backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Jenis Ras Kucing Hitam yang Cocok Jadi Peliharaan

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

10 Jenis Ras Kucing Hitam yang Cocok Jadi Peliharaan

Sebagian masyarakat percaya keberadaan kucing hitam berhubungan dengan kedatangan nasib buruk. Padahal, kucing hitam umumnya memiliki sifat penyayang. Tertarik memelihara kucing hitam? Ketahui beberapa jenis ras kucing hitam beserta karakteristiknya.

Beberapa jenis ras kucing hitam

Kucing hitam mungkin terlihat menakutkan, tapi satu fakta kucing hitam yang tidak banyak diketahui adalah kucing ini ramah dan senang bermain dengan pemiliknya. 

Beberapa jenis ras kucing ini juga dikenal mudah bersosialisasi, termasuk dengan anak-anak.

Berikut beberapa jenis ras kucing hitam yang bisa jadi kucing peliharaan Anda.

1. Kucing Bombay

Salah satu jenis ras kucing yang memiliki ciri mencolok berupa warna bulunya yang hitam adalah kucing Bombay

Jenis kucing ini juga umumnya memiliki mata berwarna emas atau kekuningan dengan tubuh yang kekar serta proporsional.  

Selain itu, kucing Bombay juga dikenal memiliki sifat yang ramah dan penyayang serta aktif.

2. American Shorthair

kucing hitam

Jenis kucing hitam selanjutnya yang bisa jadi pilihan hewan peliharaan untuk Anda adalah American Shorthair. 

Kucing bulu pendek ini memiliki bentuk wajah yang bulat dengan warna bulu yang beragam, seperti putih, oranye, serta hitam. 

Cara memelihara kucing ini juga cukup mudah karena bulunya yang pendek dan tidak mudah rontok. 

Selain itu, mereka umumnya memiliki kepribadian yang ramah terhadap siapa saja, termasuk pada manusia maupun hewan peliharaan lainnya. 

3. Persia

Kucing Persia merupakan jenis kucing yang cukup banyak dipelihara. Kucing ini memiliki warna bulu yang beragam, mulai dari cokelat, putih, hingga hitam. 

Kucing Persia berbulu hitam biasanya memiliki sifat tenang dan lebih senang bersantai di rumah. Kucing ini juga umumnya memiliki kepribadian yang lembut. 

Kucing ini memiliki bulu yang tebal sehingga Anda perlu rutin menyisirnya agar bulu tidak mudah kusut. 

4. Maine Coon

kucing maine coon hitam

Kucing Maine Coon merupakan jenis ras kucing yang memiliki beragam warna bulu, termasuk warna hitam. 

Kucing ini dikenal sebagai salah satu kucing ras berbulu panjang yang memiliki ukuran tubuh besar dengan dan berotot. 

Meski memiliki tubuh yang besar, kucing ini terkenal memiliki sifat yang penyayang dan lembut. Mereka juga senang menghabiskan waktu bersama dengan pemiliknya. 

5. Japanese Bobtail

kucing japanese bobtail hitam

Kucing Japanese Bobtail merupakan salah satu jenis kucing peliharaan dengan bulu warna hitam yang bisa Anda pelihara. 

Mengutip Daily Paws, selain warna hitam, peranakan kucing ini memiliki warna bulu lainnya seperti abu-abu, putih, atau cokelat. 

Selain itu, kucing ini umumnya memiliki telinga yang panjang menyerupai kelinci serta ekor yang pendek. Mereka juga dikenal cerdas serta senang bermain.

6. Scottish Fold

kucing scottish fold hitam

Jenis kucing hitam lainnya adalah Scottish Fold. Ras kucing ini terkenal karena bentuk telinganya yang tampak terlipat. 

Selain itu, jenis kucing ini umumnya memiliki bulu yang pendek dan tebal, tapi ada juga yang berbulu panjang. 

Kucing Scottish Fold cocok dijadikan hewan peliharaan karena kucing ini memiliki sifat yang tenang serta senang bermain dengan pemiliknya. 

7. Sphynx

kucing sphynx hitam

Kucing Sphynx adalah jenis kucing tanpa bulu yang cukup banyak dipelihara. Umumnya, kulit kucing ini berwarna merah muda, tetapi ada juga yang memiliki kulit berwarna hitam.  

Sphynx merupakan ras kucing yang sangat aktif dan senang bermain. Mereka juga cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. 

Cara merawat kucing Sphynx sedikit berbeda dari ras kucing berbulu lainnya.

Anda perlu memberi perlindungan pada kulitnya terutama saat berpergian ke luar ruangan karena kulitnya sensitif terhadap matahari. 

Fakta kucing Sphynx


Meski terlihat tidak memiliki bulu, kucing Sphynx sebenarnya memiliki bulu halus hampir di semua bagian tubuhnya, termasuk di ekor hingga bagian belakang telinganya.

8. Norwegian Forest 

Kucing Norwegian Forest merupakan salah satu jenis kucing berbulu panjang dan terdiri dari berbagai warna bulu mulai dari abu-abu, putih, cokelat, serta hitam. 

Selain itu, kucing ini memiliki tubuh yang besar dan berotot serta memiliki tenaga yang kuat untuk berburu maupun memanjat. 

Meski begitu, kucing ini memiliki sifat yang penyayang dan ramah kepada siapa saja, termasuk dengan anak kecil. Oleh sebab itu, jenis kucing ini cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. 

9. Devon Rex

kucing devon rex hitam

Devon Rex merupakan salah satu jenis kucing ras hitam bulu pendek yang cukup langka. Kucing ini memiliki telinga dan mata yang besar serta bulu yang halus.

Selain warna hitam, kucing ini memiliki warna bulu lainnya seperti cokelat, putih, serta abu-abu atau krem dengan pola corak bulu yang juga beragam.

Kucing ini memiliki kepribadian yang aktif dan senang melompat. Selain itu, mereka juga ramah dan senang bermain dengan anak-anak atau mengikuti pemiliknya dari satu ruangan ke ruangan lainnya. 

10. Oriental Shorthair

Kucing Oriental Shorthair memiliki berbagai jenis warna bulu, termasuk warna hitam. Kucing ini memiliki bulu yang halus dan terlihat mengkilap..

Kucing ini juga mempunyai tubuh yang tegap dan berotot, dua pasang telinga yang besar, kepala kecil, serta mata bulat yang besar. 

Jenis kucing ini sangat aktif dan suka bersosialisasi dengan pemiliknya maupun hewan peliharaan yang lain. Kucing ini juga dikenal pintar serta dapat melompat tinggi.

Itu tadi ras kucing berwarna hitam yang populer dipelihara. Setiap ras memiliki karakteristik tersendiri, termasuk bentuk bulunya serta kepribadiannya. 

Apa pun jenis kucing yang Anda pilih, pastikan untuk merawatnya dengan penuh kasih sayang. Berikan makanan kucing yang bergizi dan perhatikan kebersihan kandangnya, agar kucing tetap sehat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan