home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Cara Mudah Mengatasi Rambut Kemaluan yang Tumbuh ke Dalam

Berbagai Cara Mudah Mengatasi Rambut Kemaluan yang Tumbuh ke Dalam

Teknik waxing, mencabut, atau mencukur rambut kemaluan yang salah dapat menyebabkan rambut bertumbuh ke dalam. Ketika ini terjadi, Anda mungkin melihat benjolan kecil di tempat rambut tersebut yang terasa sakit atau gatal. Kadang benjolan bekas rambut yang tumbuh ke dalam juga bisa berisi nanah. Bagaimana cara mengatasi masalah rambut kemaluan tumbuh ke dalam?

Penyebab rambut kemaluan tumbuh ke dalam

Rambut kemaluan lebih tebal, kasar, dan cenderung keriting daripada rambut di bagian tubuh lainnya. Karena teksturnya yang lebih “padat”, cara mencukur yang salah atau terburu-buru dapat merisikokan mata pisau cukur untuk memerangkap dan menjambak rambut tersebut sehingga menyebabkan iritasi kulit. Bila ini terjadi, folikel rambut bisa tumbuh salah arah dan menyebabkan rambut kemaluan tumbuh ke dalam.

Sel kulit mati yang menyumbat folikel juga dapat memicu pertumbuhan rambut jadi membelot dan berbalik ke dalam lapisan kulit, bukannya ke luar dari kulit. Rambut kemaluan yang sudah masuk ke dalam folikel tidak keluar kembali.

Jaringan kulit kemudian menganggap rambut itu sebagai benda asing yang menyerang tubuh, sehingga sistem imun Anda akan memulai proses peradangan. Pada akhirnya, timbullah benjolan merah yang terasa sakit atau gatal mirip jerawat.

Bagaimana cara mengatasi rambut kemaluan yang tumbuh ke dalam?

Dalam beberapa kasus, rambut tumbuh ke dalam dapat ditangani sendiri di rumah dengan cara-cara sederhana.

Pertama, bersihkan dulu area kulit tempat rambut yang bertumbuh ke dalam dengan waslap lembut. Bersihkan dengan gerakan memutar perlahan. Kemudian dengan pinset atau jarum pentul yang steril, cukup tusuk kepala benjolan tersebut dan angkat jarum untuk membuka jalan bagi nanah untuk bisa keluar (bayangkan Anda sedang mendongkrak). Ingat, bukan dipencet dari bawah sampai nanahnya keluar.

Menusuk kepala benjolan tidak akan menyebabkan rasa sakit, karena Anda berurusan dengan sel kulit yang sudah mati. Trik ini tidak akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut terhadap jaringan kulit sehat di sekitarnya, sekaligus menghindari infeksi dan bekas luka.

Jika kondisi rambut tumbuh ke dalam terlanjur serius dan tidak bisa dikempiskan dengan cara di atas, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Biasanya dokter akan memberikan resep obat-obatan yang bisa digunakan untuk menangani kondisi ini, yaitu:

  • Krim steroid untuk mengurangi peradangan.
  • Krim atau obat yang diminum untuk menangani infeksi. Losion antibiotik dapat digunakan untuk mengobati area yang terluka akibat garukan.
  • Obat yang akan membantu mengangkat sel kulit mati. Obat ini dapat mengurangi warna gelap dan ketebalan kulit pada area rambut tumbuh ke dalam.
  • Krim retinoid seperti tretinoin (Renova, Retin-A) untuk mengangkat sel kulit mati dan memudarkan bercak kulit gelap di area rambut yang tumbuh ke dalam. Obat-obatan ini bisa menyebabkan kulit kering. Namun, jangan gunakan krim retinoid jika Anda sedang hamil. Obat ini berbahaya bagi bayi dan bisa menyebabkan cacat lahir.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Treating and Preventing Ingrown Pubic Hair https://www.healthline.com/health/treating-preventing-ingrown-vaginal-hair#treatment diakses 7 Desember 2017.

How to Treat Ingrown Hairs in the Pubic Area https://www.livestrong.com/article/180781-how-to-treat-ingrown-hairs-on-the-pubic-area/ diakses 7 Desember 2017.

Home Treatment for Vaginal Ingrown Hairs https://www.livestrong.com/article/132741-home-treatment-vaginal-ingrown-hairs/ diakses 7 Desember 2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 23/09/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x