Sederet Bahan Herbal yang Berpotensi Sebagai Obat untuk Psoriasis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 September 2020 . Waktu baca 9 menit
Bagikan sekarang

Tidak sedikit orang yang memadukan penggunaan obat psoriasis dengan obat herbal dari bahan alami. Bahkan, pengobatan psoriasis secara alami cenderung banyak dipilih karena dirasa lebih praktis, mudah didapatkan, dan terjangkau daripada obat medis.

Lantas, apa saja bahan-bahan yang digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi psoriasis? Apakah penggunaannya benar-benar aman?

Obat herbal yang berpotensi mengatasi psoriasis

Tujuan pengobatan psoriasis yang utama adalah mengembalikan kesehatan dan tampilan alami kulit serta meredakan rasa gatal dan nyeri akibat peradangan sehingga pasien bisa kembali beraktivitas tanpa gangguan.

Nah, pemakaian obat herbal dari bahan-bahan alami menjadi salah satu cara mengatasi kambuhnya penyakit psoriasis yang banyak dipercaya oleh orang selain dengan obat dokter.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa obat herbal tertentu dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan mengalami iritasi. Berikut ini adalah beberapa obat herbal yang sudah terbukti ampuh mengatasi gejala psoriasis.

1. Lidah buaya

lidah buaya untuk wajah obat psoriasis

Manfaat lidah buaya yang dapat meredakan gatal dan iritasi, termasuk akibat penyakit psoriasis, sudah banyak dibuktikan oleh studi ilmiah.

Lidah buaya dikenal dengan sifat antibakteri dan antiradangnya yang mampu membantu meredakan gatal serta sensasi panas, perih, dan kemerahan akibat peradangan pada kulit. Namun, potensinya bukan cuma itu.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Biomed Research International pada 2015 menemukan kandungan glucomannan pada lidah buaya dapat membantu mengatur kembali proses regenerasi kulit yang terlalu cepat.

Proses pergantian sel kulit terlalu cepat adalah salah satu faktor utama penebalan kulit yang dialami oleh penderita psoriasis.

Studi tersebut juga melaporkan glucomannan dalam lidah buaya bantu mempercepat penyembuhan luka akibat psoriasis. Gel lidah buaya dapat membantu melembapkan kulit sembari melawan bakteri yang menyebabkan infeksi pada kulit terdampak psoriasis.

Gel lidah buaya juga memicu produksi kolagen yang lebih banyak pada kulit untuk mempercepat penyembuhan gejala. Selain itu, kolagen dapat mengurangi bercak kulit bersisik yang disebabkan oleh psoriasis.

Saat ini, sudah banyak tersedia produk untuk kulit yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utama. Produk ini kerap dijumpai dalam bentuk gel atau krim.

Bila Anda ingin coba, pilihlah krim yang mengandung 0,5% Aloe vera. Sedangkan untuk produk yang berbentuk gel, pilihlah yang mengandung sedikitnya 70% Aloe vera.

Anda juga dapat menggunakan gel lidah buaya alami, cukup dengan cara mengupas daunnya dan kerok gel yang ada dalam daging daun.

Oleskan produk sebanyak tiga kali sehari pada area kulit yang mengalami peradangan. Jangan terlalu sering mengoleskan produk karena malah akan membuat kulit menjadi kering.

Ragam Jenis Vitamin untuk Kulit Sehat, Cerah, dan Awet Muda

2. Kunyit

Lebih populer digunakan sebagai obat alami untuk penyakit seperti maag dan nyeri haid, potensi kunyit untuk psoriasis tidak boleh dipandang sebelah mata. Kunyit mengandung bahan-bahan aktif yang bersifat antimikroba, antiradang, dan antioksidan.

Pada pengobatan psoriasis, masing-masing dari bahan ini dapat memberikan khasiat yang akan membantu penyembuhan. Antioksidan bekerja untuk menangkal radikal bebas, sehingga kulit bisa terhindar dari kerusakan. Antiradang akan menghambat produksi sitokin, sejenis protein pemicu radang.

Sifat antioksidan pada kunyit terbukti pada sebuah penelitian yang menyebutkan dapat meringankan gejala lesi kulit yang muncul pada pasien psoriasis. Pada penelitian lainnya yang dilakukan pada 2017, diperlihatkan bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit dapat menghambat pertumbuhan sel psoriasis.

Selain itu, kunyit juga dapat meningkatkan produksi invoclurin dan flaggrin alias sejenis protein khusus yang berperan dalam pembentukan lapisan pelindung kulit.

Manfaat kunyit sebagai obat herbal untuk psoriasis bisa Anda dapatkan dengan konsumsi suplemen ekstrak kunyit serta krim atau gel dari kunyit. Anda bisa juga menambahkan kunyit ke dalam minuman dan makanan. Namun, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter mengenai dosis dan aturan minumnya.

3. Mahonia aquifolium

Obat alami untuk penyakit psoriasis selanjutnya adalah Mahonia aquifolium. Ini merupakan tanaman berbunga yang juga dikenal dengan nama Oregon grape.

Tanaman yang disebut mahonia ini sejak lama dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai penyakit yang berkaitan dengan peradangan, seperti psoriasis. Menurut National Institute of Health, Mahonia aquifolium memiliki potensi terkuat dalam mengobati psoriasis dibanding obat herbal psoriasis lain.

Mahonia aquifolium mengandung komponen antimikroba kuat yang bertugas menekan peradangan di tubuh. Selain itu, senyawa aktif antiproliferatif di dalamnya juga mampu memperlambat pertumbuhan sel kulit sehingga mengurangi efek kulit bersisik pada penderita psoriasis.

Orang dengan penyakit psoriasis juga bisa mendapatkan manfaat alami tanaman ini dalam bentuk obat krim atau minyak yang dioleskan langsung pada kulit terdampak. Krim dengan kandungan 10 persen mahonia secara efektif dapat mengobati psoriasis ringan hingga sedang.

Mahonia termasuk ke dalam keluarga alkaloid yang berarti tanaman ini bisa menyebabkan keracunan saat dikonsumsi. Maka dari itu, sebaiknya obat yang digunakan hanya dalam bentuk obat topikal.

4. Indigo naturalis

Tanaman berbunga lainnya yang bisa dijadikan obat alami untuk penyakit psoriasis adalah Indigo naturalis. Tanaman ini telah digunakan sejak berabad yang lalu untuk mengobati eksim, gondongan, dan bisul.

Indigo naturalis banyak digunakan di Tiongkok dengan nama lain qingdai. Tanaman ini digunakan secara sistemik (melalui obat minum atau suntik) dalam pengobatan psoriasis, tapi penggunaannya telah dikurangi karena dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi saluran cerna.

Karena itulah, Indigo naturalis lebih banyak digunakan dalam bentuk obat topikal. Mengandung bahan aktif yang salah satunya adalah indirubin, tanaman ini dipercaya dapat menghasilkan efek anti-psoriasis dengan mengendalikan pertumbuhan sel kulit.

Tak hanya itu, para peneliti dalam studi di jurnal BMC Complement Altern Med menemukan konsumsi suplemen ekstrak Indigo naturalis mampu memperlambat proses peradangan dalam tubuh 24 pasien psoriasis setelah rutin diminum selama 8 minggu.

Obat herbal yang mengandung tanaman ini dapat digunakan baik sebagai pengobatal tunggal maupun sebagai bagian dari terapi gabungan.

5. Cuka apel

Manfaat cuka apel sebagai obat alami untuk penyakit psoriasis pun juga memberikan efek yang serupa. Menurut National Psoriasis Foundation, cuka apel memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu meredakan gatal atau iritasi akibat psoriasis, terutama psoriasis kulit kepala.

Selain sebagai obat herbal psoriasis, cuka sari apel telah digunakan sejak zaman dahulu kala sebagai disinfektan atau pembasmi bakteri. Beberapa orang bahkan sudah membuktikan adanya penurunan gejala psoriasis setelah menggunakan cuka sari apel sebagai obat herbal selama beberapa minggu.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakan cuka apel untuk mengobati kondisi psoriasis. Pasalnya, terlalu banyak menggunakan cuka apel malah akan menimbulkan sensasi seperti kulit terbakar.

