Bolehkah Langsung Mandi Setelah Berolahraga?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Setelah berolahraga tubuh akan berkeringat lebih dari biasanya. Anda mungkin akan merasakan tubuh berkeringat, bau, dan lengket. Nah, biasanya setelah itu Anda mungkin akan langsung ingin cepat-cepat mandi. Namun ada mitos yang menyebutkan bahwa langsung mandi setelah olahraga tidak disarankan. Lantas, benarkah mandi setelah olahraga itu buruk bagi kesehatan?

Boleh saja mandi setelah olahraga, asal…

Mandi setelah olahraga dapat membantu Anda untuk meringankan nyeri otot dan sendi. Selain itu mandi juga membantu membersihkan keringat dan bakteri di kulit Anda. Lalu apakah boleh langsung mandi setelah olahraga? Ternyata jawabannya tidak.

Ya, bila Anda mau mandi setelah olahraga, Anda harus memberikan jeda waktu antara olahraga dan mandi. Jangan baru benar-benar selesai olahraga langsung mandi, justru ini yang bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Saat Anda berolahraga, jantung memompa darah yang kaya oksigen ke otot lebih banyak dari biasanya. Hal ini membuat suhu tubuh meningkat dan detak jantung berdenyut lebih cepat. Jika Anda langsung mandi maka pembuluh darah akan melebar dan membuat Anda rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa menyerang tiba-tiba seperti serangan jantung.

Oleh karena itu, hal terpenting yang harus Anda lakukan persis setelah berolahraga adalah melakukan pendinginan. Pendinginan wajib dilakukan untuk membuat detak jantung dan suhu tubuh kembali normal. Para ahli menyarankan untuk melakukan pendinginan minimal 20 menit sebelum Anda memutuskan untuk mandi.

Sebaiknya mandi air dingin atau air hangat?

Mandi air hangat dan dingin sama-sama bermanfaat bagi tubuh. Dr. Kristin Maynes, spesialis terapi fisik di California menyatakan bahwa mandi air hangat memicu lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh, membantu menenangkan otot, dan memulihkan otot serta sendi. Selain itu, mandi air hangat juga membuat Anda lebih rileks setelah rasa lelah yang mendera.

Sedangkan mandi air dingin dapat membantu tubuh untuk melindungi organ dalam tubuh dengan mendorong darah mengalir jauh hingga ke kulit. Ketika Anda berolahraga, detak jantung akan meningkat. Saat itu, kebutuhan oksigen meningkat dan tubuh secara alami akan menghasilkan asam laktat di otot.

Kondisi ini normal terjadi saat Anda sedang melakukan olahraga yang cukup intens, karena tubuh mengandalkan cadangan energi yang ada.  Nah. saat jumlah asam laktat meningkat, maka akan menimbulkan perasaan seperti rasa terbakar saat berolahraga. Jadi mandi air dingin bisa jadi pereda rasa panas ini.

Selain itu, mandi air dingin juga mengurangi risiko terjadinya radang otot dan rasa nyeri yang disebabkan oleh olahraga yang terlalu intens. Secara keseluruhan, mandi air dingin setelah latihan membantu menyempitkan pembuluh darah yang melebar dan mengurangi aktivitas metabolik yang bisa menjadi penyebab kerusakan jaringan serta pembengkakan.

Mandi setelah berolahraga tidak mengancam kesehatan Anda asalkan memberikan jeda antara waktu olahraga dan mandi. Anda bisa mencoba mandi dengan air dingin atau hangat sesuai dengan keinginan Anda. Usahakan untuk membersihkan tubuh dengan sempurna dari ujung kepala hingga ujung kaki agar tubuh terbebas dari kuman yang menempel dan membuat Anda kembali segar untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Tidak hanya bermanfaat bagi orang yang sehat, olahraga juga harus dilakukan oleh mantan penderita kanker. Apa saja manfaatnya? Olahraga apa yang dianjurkan?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kebugaran 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Yuk, Ketahui Manfaat dan Gerakan Senam Jantung Sehat

Ingin jantung selalu sehat? Cobalah untuk mencoba senam jantung sehat. Yuk, lihat manfaat sekaligus panduan gerakan-gerakannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Jantung, Kesehatan Jantung 13 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ada yang suka berolahraga setelah bangun pagi, ada juga yang lebih senang olahraga pulang kantor. Sebetulnya, lebih baik olahraga pagi atau malam?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Olahraga Lainnya, Kebugaran 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Olahraga adalah cara mendapatkan berat badan ideal yang paling efektif. Namun dari semua jenis, mana yang lebih manjur: olahraga kardio atau angkat beban?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Kardio, Kebugaran 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gerakan olahraga melatih kelenturan tubuh

10 Gerakan Olahraga Untuk Meraih Kelenturan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
tips lari untuk penderita rematik

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
minum kopi sebelum olahraga

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit