Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa Bahayanya Pada Janin Jika Ibu Hamil Tidak Menjaga Pola Makan?

Apa Bahayanya Pada Janin Jika Ibu Hamil Tidak Menjaga Pola Makan?

Katanya ketika hamil, wanita akan berbagi makanan dengan janinnya. Jadi setiap apa yang ibu makan, maka sang jain juga akan memakannya pula. Makanya, muncul anjuran kalau pola makan saat hamil harus dijaga, tidak boleh makan makanan yang tidak sehat. Meski sudah sering mendengar anjuran itu, tapi tak sedikit ibu yang masih menerapkan pola makan yang kurang baik ketika hamil. Padahal, risiko yang ditimbulkan akibat hal tersebut tidak main-main lho, dapat memengaruhi perkembangan janin. Lalu, apa saja risiko jika menerapkan pola hidup saat hamil yang tidak sehat?

Pola makan saat hamil yang tidak baik bisa mengganggu tumbuh kembang janin

Telah banyak penelitian yang menyatakan kalau makanan saat hamil akan memengaruhi kesehatan janin. Jadi, ketika hamil Anda memang dituntut untuk lebih disiplin dalam memilih makanan yang sehat, mengatur jadwal makan, dan tentu menerapkan pola hidup yang sehat.

Bahkan, dalam sebuah penelitian yang melakukan percobaan pada hewan, memprediksi bahwa pola makan yang buruk saat hamil bisa menimbulkan dampak buruk bagi tiga generasi selanjutnya. Lalu, risiko apa saja yang bisa terjadi pada janin ketika sang ibu menerapkan pola makan yang tak sehat saat hamil?

1. Bayi lahir cacat

Bukan tak mungkin bayi Anda akan lahir dengan kekurangan risiko tertentu. Kondisi ini, disebabkan karena asupan gizi yang seharusnya didapatkan bayi saat di dalam kandungan tidak ia dapatkan. Contohnya, asam folat, zink, zat besi, atau vitamin dan mineral lainnya.

Bila Anda terlalu sering makan junk food dan tidak cukup makan buah dan sayur, maka risiko ini bisa saja terjadi pada Anda. Maka dari itu, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti, alpukat, kacang-kacangan, dan sayur berdaun hijau tua, yaitu brokoli atau bayam.

2. Bayi kekurangan kalsium

Sudah memastikan kalau makanan saat hamil yang Anda konsumsi, telah mengandung kalsium yang cukup? Ya, Anda harus mengonsumsi makanan yang berkalsium tinggi juga ketika hamil. Namun, saat pola makan saat hamil Anda tidak terjaga dan tidak sehat, maka kalsium yang seharusnya janin Anda dapatkan tidak tersedia.

Kalsium diperlukan sang calon bayi untuk membentuk serta pertumbuhan tulangnya. Jika janin kekurangan kalsium, maka bisa saja ketika ia lahir, ia akan mengalami kondisi kesehatan tertentu. Untuk itu, Anda bisa mengandalkan makanan yang mengandung banyak kalsium seperti susu, yogurt, keju, atau bahkan dalam berbagai buah dan sayuran.

3. Berat badan lahir rendah

Berat badan lahir rendah pada bayi adalah tanda yang kurang baik. Hal ini artinya, si kecil kekurangan zat gizi selama di dalam kandungan. Biasanya kondisi ini disebabkan akibat ibu yang tidak mengonsumsi makanan sehat selama kehamilan.

Padahal, berat badan lahir rendah pada bayi akan menyebabkannya mengalami gangguan pertumbuhan hingga ia dewasa. Untuk itu, Anda harus menjaga pola makan saat hamil. jika kesulitan, Anda dapat berkonsultasi pada ahli gizi untuk mengetahui kebutuhan asupan yang tepat selama kehamilan.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

nhs.uk. (2007). Does junk food during pregnancy give children a sweet tooth?. [online] Available at: https://www.nhs.uk/news/food-and-diet/does-junk-food-during-pregnancy-give-children-a-sweet-tooth/  [Accessed 1 Oct. 2017].

Weight, N. and Well, E. (2017). Folic acid: Why you need it before and during pregnancy | BabyCenter. [online] BabyCenter. Available at: https://www.babycenter.com/0_folic-acid-why-you-need-it-before-and-during-pregnancy_476.bc?page=2  [Accessed 1 Oct. 2017].

Staff, A. (2017). Study shows that one bad habit during pregnancy can harm at least three generations. [online] AOL.com. Available at: https://www.aol.com/article/2016/06/21/study-shows-that-poor-eating-habits-during-pregnancy-can-harm-at/21399358/  [Accessed 1 Oct. 2017].

ScienceDaily. (2017). Poor Diet During Pregnancy May Have Long Term Impact On Child’s Health, Study Suggests. [online] Available at: https://www.sciencedaily.com/releases/2008/06/080630200951.htm  [Accessed 1 Oct. 2017].

Ipatenco, S. (2017). What Can Happen If You Don’t Eat Healthy During Pregnancy?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/393389-what-can-happen-if-you-dont-eat-healthy-during-pregnancy/  [Accessed 1 Oct. 2017].

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 03/10/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x