Selain itu, cuka apel juga tidak boleh digunakan pada area kulit yang terbuka atau terluka, karena nantinya dapat menyebabkan iritasi yang memperparah gejala psoriasis.

6. Temu lawak

manfaat temulawak untuk kesehatan obat

Ketika ditemui oleh tim Hello Sehat di RSCM Kencana, Jakarta Pusat, Kamis (1/11), dr. Endi Novianto, SpKK, FINSDV, FAADV, selaku Ketua Kelompok Studi Psoriasis Indonesia (KSPI) memaparkan bahwa manfaat temu lawak tak kalah efektif dengan obat herbal lainnya untuk meredakan gejala psoriasis yang sering kambuh.

Beliau menjelaskan, sifat antioksidan dalam temu lawak disebut-sebut mampu mengurangi stres oksidatif pada perubahan kulit akibat psoriasis. Sayangnya, masih diperlukan hasil penelitian lanjutan untuk membuktikannya.

7. Minyak kelapa

Bahan lainnya yang juga digadang-gadang membantu pengobatan psoriasis adalah minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang digunakan untuk menghasilkan agen antimikroba bernama monolaurin yang dapat melawan bakteri, jamur, serta patogen lainnya.

Minyak kelapa dapat bekerja sebagai pelembap kulit dan bersifat antiinflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada kulit yang terkena psoriasis. Seperti yang telah diketahui, psoriasis juga menimbulkan gejala berupa sisik kulit keperakan, pemakaian minyak kelapa inilah yang dapat mengatasi gejala tersebut.

Mengenal Struktur Kulit Manusia, Termasuk Jenis dan Fungsinya

Hati-hati menggunakan obat alami untuk mengobati psoriasis

memilih obat herbal yang aman untuk dikonsumsi

Sudah banyak penelitian yang berhasil membuktikan bahwa bahan alami di atas dapat dijadikan obat herbal untuk psoriasis. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, terutama tentang tujuan, keamanan, dan cara pakainya.

Pada dasarnya, pengobatan psoriasis secara alami dengan bahan-bahan herbal boleh saja dilakukan. Akan tetapi, kebanyakan efek pengobatan alami hanya bekerja untuk meringankan gejala yang muncul dan bukan menyembuhkan penyakitnya secara tuntas.

Salah satu contohnya adalah lidah buaya yang hanya memberi efek mendinginkan pada bagian kulit terdampak psoriasis.

Dokter Endi menambahkan bahwa pengobatan herbal yang cocok digunakan oleh orang lain belum tentu juga bekerja serupa pada kulit Anda. Kondisi setiap orang berbeda-beda, begitupun dengan cara tubuh menerima dan mencerna bahan-bahan tertentu.

Perlu diketahui pula, bahan alami di atas dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang yang berkulit sensitif. Agar lebih aman, Anda tentu harus melakukan tes alergi sebelum Anda memilih untuk mengatasi psoriasis dengan obat herbal.

Obat-obatan medis masih menjadi pengobatan yang dianjurkan untuk menangani gejala yang Anda alami. Meski demikian, tak ada salahnya bila Anda ingin mencoba obat-obatan herbal asalkan sudah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Minum susu biasanya dianjurkan untuk anak-anak. Lalu, jika sudah lanjut usia, apakah masih perlu minum susu? Berapa banyak susu yang harus diminum?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Kita Tak Boleh Terlalu Banyak Makan Makanan Asin?

Makanan tinggi garam bukan hanya membuat Anda berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Simak berbagai bahaya makanan asin pada tubuh kita.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 19 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

MMR adalah singkatan dari tiga macam penyakit infeksi fatal yang paling rentan menyerang anak-anak di tahun pertama kehidupannya. Kapan harus vaksin MMR?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Jangan sampai berbagai efek samping imunisasi (vaksin) bikin Anda takut apalagi ragu diimunisasi. Pelajari dulu seluk-beluknya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati sengatan lebah

Pertolongan Pertama untuk Mengobati Sengatan Lebah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 23 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
gejala leptospirosis

Cara Mengatasi Gejala Leptospirosis, Penyakit Khas di Musim Hujan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
bikin kopi yang sehat

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
daging ayam belum matang

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit