Definisi

Apa itu human papillomavirus (HPV)?

Human papillomavirus atau HPV adalah virus yang menyebar melalui seks tanpa pengaman. Ada berbagai jenis HPV, beberapa di antaranya menyebabkan kutil dan kanker, seperti kanker serviks.

Seberapa umumkah human papillomavirus (HPV)?

Baik pria maupun wanita mungkin terpengaruh HPV. Kutil biasanya muncul pada remaja dan orang dewasa muda yang aktif berhubungan seks. HPV paling sering terjadi pada pria berumur 20-24 tahun dan wanita berumur 16-19 tahun.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala human papillomavirus (HPV)?

HPV sering sembuh tanpa pengobatan. Namun, terdapat keadaan di mana jenis lain HPV tetap ada dan menyebabkan kutil atau kanker alat kelamin.

Kutil pada alat kelamin mungkin berawal dari semacam luka kecil, yang kemudian terbuka dan berdarah, menjadi kutil, akhirnya mengering dan sembuh setelah beberapa hari. Luka dan kutil seringkali disertai dengan flu sehingga gejala ini mungkin tampak seperti demam dan kelenjar limfa yang membengkak. Anda mungkin sulit membedakan kutil dengan jerawat dan ingrown hair.

Kebanyakan kasus kanker karena HPV adalah kanker serviks, atau kanker tenggorokan dan lidah. Tanda-tanda kanker serviks mungkin termasuk pendarahan atau keluarnya cairan dari dalam vagina, pendarahan di antara periode setelah hubungan seks atau saat menopause. Selain itu, terdapat gejala lain seperti sakit pada perut bagian bawah atau area pelvis dan pada saat berhubungan intim.

Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum di atas. Jika ingin bertanya tentang tanda ini, konsultasikanlah kepada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Kunjungi dokter segera bila Anda mencurigai Anda atau partner Anda terinfeksi HPV. Sekalipun belum ada gejala yang berkembang, Anda dapat mencari nasihat tentang pemeriksaan diri sendiri dan apa yang harus dilakukan bila terinfeksi. Pelajari lebih banyak tentang diagnosis infeksi HPV. Hindari berhubungan intim sampai Anda tidak lagi terinfeksi HPV untuk mencegah menularnya penyakit ke orang lain.

 

Penyebab

Apa penyebab human papillomavirus?

Virus bernama human papillovirus (HPV) menyebabkan kutil. Tipe 6, 11, 16, dan 18 menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks.

HPV menular secara seksual. Virus masih bisa menyebar walaupun orang yang membawa virus tidak memiliki gejala atau tidak merasa sakit. Kutil dan kanker serviks dapat terbentuk dalam beberapa tahun setelah paparan HPV.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk human papillomavirus (HPV)?

Saat ini tidak ada informasi memadai untuk mengidentifikasi faktor yang meningkatkan risiko HPV. Virus dapat menular pada semua orang pada semua jenis kelamin dan umur.

 

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk human papillomavirus (HPV)?

Karena virus yang menyebabkan penyakit biasanya muncul setelah waktu yang sangat lama, pengobatan akan tergantung jenis penyakit:

  • kutil kelamin: cara paling sederhana untuk menyembuhkan kutil adalah sabun berbusa lembut/krim. Untuk mengobati jerawat batu, Anda juga bisa menggunakan salep dingin atau panas untuk menghilangkan jerawat. Penyakit mungkin berlangsung selama beberapa bulan pengobatan.
  • kanker: dokter akan menyediakan perawatan tergantung tahap tumor serta status dan kesehatan pasien. Untuk kanker, Anda perlu dites secara teratur untuk mencegah risiko penyakit sebelum tumor terbentuk.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk human papillomavirus (HPV)?

Saat ini belum ada tes untuk memeriksa virus HPV dalam tubuh manusia. Kebanyakan pasien HPV tahu bahwa mereka terinfeksi jika muncul kutil atau tumor kanker yang ditemukan dalam tes.

Kutil kelamin: dokter akan mendiagnosis kutil dengan melihat kulit. Bila HPV tidak dapat terdeteksi, dokter akan mengambil sampel kutil (biopsi) untuk diperiksa di bawah mikroskop.

Kanker: tes pap (sitologi serviks) akan membantu mendeteksi tanda sebelum kanker sekaligus perubahan pada sel serviks yang mungkin bakal menjadi kanker serviks. Anda harus mulai menjalani tes pap pada umur 21 tahun.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi human papillomavirus (HPV)?

Mendapatkan vaksinasi adalah cara terbaik untuk melawan virus HPV, khususnya vaksin Cervarix dan Gardasil pada wanita dan vaksin Gardasil pada pria. Jika hendak berhubungan seks, gunakan kondom. Namun, area yang tidak terlindungi oleh kondom masih berisiko terinfeksi HPV. Menggunakan kondom tidak sepenuhnya menghilangkan tapi akan mengurangi secara drastis risiko infeksi virus. Di samping itu, tidak melakukan seks bebas akan mengurangi risiko penyakit.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016