home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Waktu Penggunaan Sunscreen yang Tepat Demi Kulit yang Lebih Sehat

Waktu Penggunaan Sunscreen yang Tepat Demi Kulit yang Lebih Sehat

Tabir surya merupakan benda yang cukup penting ketika Anda bepergian ke luar saat siang hari karena dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV. Namun, masih beberapa orang yang belum paham betul kapan waktu pemakaian sunscreen.

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Kapan waktu yang tepat untuk memakai sunscreen?

mitos sunscreen

Sunscreen atau tabir surya adalah losion cair yang mengandung senyawa kimia dan berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Pada saat Anda memakainya, cairan tersebut akan diserap oleh kulit dan menyerap sinar radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit dan merusaknya.

Semua orang perlu menggunakan sunscreen karena bahaya dari paparan sinar matahari bisa merusak kulit Anda seumur hidup, baik ketika kulit terbakar maupun tidak.

Menurut American Academy of Dermatology, waktu pemakaian sunscreen perlu dilakukan setiap hari ketika Anda hendak melakukan aktivitas di luar ruangan. Terlebih lagi, ketika Anda berada di luar ruangan pada jam 10 pagi sampai 3 sore karena sinar UV pada jam tersebut sangat kuat.

Hal tersebut dikarenakan matahari memancarkan sinar UV yang bisa membahayakan kesehatan Anda sepanjang berawan. Maka itu, meskipun hari berawan, paparan sinar UV bisa menembus kulit Anda hingga 80%.

Bahkan, ketika Anda berada di daerah yang bersalju, berpasir, dan di dekat air, risikonya jauh lebih besar karena elemen tersebut merefleksikan sinar matahari.

Maka itu, penggunaan tabir surya cukup penting dalam kesehatan kulit Anda untuk mengurangi potensi masalah kulit.

Namun, perlu diingat bahwa satu botol tabir surya umumnya memiliki kualitas yang baik sampai tiga tahun lamanya. Jika sunscreen yang Anda beli tidak memiliki tanggal kadaluwarsa, usahakan mencatat tanggal ketika Anda membeli produk tersebut.

Anda juga bisa mengetahui apakah produk yang anda beli masih bisa dipakai atau tidak dengan melihat perubahan warna atau konsistensi sunscreen.

Tips menyesuaikan waktu pemakaian sunscreen

penggunaan sunscreen

Supaya Anda bisa memperoleh manfaat dari sunscreen dengan maksimal, tentu ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

Selain bertujuan agar mendapatkan perlindungan yang tepat, cara ini setidaknya bisa membantu Anda untuk menyesuaikan waktu pemakaian sunscreen saat beraktivitas di luar.

  • Gunakan tabir surya minimal 20-30 menit sebelum pergi ke luar ruangan.
  • Pakai ulang sunscreen setiap 2 jam sekali, terutama saat Anda berada di luar.
  • Bagi Anda yang mempunyai kulit kering, oleskan 15 menit sebelum pergi ke luar.

Selain itu, penggunaan sunscreen juga wajib digunakan saat Anda berenang. Air memang akan mencuci bersih sunscreen dan efek dari air juga membuat diri Anda berpikir bahwa kulit sedang tidak terbakar.

Padahal, air juga dapat memantulkan sinar UV. Maka itu, usahakan untuk memakai sunscreen yang sifatnya tahan air. Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya kembali setelah Anda keluar dari kolam.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan perlindungan maksimal dari tabir surya dengan menyesuaikan waktu penggunaannya.

Jangan lupa bahwa mencocokkan waktu pemakaian sunscreen tidak cukup untuk melindungi kulit Anda. Bila memungkinkan, cari tempat yang teduh, pakai pakaian yang aman dari sinar matahari serta topi dan kacamata hitam yang mengurangi paparan sinar UV.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

American Academy of Dermatology. Sunscreen FAQs. Retrieved 25 November 2019, from https://www.aad.org/sun-protection/sunscreen-faqs

Cleveland Clinic Medical Professional. (2015). Sun Damage: Protecting Yourself. Retrieved 25 November 2019, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/5240-sun-damage-protecting-yourself

Elisabeth G. Richard, MD. (2019). All About Sunscreen. Retrieved 25 November 2019, from https://www.skincancer.org/skin-cancer-prevention/sun-protection/sunscreen/

NHS UK. (2019). Sunscreen and Sun Safety. Retrieved 25 November 2019, from https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/sunscreen-and-sun-safety/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 16/03/2020
x