Kenali Penyebab Nyeri pada Siku

Oleh

Dalam seni bela diri, mungkin Anda sering mendengar orang mengatakan bahwa siku merupakan tulang yang paling keras dalam tubuh. Walaupun pernyataan tersebut kemungkinan benar, Anda masih bisa merasakan nyeri pada siku akibat trauma atau cedera.

Sendi siku terdiri dari tulang, kartilago (tulang rawan), ligamen dan cairan. Otot dan tendon membantu sendi siku bergerak bebas. Ketika salah satu struktur ini terluka atau cedera, Anda akan mengalami masalah siku. Banyak faktor yang menyebabkan nyeri pada siku, seperti:

  • Cedera saat olahraga merupakan penyebab umum nyeri siku.
  • Kecelakaan saat jatuh.
  • Olahraga yang bertumpu pada sendi.
  • Penyakit dan gangguan yang mempengaruhi bagian tubuh.

Siku Anda dapat mengalami retak atau dislokasi akibat jatuh tepat di siku atau lengan mendapat terlalu banyak tekanan. Dokter dapat meluruskan kembali sendi Anda yang terkilir, dan jangan mencoba melakukan hal ini sendiri tanpa pengawasan para ahli.

Saat siku mengalami retak atau dislokasi, segera lakukan pertolongan pertama. Jangan menggerakan siku dan pasang belat untuk mengurangi guncangan. Anda dapat menempelkan kantung es untuk mengurangi pembengkakan di daerah yang cedera.

Apa saja penyebab umum dari nyeri siku?

Untuk mendapatkan pengobatan terbaik, ketahuilah terlebih dahulu penyebab nyeri di siku Anda.

Tendinosis atau tendonitis

Tendinosis, atau dikenal dengan tendonitis kronis, merupakan cedera tendon yang menyebabkan rasa sakit yang ekstrim pada siku. Penyebab tendonitis adalah kebiasaan menggunakan pergelangan tangan dan siku terus-menerus, seperti melempar bisbol atau mengayunkan tongkat golf, atau bermain tenis.

Ada dua jenis tendonitis, yaitu epicondylitis medial atau “siku pemain golf” (jenis tendonitis yang memengaruhi bagian dalam siku) dan lateral epicondylitis atau “tennis elbow” (jenis tendonitis yang memengaruhi bagian luar siku).

Untuk sakit yang disebabkan oleh tendon, gejala akan berangsur hilang dengan istirahat, terapi fisik, atau obat-obatan anti-inflamasi.

Olecranon bursitis

Terkadang nyeri siku bisa datang dari bursa, kantung kecil berisi cairan yang membantu melindungi dan melumasi sendi. Bersandar atau mendapatkan benturan pada siku, infeksi, dan arthritis dapat menyebabkan kerusakan pada bursa Anda.

Kondisi ini mungkin dapat ditangani dengan pemberian obat dan bantalan siku. Dalam beberapa kasus yang berat, operasi mungkin perlu dilakukan.

Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan jenis dari arthritis. Osteoarthritis menyebabkan rasa sakit dan mengurangi gerak di tangan Anda. Kondisi ini dapat terjadi pada setiap sendi, tetapi biasanya menyerang tangan, lutut, pinggul atau tulang belakang.

Osteoarthritis memecah tulang rawan yang membantu mengurangi gerakan tiba-tiba. Ketika kondisi ini terjadi, tulang yang saling bergesekan dari waktu ke waktu akan merusak sendi secara permanen.

Perawatan yang dapat diberikan adalah anjuran olahraga, obat-obatan, dan operasi termasuk penggantian sendi untuk kasus yang lebih berat.

Dalam banyak kasus, Anda harus menjalani terapi fisik setelah pengobatan cedera siku parah. Terapi fisik akan membantu mengembalikan rentang gerak setelah operasi atau setelah bidai atau gips dicopot.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca