backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Obat Herbal Psoriasis yang Membantu Mengatasi Gejala

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Fidhia Kemala · Tanggal diperbarui 14/04/2023

7 Obat Herbal Psoriasis yang Membantu Mengatasi Gejala

Tidak sedikit orang yang memadukan penggunaan obat psoriasis dengan obat herbal dari bahan alami. Bahkan, pengobatan psoriasis secara alami cenderung banyak dipilih karena dirasa lebih praktis, mudah didapatkan, dan terjangkau daripada obat medis.

Lantas, apa saja bahan-bahan yang digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi psoriasis? Apakah penggunaannya benar-benar aman?

Obat herbal yang berpotensi mengatasi psoriasis

Tujuan pengobatan psoriasis yang utama adalah mengembalikan kesehatan dan tampilan alami kulit. Pengobatan juga meredakan rasa gatal dan nyeri akibat peradangan sehingga pasien bisa kembali beraktivitas tanpa gangguan.

Nah, pemakaian obat herbal dari bahan-bahan alami menjadi salah satu cara mengatasi kambuhnya penyakit psoriasis yang banyak dipercaya oleh orang selain dengan obat dokter.

Obat herbal tertentu dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan mengalami iritasi. Berikut ini adalah beberapa obat herbal yang membantu mengatasi gejala psoriasis.

1. Lidah buaya

lidah buaya untuk wajah obat psoriasis

Lidah buaya dikenal dengan sifat antibakteri dan antiradangnya yang mampu membantu meredakan gatal serta sensasi panas, perih, dan kemerahan akibat peradangan pada kulit.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Biomed Research International pada 2015 menemukan kandungan glukomanan pada lidah buaya dapat membantu mengatur kembali proses regenerasi kulit yang terlalu cepat.

Proses pergantian sel kulit terlalu cepat adalah salah satu faktor utama penebalan kulit yang dialami oleh penderita psoriasis.

Studi tersebut juga melaporkan glukomanan dalam lidah buaya bantu mempercepat penyembuhan luka akibat psoriasis.

Gel lidah buaya juga memicu produksi kolagen yang lebih banyak pada kulit untuk mempercepat penyembuhan gejala. Selain itu, kolagen dapat mengurangi bercak kulit bersisik yang disebabkan oleh psoriasis.

Cara pakai lidah buaya untuk psoriasis

  1. Pilih gel lidah buaya yang mengandung 70% Aloe vera atau krim dengan konsentrasi 0,5 persen.
  2. Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya dari tanamannya secara langsung.
  3. Oleskan gel tiga kali sehari pada kulit yang meradang.
  4. Hindari terlalu sering mengoleskan gel karena kulit bisa menjadi terlalu kering.

2. Kunyit

Potensi kunyit sebagai obat herbal psoriasis tidak bisa dipandang sebelah mata. Kunyit mengandung bahan-bahan aktif yang bersifat antimikroba, antiradang, dan antioksidan.

Antioksidan bekerja untuk menangkal radikal bebas, sehingga kulit bisa terhindar dari kerusakan. Antiradang akan menghambat produksi sitokin, sejenis protein pemicu radang.

Sebuah penelitian menyebutkan antioksidan kunyit dapat meringankan gejala lesi kulit yang muncul pada pasien psoriasis.

Pada penelitian lainnya yang dilakukan pada 2017, kandungan kurkumin dalam kunyit dapat menghambat pertumbuhan sel psoriasis.

Selain itu, kunyit dapat meningkatkan produksi involucrin dan filaggrin alias sejenis protein khusus yang berperan dalam pembentukan lapisan pelindung kulit.

3. Mahonia aquifolium

Obat alami untuk penyakit psoriasis selanjutnya adalah Mahonia aquifolium.

Tanaman yang disebut mahonia ini sejak lama dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai penyakit yang berkaitan dengan peradangan, seperti psoriasis.

Menurut National Institute of Health, Mahonia aquifolium memiliki potensi terkuat dalam mengobati psoriasis dibanding obat herbal psoriasis lain.

Mahonia aquifolium mengandung komponen antimikroba kuat yang bertugas menekan peradangan di tubuh.

Selain itu, senyawa aktif antiproliferatif di dalamnya juga mampu memperlambat pertumbuhan sel kulit sehingga mengurangi efek kulit bersisik pada penderita psoriasis.

Orang dengan penyakit psoriasis juga bisa mendapatkan manfaat alami tanaman ini dalam bentuk krim atau minyak.

Ragam Jenis Vitamin untuk Kulit Sehat, Cerah, dan Awet Muda

4. Indigo naturalis

Tanaman berbunga lainnya yang bisa dijadikan obat alami untuk penyakit psoriasis adalah Indigo naturalis.

Untuk perawatan psoriasis, tanaman ini lebih banyak digunakan dalam bentuk obat topikal.

Indigo naturalis mengandung bahan aktif yang salah satunya adalah indirubin, senyawa yang dapat menghasilkan efek anti-psoriasis dengan mengendalikan pertumbuhan sel kulit.

Tak hanya itu, para peneliti dalam studi di jurnal BMC Complement Altern Med menemukan konsumsi suplemen ekstrak Indigo naturalis mampu memperlambat proses peradangan dalam tubuh 24 pasien psoriasis setelah rutin diminum selama 8 minggu.

5. Cuka apel

Cuka apel sebagai obat alami untuk penyakit psoriasis pun juga memberikan efek yang serupa.

Menurut National Psoriasis Foundation, cuka apel memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu meredakan gatal atau iritasi akibat psoriasis, terutama psoriasis kulit kepala.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakan cuka apel untuk mengobati kondisi psoriasis. Terlalu banyak menggunakan cuka apel malah akan menimbulkan sensasi seperti kulit terbakar.

Selain itu, cuka apel juga tidak boleh digunakan pada area kulit yang terbuka atau terluka, karena dapat menyebabkan iritasi yang memperparah gejala psoriasis.

6. Temu lawak

manfaat temulawak untuk kesehatan obat

Manfaat temulawak tak kalah efektif dengan obat herbal lainnya untuk meredakan gejala psoriasis yang sering kambuh.

Sifat antioksidan dalam temulawak disebut-sebut mampu mengurangi stres oksidatif pada perubahan kulit akibat psoriasis.

Stres oksidatif dapat memicu peradangan yang memperparah gejala psoriasis saat kambuh. Jadi, temulawak bisa membantu menghentikan dampak dari peradangan ini.

Sayangnya, masih diperlukan hasil penelitian lanjutan untuk membuktikan manfaat temulawak sebagai obat alami psoriasis.

7. Minyak kelapa

Bahan lainnya yang juga digadang-gadang membantu pengobatan psoriasis adalah minyak kelapa.

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang digunakan untuk menghasilkan agen antimikroba bernama monolaurin yang dapat melawan bakteri, jamur, serta patogen lainnya.

Minyak kelapa dapat bekerja sebagai pelembap kulit dan bersifat anti-inflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada kulit yang terkena psoriasis.

Seperti yang telah diketahui, psoriasis menimbulkan gejala berupa sisik kulit keperakan. Pemakaian minyak kelapa dapat mengatasi gejala tersebut.

Mengenal Struktur Kulit Manusia, Termasuk Jenis dan Fungsinya

Hati-hati menggunakan obat alami untuk mengobati psoriasis

memilih obat herbal yang aman untuk dikonsumsi

Sudah banyak penelitian yang memperlihatkan bahan alami dapat dijadikan obat herbal untuk psoriasis.

Namun, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, terutama tentang tujuan, keamanan, dan cara pakainya.

Pada dasarnya, pengobatan psoriasis secara alami dengan bahan-bahan herbal boleh saja dilakukan. Akan tetapi, kebanyakan efek pengobatan alami hanya bekerja untuk meringankan gejala yang muncul dan bukan menyembuhkan penyakitnya secara tuntas.

Salah satu contohnya adalah lidah buaya yang hanya memberi efek mendinginkan pada bagian kulit terdampak psoriasis.

Pengobatan herbal yang cocok digunakan oleh orang lain belum tentu juga bekerja serupa pada kulit Anda. Kondisi setiap orang berbeda-beda, begitupun dengan cara tubuh bereaksi dengan bahan-bahan alami.

Bahan alami juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang yang berkulit sensitif. Agar lebih aman, Anda tentu harus melakukan tes alergi sebelum Anda memilih untuk mengatasi psoriasis dengan obat herbal.

Obat-obatan medis masih menjadi pengobatan yang dianjurkan untuk menangani gejala yang Anda alami.

Meski demikian, tak ada salahnya bila Anda ingin mencoba obat-obatan herbal asalkan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Fidhia Kemala · Tanggal diperbarui 14/04/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan