan terapi radiasi, perawatan laser dapat merusak mata dan mengubah kemampuan mata Anda untuk melihat. Bicaralah dengan tim dokter mata yang menangani kanker pada mata Anda tentang efek samping dan risiko pengobatan.

3. Operasi

Selain terapi, dokter juga mungkin akan menyarankan operasi. Operasi dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis melanoma mata. Ada banyak jenis operasi. Jenis yang digunakan tergantung pada di mana kanker itu dan seberapa besar itu.

Beberapa jenis operasi dapat mengubah kemampuan penglihatan Anda. Beberapa operasi kanker juga kemungkinan ada yang sampai mengeluarkan bola mata dan jaringan di dekatnya.

Tanyakan kepada dokter Anda jenis operasi apa yang akan Anda butuhkan. Setiap jenis operasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Cari tahu apakah akan ada risiko perubahan dalam cara Anda melihat atau bagaimana mata terlihat.

Efek samping dari operasi

Semua jenis operasi dapat memiliki risiko dan efek samping. Pastikan untuk bertanya kepada dokter tentang seberapa tinggi keberhasilan dan seberapa parah risikonya.

Jika Anda memiliki masalah dan keraguan untuk melakukan operasi, beri tahu dokter Anda. Dokter yang menangani kanker mata seharusnya dapat membantu Anda mencarikan solusi terhadap kondisi Anda.

4. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan kanker di bagian mata yang menggunakan obat-obatan. Obat-obatan sering diberikan melalui jarum ke vena atau obat pil yang diminum melalui mulut. Obat-obatan ini nantinya akan masuk ke dalam darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Obat kemoterapi juga bisa diletakkan tepat pada mata. Kemoterapi sering diberikan dalam beberapa waktu sesuai rencana pengobatan. Setiap sekali kemoterapi, pasien setelahnya akan dianjurkan istirahat. Pengobatan pakai kemoterapi pun bisa dilakukan sampai berbulan-bulan.

Efek samping dari kemoterapi

Kemo dapat membuat Anda merasa sangat lelah, sakit perut, dan menyebabkan rambut Anda rontok. Tetapi masalah ini cenderung hilang setelah perawatan berakhir.

Ada beberapa cara untuk mengobati sebagian besar efek samping kemo. Jika Anda memiliki efek samping, bicarakan dengan tim perawatan kanker Anda sehingga mereka dapat membantu.

5. Terapi obat dan imun

Selanjutnya ada terapi obat yang tujuannya untuk membuat perubahan pada sel kanker. Terapi obat dan terapi kekebalan membantu sistem kekebalan tubuh melawan kanker. Obat-obatan ini fungsi utamanya memengaruhi sel kanker dan bukan sel normal dalam tubuh.

Efek samping dari obat terapi yang ditargetkan dan imun

Efek samping tergantung pada obat yang digunakan. Obat-obatan ini dapat menyebabkan diare, demam, ruam, dan sakit kepala. Sebagian besar efek samping hilang setelah perawatan berakhir.

Ada cara untuk mengobati sebagian besar efek samping yang disebabkan oleh obat terapi yang ditargetkan dan imun. Jika Anda memiliki efek samping, bicarakan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan-perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker mata:

Ada beberapa gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kanker mata.

Pertama, perlu diketahui dulu bahwa ada hubungan antara radiasi sinar matahari dan melanoma di kulit. Ada beberapa hal pencegahan yang dapat Anda lakukan yang dapat mengurangi risiko kanker ini, termasuk membatasi paparan sinar matahari yang intens, menutupi dengan topi dan pakaian pelindung, dan menggunakan tabir surya.

The American Cancer Society juga merekomendasikan untuk menggunakan kacamata hitam yang dilindungi lapisan anti-UV ketika berada di luar di bawah sinar matahari yang kuat.

Menggunakan kacamata hitam dengan kadar 99% hingga 100% UVA dan penyerapan UVB  dapat memberikan perlindungan terbaik untuk mata dan kulit di sekitarnya. Ini mungkin membantu mengurangi risiko mengembangkan kanker pada mata.

Hubungan antara sinar matahari dan melanoma mata tidak terbukti. Akan tetapi beberapa dokter berpikir bahwa kacamata hitam juga dapat mengurangi risiko melanoma mata. Selain itu, lakukan hal berikut untuk pengobatan di rumah:

  • Pahami diagnosis dan perawatan terhadap kondisi Anda
  • Bergabung dengan kelompok dukungan untuk berbagi dan mendukung satu sama lain dalam melewati kesulitan secara fisik dan emosional
  • Jaga kesehatan dengan makan dengan baik, berolahraga, hindari alkohol dan tembakau.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: April 10, 2019 | Terakhir Diedit: April 10, 2019

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan