Definisi

Apa itu hiperemesis gravidarum?

Hiperemesis gravidarum (HG) adalah kondisi morning sickness yang ekstrem di masa kehamilan, menyebabkan mual dan muntah yang parah. Kondisi ini menyebabkan dehidrasi, gangguan metabolisme (tingkat zat kimia yang disebut elektrolit dan keton yang tidak normal), dan penurunan berat badan yang cepat. Orang yang mengalami kondisi ini harus dirawat di rumah sakit. Komplikasi hiperemesis gravidarum dapat menjadi serius dan terkait dengan ginjal, sistem saraf, dan kerusakan hati.

Seberapa umumkah hiperemesis gravidarum?

Hiperemesis gravidarum jarang terjadi, oleh karena itu meskipun 70% sampai 85% dari ibu hamil mengalami morning sickness, hanya sekitar 1% sampai 2% yang akan mengalami hiperemesis gravidarum. Hiperemesis gravidarum juga mungkin berarti Anda memiliki kehamilan ganda (kembar atau lebih).

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala hiperemesis gravidarum?

Gejala biasanya dimulai antara minggu keempat dan delapan kehamilan, dan berlangsung hingga 16 minggu atau lebih. Sebagian besar perempuan sering mengalami muntah sepanjang hari. Gejala lain termasuk mual parah, penurunan berat badan, buang air kecil sedikit, sakit kepala, kebingungan, pingsan, dan penyakit kuning. Dehidrasi diindikasikan oleh adanya keton dalam urin, peningkatan denyut nadi, dan tekanan darah rendah.

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter Anda segera ketika memiliki tanda-tanda kehamilan untuk mendapatkan petunjuk lebih spesifik dan pemantauan. Namun, jika Anda mengalami muntah lebih sering dan berlebihan atau pingsan, maka Anda perlu dirawat di rumah sakit. Tubuh masing-­masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab hiperemesis gravidarum?

Kebanyakan wanita mengalami mual atau muntah (morning sickness), terutama selama 3 bulan pertama kehamilan. Penyebab mual dan muntah selama kehamilan diyakini karena tingkat hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG) dalam darah meningkat pesat. HCG dilepaskan oleh plasenta.

Beberapa wanita mengalami mual dan muntah ekstrem selama kehamilan. Hal ini dapat terjadi pada semua kehamilan, tapi kemungkinannya lebih besar jika Anda sedang hamil bayi  kembar atau jika Anda hamil anggur.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk hiperemesis gravidarum?

Risiko hiperemesis gravidarum dapat meningkat jika Anda hamil di usia yang sangat muda, kelebihan berat badan (obesitas), kehamilan pertama, dan riwayat hiperemesis gravidarum pada kehamilan sebelumnya. Faktor biologis, psikologis, dan sosial juga mungkin memainkan peran.

Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak bisa mengalami kondisi ini. Faktor-faktor ini hanya untuk referensi saja. Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk hiperemesis gravidarum?

Jika gejala Anda tidak terlalu buruk, makan makanan kering seperti biskuit dan sering makan dalam porsi kecil mungkin cukup. Minum lebih banyak cairan dapat membantu. Jika Anda minum minuman bersoda, tuangkan ke dalam gelas berisi es batu dan biarkan gasnya menguap. Wanita dengan hiperemesis gravidarum mungkin perlu cairan intravena dan vitamin serta rawat inap. Obat-obatan untuk mencegah mual (antiemetik) bisa digunakan untuk wanita dengan muntah yang parah dan berlangsung lama. Jika metode ini tidak bekerja, obat atau metode pemberian makan yang disebut nutrisi parenteral total dapat dilakukan.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk hiperemesis gravidarum?

Dokter membuat diagnosis ketika mual dan muntah menyebabkan penurunan berat badan, dehidrasi, atau gangguan dalam kimia tubuh. Untuk memastikan bahwa tidak ada lagi yang menyebabkan gejala-gejala tersebut, dokter mungkin melakukan tes darah dan urin. Ultrasonografi juga dapat dilakukan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi hiperemesis gravidarum?

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi hiperemesis gravidarum:

  • Mendapatkan perawatan dari dokter berpengalaman dengan hiperemesis gravidarum
  • Jangan makan makanan porsi besar, makanan pedas, atau makanan tinggi lemak
  • Jangan langsung tidur/berbaring jika Anda baru saja makan
  • Makan dalam porsi kecil dan lebih sering.
  • Makan makanan ringan tinggi protein
  • Makan cracker, roti kering, atau sereal kering ketika Anda pertama kali bangun di pagi hari

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan