Definisi

Apa itu abses payudara?

Abses payudara adalah peradangan (bengkak, merah) dan munculnya  nanah pada payudara yang disebabkan oleh bakteri. Pada kasus yang jarang, abses payudara dapat menjadi tanda dari kanker payudara.

Seberapa umumkah abses payudara?

Abses payudara adalah kondisi yang bisa terjadi sekitar 10 sampai 30% kasus. Biasanya, abses payudara terjadi pada wanita setelah hamil dan menyusui. Abses payudara dapat juga terjadi pada wanita dengan berat badan berlebih, memiliki payudara besar, atau wanita yang tidak menjaga kebersihan diri.

 

Seberapa umumkah abses payudara?

Sekitar 10 – 30% kasus abses payudara terjadi pada wanita setelah hamil dan menyusui. Abses payudara dapat juga terjadi pada wanita dengan berat badan berlebih, memiliki payudara besar, atau wanita yang tidak menjaga kebersihan diri.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala abses payudara?

Tanda abses payudara tergantung dari lokasi abses, stadium penyakit, dan faktor lain. Pada stadium awal, Anda dapat merasakan nyeri pada kelenjar payudara. Kulit luar dapat normal jika inflamasi terjadi di dalam atau dapat terlihat merah, panas dan bengkak jika lokasinya di permukaan payudara.

Saat pembentukan abses, gejala akan bertambah jelas. Saat itu, gejala dapat berupa abses kulit menjadi panas, terluka, dan merah bengkak. Selain itu biasanya muncul pula gejala infeksi berupa demam, menggigil, mual dan muntah.

Komplikasi yang paling berat yaitu osteonekrosis payudara dengan gejala infeksi, keracunan berat: tekanan darah, depresi tubuh, payudara bengkak membesar, edema, abses kulit tampak kuning pucat, atau kelenjar getah bening nekrotik membengkak dan nyeri.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala berikut ini:

  • Kemerahan, bengkak atau nyeri pada dada;
  • Puting tertarik ke dalam atau cairan keluar dari puting susu;
  • Anda merasa nyeri saat menyusui.

Segera pergi ke dokter jika Anda mengalami tanda tersebut. Diagnosis dan terapi dini dengan antibiotik dapat mengobati Anda tanpa pembedahan.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab abses payudara?

Abses payudara adalah kondisi yang sering disebabkan oleh dua tipe bakteri, yaitu Staphylococcus aureus dan Streptococcus. Selain itu penyebab lain misalnya bakteri anaerob, bacillus typhoid, dan sumbatan saluran pada payudara akibat bekas luka juga dapat menyebabkan abses payudara.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk abses payudara?

Abses payudara bisa berisiko dikarenakan beberapa faktor berikut ini:

  • Menyusui dengan tidak sesuai
  • Waktu menyusui kurang lama sehingga terjadi penumpukan air susu
  • Menggunakan bra dengan ketat
  • Puting tergaruk atau tercakar
  • Saluran tersumbat.

Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak akan menderita penyakit ini. Faktor tersebut hanyalah referensi saja. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih rinci.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk abses payudara?

Jika abses payudara dideteksi dini, penyakit ini dapat disembuhkan dengan antibiotik tanpa operasi. Jika dideteksi saat stadium lanjut, pasien akan dilakukan insisi menusuk untuk mengeluarkan abses keluar. Meski begitu, pendekatan ini dapat menyebabkan komplikasi seperti pembentukan abses baru dan fistula dari abses kulit.

 

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk abses payudara?

Dokter akan mendiagnosis penyakit ini dengan melakukan pemeriksaan fisik atau biopsi sampel jaringan payudara untuk diperiksa. Jika Anda sudah terdiagnosis dan diberikan antibiotik sebelumnya, namun keadaan tidak membaik, dokter akan melakukan ultrasound untuk menentukan status penyakit Anda secara tepat.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi abses payudara?

Abses payudara adalah kondisi yang bisa diringankan gejala dan kondisinya. Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi abses payudara:

  • Gaya hidup sehat: Anda harus beristirahat, minum banyak air dan konsumsi makanan bergizi selama terapi
  • Selalu jaga kebersihan: Anda dapat menggunakan handuk hangat dan lembap pada jaringan yang terinfeksi
  • Jika Anda ibu menyusui, selalu bersihkan payudara Anda, khususnya daerah puting susu. Idealnya, Anda berhenti menyusui hingga penyakit payudara Anda sembuh

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 11, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 11, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan