home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Setelah Filler, Apa Saja Pantangan yang Harus Saya Patuhi?

Setelah Filler, Apa Saja Pantangan yang Harus Saya Patuhi?

Suntik filler adalah prosedur kecantikan yang dipercaya menjadi solusi terbaik untuk tetap awet muda. Biasanya wanita melakukan suntik filler untuk menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah, meratakan tekstur, menghaluskan kulit, dan menghilangkan bekas luka. Agar mendapatkan hasil yang Anda inginkan, ada beberapa hal yang menjadi pantangan setelah filler. Apa saja? Berikut ulasannya.

Sekilas mengenai suntik filler

suntik filler gagal

Suntik filler adalah salah satu solusi untuk memperbaiki atau mengoreksi area tertentu yang memang diperlukan. Umumnya dokter membutuhkan waktu 30 menit untuk menyelesaikan prosedur ini. Hasil suntikan biasanya bertahan sekitar enam bulan sampai setahun lamanya.

Dermal filler aman dilakukan jika dikerjakan oleh dokter spesialis kulit, dokter bedah kecantikan, atau terapis kecantikan yang kompeten dan memiliki sertifikat ahli dalam prosedur kecantikan ini.

Suntik filler mungkin akan menimbulkan beberapa efek samping di area suntikan seperti kemerahan, bengkak, nyeri, gatal, dan infeksi. Selain itu, efek samping lain dari filler adalah reaksi alergi, emboli pembuluh darah, perpindahan filler, dan luka jaringan parut (keloid).

Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum melakukan filler. Hal ini dilakukan untuk menghindari atau mengurangi efek samping dan risiko yang mungkin terjadi.

Pantangan setelah filler

menebalkan bibir dengan lip filler

Selain dilakukan oleh ahlinya, suntik filler juga akan berhasil jika Anda mematuhi pantangan setelah filler. Berikut beberapa hal yang menjadi pantangan setelah filler.

Pantangan setelah filler bibir

Jika Anda melakukan filler bibir, ada beberapa hal yang harus Anda hindari setelah filler. Berbagai aktivitas yang melibatkan panas di area bibir bisa merusak hasil filler. Oleh karena itu, Anda tidak boleh merokok, minum terlalu panas, sauna, dan steam setelah melakukan filler.

Selain itu, Anda juga tidak dianjurkan menggunakan lipstik atau kosmetik bibir lainnya setidaknya 24 jam setelah filler. Berciuman juga sebaiknya ditahan dulu sampai beberapa hari, supaya hasil fillernya tidak rusak.

Pantangan setelah filler wajah

Setelah filler, dokter akan menganjurkan Anda untuk tidak menyentuh, memencet, meminjat, atau menggosok, area yang baru saja disuntik. Hindari ini setidaknya 24 jam setelah filler. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya perpindahan filler yang telah disuntikkan.

Anda juga tidak dianjurkan untuk melakukan perawatan wajah apa pun setidaknya 24-48 jam setelah filler. Hindari juga menggunakan produk kecantikan apa pun atau menggunakan riasan setelah filler.

Anda juga tidak dibolehkan untuk melakukan aktivitas berat seperti berlari, angkat beban berat, aerobik, bersepeda, dan berhubungan seks. Setiap aktivitas yang meningkatkan tekanan darah dan detak jantung dapat menyebabkan memar.

Setidaknya 24-48 jam setelah filler, hindari minum alkohol dan yang mengandung kafein. Selain itu, hindari juga makanan yang tinggi natrium (garam), gula, dan karbohidrat, serta makanan pedas.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dermal fillers and Botox: What to do to avoid the black and blue http://www.imaniinstituteofcosmetology.com/beauty-blog/2014/6/10/dermal-fillers-and-botox-what-to-do-to-avoid-the-black-and-blue diakses 21 November 2018.

Fillers: Contraindications, Side Effects and Precautions https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2890129/ diakses 21 November 2018.

Side Effects of Facial Fillers https://www.livestrong.com/article/142815-side-effects-facial-fillers/  diakses 21 November 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 26/11/2018
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x