home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Punya Bintik Cokelat di Wajah, Bagaimana Menghilangkannya?

Punya Bintik Cokelat di Wajah, Bagaimana Menghilangkannya?

Memiliki wajah yang mulus dan bersih tentu menjadi dambaan baik wanita maupun pria. Sayangnya, ada banyak faktor yang bisa membuat kulit wajah Anda bermasalah, salah satu yang sangat umum ialah munculnya bintik cokelat di wajah.

Kemunculan bintik cokelat alias flek ini dapat berkaitan dengan faktor dari dalam tubuh, lingkungan, ataupun keduanya. Simak berbagai penyebab flek cokelat pada wajah plus cara menghilangkannya berikut ini.

Penyebab bintik cokelat di wajah

cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat

Bercak cokelat pada wajah bisa muncul karena berbagai kondisi, seperti melasma, freckles, dan hiperpigmentasi pascaperadangan.

1. Melasma

Melasma yaitu bercak cokelat kehitaman yang muncul pada wajah. Wanita biasanya lebih rentan mengalami melasma karena adanya penumpukan pigmen gelap pada area wajah yang menonjol dan sering terkena sinar matahari, contohnya dahi.

2. Freckles

Freckles merupakan bintik-bintik cokelat di wajah yang umumnya muncul karena faktor genetik. Kondisi ini muncul terutama pada orang yang memiliki warna kulit dan mata yang berwarna terang. Bintik-bintik biasanya mulai muncul sejak mereka lahir.

3. Hiperpigmentasi pascaperadangan

Paparan zat kimia atau trauma fisik seperti luka dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Proses ini terkadang bisa meninggalkan bekas berupa bintik-bintik kecokelatan pada kulit. Inilah yang disebut sebagai hiperpigmentasi pascaperadangan.

Cara menghilangkan flek cokelat di wajah

laser ablatif

Perawatan untuk kulit yang alami serta penggunaan krim yang dijual bebas biasanya tidak cukup untuk menghilangkan bercak cokelat pada kulit wajah. Meskipun dapat memudar, bercak cokelat mungkin tidak akan hilang sepenuhnya.

Anda membutuhkan perawatan lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit. Pertama-tama, dokter akan memeriksa kulit wajah Anda untuk mencari tahu penyebab flek. Setelah itu, barulah dokter bisa menentukan penanganannya.

Jika penyebab utamanya ialah konsumsi obat atau alat KB tertentu, penggunaan obat perlu dihentikan. Akan tetapi, bila flek cokelat muncul akibat paparan sinar UV, dokter kemungkinan akan menyarankan Anda untuk menggunakan produk tabir surya.

Selain berbagai cara tersebut, ada sejumlah metode lain yang juga kerap digunakan untuk mengatasi masalah bintik cokelat di wajah. Di bawah ini contohnya.

1. Agen pemutih bintik cokelat di wajah

Terapi utama untuk menghilangkan bercak cokelat di wajah yaitu dengan menggunakan agen pemutih. Berbagai kandungan pemutih yang umum digunakan antara lain retinol, hidroquinon, alpha arbutin, dan asam kojic.

Ingat, hindari membeli krim sembarangan tanpa saran dokter. Anda perlu berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit untuk menemukan agen pemutih yang cocok dan sesuai dengan masalah kulit Anda.

Anda bisa menemukan agen pemutih dalam produk skincare di pasaran. Namun, satu produk yang cocok untuk orang lain belum tentu berefek sama pada Anda. Pemakaian produk yang salah justru bisa memicu iritasi dan masalah lainnya.

2. Chemical peeling

Chemical peeling termasuk metode andalan untuk mengatasi jerawat dan warna kulit yang tidak rata, misalnya akibat flek cokelat di wajah. Seperti terapi dengan agen pemutih, Anda juga perlu melakukannya dengan pengawasan dokter kulit.

Dokter akan mengoleskan larutan kimia khusus ke permukaan kulit untuk mengelupas lapisan teratas organ kulit. Kulit baru yang tumbuh nantinya akan tampak lebih lembut dengan warna yang merata.

Anda mungkin perlu menjalani perawatan ini hingga beberapa kali. Terkadang, dokter juga menggabungkan chemical peeling dengan penggunaan produk tertentu. Bentuk perawatan akan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit Anda.

3. Terapi laser neodymium YAG (Nd:YAG)

Terapi ini menggunakan kombinasi laser dan kristal yang disebut Nd:YAG. Laser yang ditembakkan dengan kristal Nd:YAG memiliki gelombang yang lebih panjang daripada terapi laser kulit lainnya sehingga mampu menembus lapisan kulit yang lebih dalam.

Laser bekerja dengan memecahkan pigmen melanin yang menumpuk pada kulit wajah. Melanin sebenarnya memberikan warna pada kulit, tapi pigmen yang menumpuk justru dapat menimbulkan bintik cokelat di wajah.

Jika chemical peeling belum cukup untuk meratakan warna kulit, dokter mungkin akan menggabungkannya dengan perawatan laser Nd:YAG. Maka dari itu, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

4. Obat minum

Selain terapi langsung terhadap kulit yang bermasalah, dokter juga kerap memberikan obat minum. Obat-obatan dalam perawatan ini biasanya mengandung asam askorbat, glutathione, vitamin E, dan bahan lainnya sesuai kebutuhan.

Penggunaan methimazole untuk mengatasi bintik cokelat di wajah juga semakin populer. Menurut laporan International Journal of Women’s Dermatolology, obat ini ampuh mengatasi masalah pada kulit akibat melasma dan hiperpigmentasi pascaperadangan.

Pada intinya, satu jenis pengobatan saja tidak cukup. Anda memerlukan berbagai kombinasi pengobatan untuk membantu menghilangkan bercak cokelat pada wajah dengan lebih maksimal.

Anda juga perlu berperan aktif untuk mendukung proses perawatan. Misalnya dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kulit dan menggunakan tabir surya, baik ketika beraktivitas maupun saat berada di dalam rumah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Melasma: Overview. (n.d.). Retrieved 14 April 2021, from https://www.aad.org/public/diseases/a-z/melasma-overview

What Are Freckles?. (2021). Retrieved 14 April 2021, from https://kidshealth.org/en/kids/freckles.html

Postinflammatory hyperpigmentation. (2015). Retrieved 14 April 2021, from https://dermnetnz.org/topics/postinflammatory-hyperpigmentation/

Hydroquinone. (2005). Retrieved 14 April 2021, from https://dermnetnz.org/topics/hydroquinone/

Chemical Peels: Overview. (n.d.). Retrieved 14 April 2021, from https://www.aad.org/public/cosmetic/younger-looking/chemical-peels-overview

Chemical peel. (2020). Retrieved 14 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/chemical-peel/about/pac-20393473

Neodymium YAG laser treatment. (2014). Retrieved 14 April 2021, from https://dermnetnz.org/topics/ndyag-laser-treatment/

Grimes, P. E., Ijaz, S., Nashawati, R., & Kwak, D. (2018). New oral and topical approaches for the treatment of melasma. International journal of women’s dermatology, 5(1), 30–36. https://doi.org/10.1016/j.ijwd.2018.09.004

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK Diperbarui 20/04/2021
x