Kulit Kaki Sehat, Lembut, dan Cantik dengan 5 Tips Perawatan Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Merawat kulit tidak hanya berfokus pada wajah saja. Anda juga perlu merawat kulit di bagian tubuh lainnya, salah satunya kaki. Jika punya kulit kaki yang kusam, kering, dan pecah-pecah, tentu membuat Anda jadi minder, bukan? Jangan khawatir, ikuti cara merawat kulit kaki agar kaki tetap cantik dan mulus.

Cara merawat kulit kaki agar tetap sehat

Punya kulit yang sehat menjadi idaman semua orang. America Academy of Dermatology menyebutkan tiga kunci untuk merawat kulit, baik itu wajah hingga kaki.

Caranya meliputi menjaga kulit tetap bersih, melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan, dan merawatnya segera jika terjadi masalah.

Jika sasaran Anda kali ini adalah merawat kulit kaki, kuncinya tetap sama. Supaya lebih jelas, mari kupas satu per satu cara merawat kulit kaki agar tetap sehat.

1. Hapus cat kuku

detoks kaki detoksifikasi

Merawat kulit kaki berarti Anda juga perlu tahu cara menjaga kesehatan kuku kaki. Salah satunya cara merawat kuku kaki, yakni rajin memotong kukunya dan kurangi menggunakan cat kuku.

Memakai cat kuku kaki memang cantik, tapi tahukah Anda menggunakannya terlalu sering juga dapat merusak kuku Anda? Ya, cat kuku mengandung bahan kimia yang bisa berubah warna kuku dan mengikis ketebalannya. Akibatnya, kuku jadi tipis, rapuh, dan mudah patah.

Anda boleh-boleh saja pakai cat kuku, tapi jangan terlalu sering. Biarkan kuku kaki Anda bebas dari cat kuku lebih sering. Untuk menghapus cat kuku, gunakan cairan non-aseton yang lebih aman untuk kuku dan kulit di sekitarnya..

2. Eksfoliasi

merendam kaki pakai garam

Setiap hari jutaan sel kulit akan mati dan digantikan dengan sel baru yang sehat. Jika tidak dibersihkan dengan benar, sel kulit mati bisa menumpuk. Penumpukan sel kulit mati tersebut bisa membuat kulit kaki jadi kusam. Lantas, cara apakah yang Anda lakukan untuk merawat kulit kaki yang seperti ini?

Jawabannya adalah eksfoliasi (pengangkatan sel-sel kulit mati). Metode ini cukup ampuh untuk membuat kulit kaki jadi lebih bersih. Caranya, campurkan dua sendok makan garam epsom dengan air hangat.

Rendam kaki Anda selama 15 menit dan gosok dengan batu apung. Lalu bilas dengan air hingga bersih. Meski ampuh, jangan melakukan cara ini jika kulit kaki Anda sedang terluka.

3. Pakai pelembap

Kulit kaki kering adalah masalah yang paling umum terjadi. Kondisi ini membuat kaki jadi pecah-pecah, mengelupas, dan gatal. Cara merawat kulit kaki yang kering seperti ini adalah menjaga kelembapannya.

Anda bisa menggunakan pelembap sesering mungkin sesuai kebutuhan. Sangat penting untuk mengoleskan pelembap pada kulit kaki setelah Anda mandi.

4. Perhatikan aturan pakai sepatu

memilih sepatu yang tepat

Memakai sepatu dianggap lebih melindungi kulit dari sinar matahari atau kotoran. Ini benar, tapi ada aturan yang perlu Anda patuhi ketika memakai sepatu supaya kulit kaki tidak jadi bermasalah.

Salah pakai sepatu sering kali menyebabkan kaki bau, jamuran, lecet, dan kulit melepuh. Nah, cara merawat kulit kaki agar terhindar dari masalah tersebut, yakni:

  • Menjaga sepatu dan kaus kaki yang digunakan tetap bersih. Pastikan untuk mencuci sepatu dan mengganti kaus kaki dengan rutin.
  • Jangan biarkan kaki Anda seharian memakai sepatu. Luangkan waktu sebentar untuk membiarkan kulit kaki bernapas lega dengan membuka sepatu.
  • Pilih jenis dan ukuran sepatu yang tepat agar kulit kaki tidak lecet atau melepuh.

5. Obati masalah kulit kaki segera

Sumber: Mama Union

Kaki Anda sangat mudah kena kotoran dari lantai, sepatu, atau sandal yang Anda pakai. Masalah kulit kaki yang paling sering menyerang adalah kutu air, jamur kaki, atau jamur kuku kaki. Jika Anda mengalami salah satu di antaranya, jangan mengabaikannya.

Bersikap cuek bisa memperparah kondisi kulit kaki. Akibatnya, Anda tidak akan nyaman beraktivitas dan mengobatinya juga jadi lebih sulit.

Cara merawat kulit dan kuku kaki dari masalah tersebut, bisa Anda lakukan dengan pengobatan rumahan, yaitu pakai krim antijamur dan krim pereda gatal yang bisa dibeli tanpa resep dokter.

Jika tidak juga membaik, jangan menunda pergi ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yang lebih tepat agar kulit kaki Anda kembali pulih.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Agar Kulit Cantik Alami Dari Dalam

Menjaga kecantikan kulit tidak cukup dengan krim perawatan kulit. Sejumlah kandungan makanan ini membantu menjaga kulit Anda tetap cantik alami dari dalam.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 5 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Bagaimana Perawatan Kulit Berjerawat yang Benar?

Jerawat dapat membuat seseorang kurang percaya diri. Untuk membantu mengatasinya, berikut tips perawatan kulit berjerawat yang bisa Anda tiru.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Jerawat, Kesehatan Kulit 4 November 2020 . Waktu baca 9 menit

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, dari Perawatan Dokter Hingga Kebiasaan Sehat

Ada banyak cara mengatasi jerawat dan bekasnya. Simak ulasan lengkap cara menghilangkan bekas jerawat secara alami maupun dari dokter di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Jerawat, Kesehatan Kulit 4 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Bisakah Lidah Buaya Dipakai untuk Mengobati Jerawat?

Bisa dicampur lemon, bisa dijadikan masker, dan sebagainya. Simak berbagai cara menggunakan lidah buaya untuk jerawat dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Jerawat, Kesehatan Kulit 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi ketombe

5 Trik Jitu Mengatasi Ketombe di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 November 2020 . Waktu baca 4 menit
kutu air tinea pedis athlete's foot

Kutu Air (Tinea Pedis)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 10 November 2020 . Waktu baca 10 menit
penyebab kutu air

Kenali Penyebab Kutu Air yang Bisa Merusak Kuku dan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 10 November 2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab bisul mengobati bisul

Apa Penyebab Bisul dan Kapan Perlu Diperiksa Dokter?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 9 November 2020 . Waktu baca 4 menit