home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Nyut-Nyutan Terus Akibat Cantengan? Lakukan 4 Cara Sederhana Ini untuk Mengatasinya

Nyut-Nyutan Terus Akibat Cantengan? Lakukan 4 Cara Sederhana Ini untuk Mengatasinya

Banyak orang yang sering mengalami cantengan. Masalah ini muncul akibat masuknya kuku ke dalam daging, hingga menimbulkan bengkak dan infeksi. Cantengan biasanya terjadi karena kebiasaan memotong kuku terlalu pendek, sehingga menyebabkan kuku bertumbuh ke dalam kulit. Pakai sepatu terlalu sempit atau jari menabrak sesuatu sampai cedera juga bisa menyebabkan kuku lama-lama jadi cantengan. Jika sudah parah, cantengan diobati dengan cara operasi. Namun, tak perlu khawatir berikut ada beberapa cara mengobati cantengan di rumah.

Berbagai cara mengobati cantengan yang mudah dilakukan

1. Rendam atau cuci kaki

Merendam kaki dalam air sabun dengan suhu hangat, nyatanya bermanfaat untuk membantu menjaga area jari yang cantengan jadi bersih dan bebas bakteri. Rendam kaki dalam air hangat tiga hingga empat kali per hari. Anda juga dapat menambahkan garam Epsom ke dalam air untuk menambah rasa nyaman.

2. Pakai cuka apel

Cara mengobati cantengan di rumah lainnya adalah dengan menggunakan cuka apel . Anda dapat mencoba menambahkan seperempat cangkir cuka apel ke air hangat untuk merendam kaki selama 20 menit.

Meskipun belum banyak penelitian yang membuktikan manfaat cuka apel sebagai obat cantengan alami, banyak ahli yang menduga bahwa cuka apel memiliki sifat antiseptik, antinyeri, dan antiradang sehingga dapat mengatasi cantengan.

3. Gunakan kapas atau kasa

Menaruh gumpalan kapas di bawah batas kuku, ternyata bisa jadi cara mengobati cantengan. Cara tersebut dapat membantu menggeser kuku untuk tumbuh ke arah yang benar.

Ambil sepotong kapas atau kain kasa yang berukuran kecil dan gulung. Taruh kapas atau kasa tersebut di bawah kuku yang masuk ke dalam dengan cara mengangkat perlahan ujung kuku.

Hal ini akan mengurangi tekanan pada daging yang terkena cantengan. Cara ini mungkin membuat Anda tidak nyaman dan menimbulkan sedikit rasa sakit, tapi cukup efektif untuk mengurangi nyut-nyutan di area yang cantengan.

4. Hindari dulu pakai sepatu hak tinggi atau sepatu yang agak sempit

Jika Anda ingin kuku kaki yang cantengan cepat sembuh, Anda harus menghindari pakai sepatu high heels dan sepatu yang sempit. Memakai kedua sepatu tersebut dapat memberi tekanan yang lebih besar pada jari kaki yang cantengan.

Jika Anda tetap memakainya, maka rasa sakit akan semakin sering muncul dan cantengan jadi sembuh lebih lama. Maka itu, sebaiknya gunakan sandal atau alas kaki yang longgar terlebih dulu hingga cantengan sembuh.

Jangan sepelekan, cantengan bisa berdampak buruk jika tak segera diobati

Jika tidak diobati atau tidak terdeteksi, kuku cantengan dapat menginfeksi tulang di bawahnya dan menyebabkan infeksi tulang yang serius. Komplikasi yang sangat parah bisa terjadi, apalagi bila Anda mengalami diabetes.

Jika Anda menderita diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan aliran darah yang buruk ke kaki Anda, berisiko lebih besar mengalami cantengan. Orang dengan diabetes yang mengalami cantengan bisa jadi lebih sulit sembuh dan mungkin memerlukan pembedahan supaya mencegah terjadinya gangren.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ingrown toenail https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ingrown-toenails/diagnosis-treatment/drc-20355908 Diakses pada 09 Juli 2018.

How to Get Rid of an Ingrown Toenail https://draxe.com/ingrown-toenail/ Diakses pada 09 Juli 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 22/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x