home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Trik Jitu Cegah Kaki Lecet Akibat Pakai Sepatu Baru

4 Trik Jitu Cegah Kaki Lecet Akibat Pakai Sepatu Baru

Pakai sepatu yang sudah rusak bisa menyebabkan kaki Anda sakit. Namun, memakai sepatu baru juga bisa menyebabkan masalah yang sama. Memang serba salah, tapi Anda tidak perlu khawatir. Untuk mencegah kaki lecet karena memakai sepatu baru, simak tipsnya berikut ini.

Tips mencegah kaki lecet akibat pakai sepatu baru

Siapa yang tak senang memakai sepatu baru yang sejak lama jadi incaran? Masalah baru muncul ketika kaki lecet dibuatnya. Selain bikin tidak nyaman berjalan, lecet juga bisa terasa sakit dan perih bahkan hingga berdarah.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, Merin Yoshida seorang podiatrik (ahli penyakit kaki) dan dokter kulit Rebecca Kazin, MD, memberikan tips agar Anda bisa bebas memakai sepatu baru tanpa lecet.

1. Pastikan memilih sepatu yang sesuai ukuran, bentuk, dan aktivitas

mencegah kaki lecet
sumber: summitonline.com

Tahukah Anda bila ukuran kaki bisa berubah sewaktu-waktu? Seiring bertambahnya umur dan berat badan, ligamen dan tendon (jaringan ikat yang melekat pada sendi) akan melonggar menyebabkan kaki Anda menjadi lebih lebar dan meregang. Tentu ukuran kaki Anda yang lama tidak akan sama dengan yang sekarang. Jadi, pastikan ukuran kaki Anda terlebih dahulu sebelum membeli sepatu, terutama saat membeli sepatu lewat toko daring.

Supaya ukuran sepatu lebih akurat, coba ukur kaki Anda di siang hari ketika Anda sudah banyak bergerak. Aliran darah yang lebih banyak mengalir ke tubuh bagian bawah membuat kaki Anda membesar. Ketika Anda beli sepatu di waktu ini, dijamin tidak akan kesempitan dan terasa sesak ketika dipakai lain kali.

Jangan beli sepatu di pagi hari saat Anda belum banyak melangkah bergerak. Hal ini bisa membuat sepatu terasa sempit dan sesak ketika terus dipakai selanjutnya, karena “cetakan” kaki awalnya adalah ukuran kaki yang masih kecil belum mengembang.

Jadi, saat Anda memilih sepatu jangan hanya terpaku pada model sepatunya saja. Carilah sepatu yang sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki serta kegiatan Anda.

2. Sepatu baru jangan langsung dipakai

pakai sepatu

Sudah beli yang baru, Anda tentu tidak sabar lagi untuk memamerkannya ke dunia. Sayangnya, langsung pakai sepatu baru setelah membelinya bisa membuat kaki gampang lecet karena kaki Anda perlu menyesuaikan diri dengan ukuran sepatu tersebut. Apalagi jika Anda membelinya dengan ukuran yang pas. Lalu harus bagaimana?

Setelah Anda membeli sepatu, sebaiknya sumpal bagian dalam sepatu dengan kaus kaki tebal atau handuk kecil yang tebal agar sepatu bisa lebih longgar. Diamkan selama beberapa hari. Setelah Anda pastikan lebih nyaman, sepatu sudah siap Anda pakai tanpa khawatir membuat kaki Anda lecet.

3. Pakai antiperspirant untuk kaki

mencegah kaki lecet

Kaki sering kali berkeringat. Semakin sibuk aktivitas harian Anda, semakin berkeringat kaki Anda. Keringat bisa membuat kaki lecet karena memfasilitasi gesekan antara kulit kaki dengan bahan bagian dalam sepatu.

Untuk mencegah kaki berkeringat dan akhirnya lecet, semprotkan antiperspirant pada telapak kaki dan angin-anginkan dulu sampai kering sebelum pakai sepatu.

4. Tempelkan plester luka pada kaki Anda

mencegah kaki lecet
sumber: womenshealthmag.com

Jika Anda perlu segera pakai sepatu baru tersebut, tempelkan plester luka atau blister patch pada area kaki yang rentan bermasalah sebelum memakainya. Blister patch adalah plester khusus untuk mencegah kaki lecet yang biasa dijual di toko sepatu.

Caranya, pakailah sepatu terlebih dahulu setidaknya 30 menit. Dengan begitu, Anda tahu area mana yang terasa sakit dan bisa lecet. Biasanya, sih, tumit dan ujung-ujung jari. Kemudian, buka kembali sepatu dan pakaikan plester luka pada area kaki tersebut untuk membantali gesekan langsung antara sepatu dengan kulit kaki.

Apabila sisi kaki Anda yang paling rentan lecet, sebaiknya gunakan kaus kaki tipis yang hanya menutupi sisi kaki.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Prevent Your New Shoes from Giving You Blisters. https://www.womenshealthmag.com/style/g19900496/how-to-prevent-blisters-from-new-shoes/. Diakses pada 6 Juli 2018.

7 Strategies to Prevent Foot Blisters. https://www.verywellfit.com/blisters-begone-seven-strategies-to-prevent-blisters-3432491. Diakses pada 6 Juli 2018.

8 Shoe Mistakes That Could Definitely Be Causing Your Foot Pain. https://www.self.com/story/shoe-mistakes-foot-pain. Diakses pada 6 Juli 2018.

Why Your Shoes Cause Foot Pain. https://www.rd.com/health/wellness/foot-shoe-pain/. Diakses pada 6 Juli 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 29/11/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x