backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Bolehkah Menggunakan Sunscreen Saat Malam Hari?

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 02/01/2024

Bolehkah Menggunakan Sunscreen Saat Malam Hari?

Sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang tidak boleh dilewatkan terutama saat beraktivitas di luar rumah. Sunscreen bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan mencegah kerusakan kulit. Namun, apakah sunscreen boleh dipakai malam hari?

Apakah sunscreen bisa dipakai malam hari?

Penggunaan sunscreen pada malam hari tidak diperlukan. Kulit tidak terpapar sinar matahari saat malam hari sementara sunscreen dirancang untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, terutama sinar UVB dan UVA.

Malam hari adalah waktu yang baik untuk memberikan kulit kesempatan untuk kulit bernapas dan melakukan proses regenerasi tanpa penggunaan pelindung seperti tabir surya. 

Lagi pula, penggunaan sunscreen di malam hari membuat kulit terasa lengket dan menyumbat pori-pori. 

Beberapa orang mungkin khawatir dengan bahaya paparan sinar biru dari ponsel atau layar TV dapat merusak kulit sehingga menggunakan sunscreen pada malam hari untuk melindungi kulit. 

Salah satu penelitian dalam jurnal Journal of biomedical physics & engineering mengatakan bahwa cahaya dari layar ponsel memang dapat menimbulkan sejumlah gejala kerusakan kulit. Gejala tersebut berupa kerutan, penuaan dini, dan hiperpigmentasi.

Namun, tidak semua jenis sunscreen dapat melindungi dari paparan sinar biru. Hanya physical sunscreen yang mengandung zinc oxide yang dapat memberikan perlindungan terhadap sinar biru.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan sunscreen malam hari

Penggunaan sunscreen pada malam hari memang tidak terlalu diperlukan. Namun, Anda mungkin ingin melindungi kulit dari bahaya paparan sinar biru dari layar TV atau ponsel.

Berikut efek memakai sunscreen di malam hari yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan

  • Perlindungan ekstra dari radikal bebas dan sinar biru.
  • Beberapa jenis sunscreen memiliki bahan tambahan, seperti vitamin atau antioksidan yang dapat memperbaiki tekstur kulit.
  • Beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman menggunakan sunscreen pada malam hari.

Kekurangan

  • Tidak melindungi kulit dari paparan sinar matahari jika tidak digunakan lagi saat siang hari.
  • Risiko pori-pori tersumbat karena sunscreen umumnya memiliki tekstur khusus yang dirancang untuk melindungi kulit tanpa menyumbat pori-pori.
  • Risiko terjadinya jerawat karena pori-pori yang tersumbat.

Apakah boleh memakai sunscreen tanpa skincare?

Dalam beberapa situasi, penggunaan sunscreen tanpa produk skincare lainnya diperbolehkan, sesuai dengan kebutuhan kulit. Namun, produk skincare dapat memberikan manfaat tambahan seperti hidrasi, antipenuaan, perbaikan kulit, dan lainnya yang mungkin juga dibutuhkan oleh kulit.

Tips tepat menggunakan sunscreen

pakai sunscreen kulit wajah di rumah

Penggunaan krim tabir surya sebaiknya menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit harian Anda dan tidak hanya terbatas pada situasi tertentu.

Gunakan sunscreen setiap hari ketika ada paparan matahari, bahkan jika cuaca mendung atau Anda berada di dalam ruangan. Pasalnya, sinar UV dapat menembus awan dan kaca sehingga perlindungan tetap diperlukan. 

Selain itu, berikut tips lain menggunakan sunscreen yang tepat.

  • Waktu penggunaan sunscreen yang tepat yaitu sekitar 15 – 30 menit sebelum keluar rumah agar cukup waktu untuk meresap ke dalam kulit.
  • Pilih jenis sunscreen yang sesuai dengan tipe kulit.
  • Pilih sunscreen dengan SPF minial 30 untuk penggunaan sehari-hari.
  • Gunakan sunscreen yang benar dan merata di seluruh wajah, leher, tangan, dan area yang sering terpapar sinar matahari.
  • Direkomendasikan untuk menggunakan sekitar setengah sendok teh atau dua jari untuk wajah dan leher.
  • Perhatikan untuk mengaplikasikan sunscreen di area yang sering terlupakan seperti telinga, leher bagian belakang, dan punggung tangan.
  • Sinar UV tetap bisa menembus awan dan kaca, sehingga disarankan untuk menggunakan sunscreen bahkan saat cuaca mendung atau saat berada di dalam ruangan.
  • Selain sunscreen, gunakan perlindungan tambahan seperti topi, kacamata hitam, dan pakaian yang menutupi sebanyak mungkin area kulit.
  • Usahakan untuk menghindari paparan langsung sinar matahari, terutama pada pukul 10 pagi hingga 4 sore saat intensitas sinar UV tinggi.

Nah, jadi bisa disimpulkan bahwa pakai sunscreen boleh dipakai di malam hari, tetapi tidak terlalu diperlukan karena tidak ada paparan sinar matahari.

Namun, jika Anda ingin melindungi kulit dari paparan sinar biru pada malam hari, pilihlah physical sunscreen yang mengandung zinc oxide.

Jangan lupa juga terapkan tips menggunakan krim tabir surya di siang hari seperti yang sudah disebutkan di atas. Gunakan kembali sunscreen setiap 2 jam sekali atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 02/01/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan