4 Penyebab Badan Anda Gatal-gatal Saat Berolahraga

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan dan seharusnya membuat badan terasa lebih segar. Akan tetapi, beberapa orang justru merasa badan gatal saat olahraga. Bukannya merasakan manfaat dari olahraga, Anda malah sibuk menggaruk tubuh dan tidak bisa fokus berolahraga dengan baik.

Gatal yang terjadi saat berolahraga bisa dirasakan berbeda-beda pada setiap orang, mulai dari ringan sampai berat dan tak tertahankan. Hal aneh ini dapat terjadi di area tubuh mana saja, seperti di kulit kepala, wajah, leher, bahu, ketiak, siku, dan dada. Kira-kira apa artinya kalau badan gatal saat olahraga? Nah, penting bagi Anda untuk mengetahui sebenarnya apa yang menjadi penyebab gatal. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penanganan dengan tepat dan kembali menjalani olahraga dengan nyaman.

Berbagai penyebab badan gatal saat olahraga

Kulit kering

Kulit kering, cuaca kering, dan kelembaban udara yang rendah adalah penyebab badan gatal saat olahraga yang paling sering dilaporkan. Jangan salah, saat olahraga pun masalah kulit kering masih bisa menyerang. Apalagi kalau Anda berolahraga di tempat yang berangin. Kulit akan lebih mudah kering dan mengalami iritasi.

Bila ini penyebabnya, Anda cukup menggunakan pelembab sebelum berolahraga. Selain itu, tentu akan lebih baik lagi bila Anda menjaga kelembaban kulit secara rutin.

Alergi

Penyebab lain munculnya gatal saat berolahraga adalah sabun, lotion, kosmetik, atau detergen yang baru Anda coba menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

Bila rasa gatal yang Anda alami bertepatan dengan saat Anda menggunakan produk baru atau Anda menggunakan pakaian yang dicuci dengan detergen merek baru, Anda sebaiknya coba hentikan pemakaian dan lihat apakah terjadi perubahan atau tidak. Bila memang produk tersebut yang menjadi penyebabnya, segera hentikan pemakaian.

Dalam kasus yang sangat langka, seseorang bisa saja mengalami reaksi alergi terhadap keringat yang dihasilkan tubuhnya sendiri. Bila Anda tidak kunjung menemukan penyebab alergi Anda, segera periksa ke dokter.

Pelepasan histamin

Teori terbaru menduga bahwa gatal saat berolahraga adalah akibat dilepaskannya histamin saat berolahraga. Histamin adalah salah satu zat alami dalam tubuh yang fungsinya melebarkan pembuluh darah. Saat olahraga, pembuluh darah Anda memang akan melebar supaya tubuh mendapatkan pasokan oksigen dan darah yang cukup.

Sayangnya pada beberapa orang, histamin dapat menimbulkan sensasi gatal pada seluruh atau bagian tubuh tertentu. Bila Anda baru mulai aktif berolahraga, mungkin Anda tidak terlalu merasa gatal. Para atlet profesional biasanya mengonsumsi antihistamin sebelum berolahraga untuk mengurangi rasa gatal. Namun bila rasa gatal yang dialami sangat parah, sebaiknya Anda beristirahat dulu selama seminggu hingga gatal berkurang.

Efek samping obat-obatan

Beberapa obat memang diketahui dapat memberikan efek samping yaitu badan gatal saat olahraga. Beberapa golongan obat tersebut adalah antibiotik, obat pereda nyeri, dan obat diuretik. Padahal, obat-obatan tersebut termasuk obat yang  sering diresepkan dokter. Bila Anda curiga penyebab gatal adalah obat-obatan yang Anda minum, konsultasikan penggunaan obat dengan dokter dan apoteker Anda.

Jangan menggaruk bagian kulit Anda yang gatal. Hal ini dapat membuat gejala bertambah parah dan dapat menyebabkan luka yang rentan kena infeksi. Pakailah kompres dingin atau salep yang sejuk pada kulit Anda yang gatal. Jika Anda mengalami reaksi gatal yang sangat parah, bahkan sampai reaksi anafilaktik (sesak napas dan tekanan darah menurun drastis), segera cari pertolongan medis karena ini adalah kondisi yang serius.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Vagina Anda luka? Jangan digaruk atau dibersihkan dengan sembarang sabun. Apa penyebab lecet dan luka di vagina? Dan bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Yang jelas, bulu alias rambut halus yang lebat ini diakibatkan tingginya hormon testosteron. Tapi apakah ini berarti nafsu seksualnya juga lebih tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit