Apa Itu Cedera Hamstring?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu cedera hamstring?

Cedera hamstring adalah kondisi di mana otot tertarik atau sering disebut hamstring strains. Kondisi ini juga dapat digambarkan saat otot di paha bagian belakang meregang tertarik dan sobek. Terdapat 3 tahap keparahan berdasarkan jumlah serat otot yang terluka:

  • Tahap 1 berarti bahwa ada otot yang meregang dan sobekan yang sangat sedikit dan kecil.
  • Tahap 2 berarti ada sebagian otot yang sobek.
  • Tahap 3 parah dan berarti otot benar-benar sobek total dan mungkin memerlukan operasi.

Cedera hamstring adalah kondisi yang cukup umum dialami dalam aktivitas yang melibatkan berlari, melompat, dan menendang, serta juga dapat muncul karena meregang terlalu berlebihan (seperti pada yoga) dan aktivitas lainnya yang memerlukan permulaan dan perhentian yang cepat.

Seberapa umum kondisi ini terjadi?

Cedera hamstring sering terjadi. Umumnya dialami karena aktivitas yang berisiko tinggi terkena otot hamstring tertarik adalah sepak bola, baseball, basket, angkat beban, taekwondo, ice skating, menari, dan pertandingan atletik. Penyakit ini menyerang pria maupun wanita.

Anda bisa membatasi peluang terkena penyakit ini dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejalanya?

Gejala cedera hamstring adalah:

  • Nyeri kaki bagian belakang selama berolahraga
  • Kejang otot
  • Bengkak, memar, dan nyeri
  • Dengan cedera yang cukup serius, orang bisa merasa ototnya menyempit atau pecah dan kadang-kadang merasa seolah-olah kaki belakangnya dipukul keras.

Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum di atas. Jika ingin bertanya tentang tanda ini, konsultasikanlah kepada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda atau gejala di atas atau ingin bertanya, konsultasikanlah kepada dokter. Setiap tubuh bertindak berbeda satu sama lain. Selalu diskusikan dengna dokter untuk mendapatkan solusi terbaik bagi kondisi yang Anda alami.

Penyebab

Apa penyebab cedera hamstring?

Cedera hamstring disebabkan ketika otot berkontraksi atau terlalu meregang saat jogging, berpartisipasi dalam olahraga seperti sepakbola dan atletik. Ketika melakukan aktivitas ini, hamstring akan tertarik dan meregang secara berlebihan. Kondisi ini mungkin merobek otot dan mengakibatkan otot hamstring tertarik.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko otot hamstring tertarik?

Faktor yang mungkin meningkatkan risiko mengalami cedera hamstring adalah:

  • Usia, orang lanjut usia lebih sering mengalami otot hamstring tertarik
  • Pernah cedera sebelumnya
  • Saraf punggung bawah yang terjepit
  • Melakukan aktivitas olahraga yang berlebihan
  • Kelelahan dan kondisi kesehatan yang buruk

Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak bisa mengalami otot hamstring tertarik. Faktor ini hanya sebagai referensi. Anda perlu berkonsultasi kepada dokter untuk informasi lebih jauh.

Obat & Pengobatan

Apa saja pilihan pengobatan cedera hamstring?

Terlalu cepat kembali beraktivitas mungkin memperparah cedera dan mengakibatkan kerusakan permanen. Sangat penting untuk beristirahat dan menghindari aktivitas yang mungkin bisa menyebabkan cedera. Menggunakan kantong es untuk mengompres dan latihan peregangan dan penguatan otot khusus sering membantu.

Membungkus kaki dengan perban elastis untuk mengompres mungkin mencegah pembengkakan lebih jauh lagi. Ganjal dengan bantal di bawah paha untuk posisi yang lebih tinggi.

Jika nyeri tidak hilang, Anda boleh menggunakan obat antiradang nonsteroid (NSAID), ibuprofen dan acetaminophen. Waktu pemulihan tergantung setiap orang, seberapa parah cedera, dan juga olahraga yang mereka ikuti, serta mungkin memerlukan waktu 6-18 minggu. Setelah pulih, Anda harus melakukan latihan relaksasi dan penguatan otot dengan pelan.

Apa saja tes yang paling umum dilakukan untuk otot hamstring?

Dokter akan membuat diagnosis berdasarkan riwayat pengobatan dan pemeriksaan fisik. Studi gambaran, misalnya rontgen, mungkin akan membantu bagi atlet yang lebih muda, terutama untuk memastikan bahwa otot tidak terlepas dari sepotong kecil tulang yang menghubungkan satu sama lain.

Studi lainnya macam ultrasonografi dan MRI jarang diperlukan untuk cedera otot ringan, tapi mungkin berguna untuk cedera yang lebih parah atau jika diagnosis tidak jelas.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat membantu mengatasi kondisi ini?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin membantu mengatasi cedera hamstring:

  • Berhenti beraktivitas yang menyebabkan nyeri sampai dokter mengatakan bahwa Anda bisa memulainya kembali.
  • Pastikan bahwa Anda menggunakan teknik olahraga yang benar.
  • Latihan pemanasan, misalnya latihan aerobik ringan dengan benar.
  • Peregangan sebelum dan sesudah berolahraga atau latihan.
  • Perkuat otot paha, panggul, dan punggung bawah untuk keseimbangan otot yang baik.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah kepada dokter untuk mendapatkan solusi terbaik bagi Anda.

Sumber

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: September 20, 2018

Yang juga perlu Anda baca