home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Rambut Jadi Cepat Panjang Kalau Sering-sering Keramas?

Benarkah Rambut Jadi Cepat Panjang Kalau Sering-sering Keramas?

Bagi beberapa orang, punya rambut panjang adalah impian. Tapi kadang tak ayal setelah mencoba berbagai cara, harapan Anda harus pupus di tengah jalan karena kelamaan menunggu pertumbuhan rambut. Banyak pula yang percaya kalau keramas setiap hari adalah cara yang ampuh agar rambut cepat panjang.

Benarkah sering keramas bikin rambut cepat panjang?

Rambut rata-rata akan tumbuh sekitar 15 cm per tahun atau setidaknya 0,44 mm per harinya. Namun, setiap orang memiliki kecepatan pertumbuhan rambut yang berbeda.

Sampai saat ini memang belum terbukti jika sering keramas bisa bikin rambut cepat panjang. Justru dalam beberapa penelitian disebutkan terlalu sering keramas justru menyebabkan kulit kepala Anda rapuh sehingga rambut tidak tumbuh dengan sempurna. Hal ini juga dapat memengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut Anda. Memiliki rambut yang rapuh dapat memengaruhi kesehatan rambut secara keseluruhan.

Banyak di luar sana yang mengklaim bahwa produknya dapat membuat rambut cepat panjang, namun sebenarnya produk-produk tersebut hanya membantu merangsang pertumbuhan dan tak ada jaminan Anda akan memiliki rambut panjang dalam waktu yang sangat cepat.

Sederhanaya, tak ada yang bisa Anda lakukan untuk membuat rambut Anda tumbuh dengan cepat. Pertumbuhan rambut tergantung pada gen, pertumbuhan sel, serta hormon tubuh masing-masing. Contohnya begini: dibandingkan wanita, rambut pria membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa tumbuh panjang. Tentu saja hal ini akibat perbedaan hormon dan fungsi tubuh masing-masing.

Apa yang bisa dilakukan untuk memiliki rambut panjang?

Anda dapat melakukan beberapa hal agar merangsang dan membantu rambut Anda tumbuh panjang. Namun bukan dengan kebiasaan keramas setiap hari, berikut adalah hal yang dapat Anda lakukan:

  • Mengonsumsi makanan yang baik untuk kulit kepala dan rambut. Semua makanan sehat tentu baik bagi tubuh Anda, termasuk rambut. Jika ingin rambut yang bagus dan kuat, Anda bisa mengandalkan makanan yang mengandung protein, zink, serta zat besi, seperti daging sapi, telur, daging ayam, dan seafood.
  • Rawat dengan baik dan berikan nutrisi yang lebih pada rambut. Hal ini bukan berarti Anda harus keramas setiap hari ya. Memberikan nutrisi pada rambut bisa dilakukan dengan cara menggunakan conditioner atau masker rambut secara berkala.
  • Batasi penggunaan alat kecantikan yang dapat merusak rambut. Jika Anda setiap hari menggunakan menggunakan hairdryer atau catokan rambut setiap hari, maka hal tersebut akan memengaruhi kualitas rambut Anda. Rambut menjadi mudah rapuh dan rontok, sehingga
  • Terapkan pola hidup sehat. Meskipun pola hidup sehat memiliki dampak yang sangat umum bagi kesehatan Anda, namun kebiasaan ini tentu ikut memengaruhi kesehatan rambut Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Gelman, L. (2017). Surprising Myths and Facts About Your Hair | Reader’s Digest. [online] Reader’s Digest. Available at: http://www.rd.com/health/beauty/hair-myths-facts/  [Accessed 14 Jun. 2017].

Wiley, S. (2013). Hormones That Affect Hair Growth. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/150138-hormones-that-affect-hair-growth/   [Accessed 14 Jun. 2017].

WebMD. (2017). Help for Hair Loss. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/science-hair#1  [Accessed 14 Jun. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 15/06/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x