backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

9

Tanya Dokter
Simpan

10 Pantangan Gatal-Gatal yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 29/10/2023

10 Pantangan Gatal-Gatal yang Perlu Anda Ketahui

Kulit gatal tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman. Gatal-gatal bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun, orang yang sering gatal karena alergi atau sensitif terhadap kotoran dan zat tertentu perlu menghindari hal-hal pemicunya. Ketahui pantangan gatal-gatal, dari makanan hingga kebiasaan, yang perlu Anda perhatikan.

Makanan yang harus dihindari saat gatal

Penyebab gatal pada kulit meliputi alergi, kulit kering, gigitan serangga, kuman, paparan zat kimia, atau kondisi kesehatan tertentu.

Makanan menjadi penyebab utama kulit gatal akibat alergi. Inilah daftar pantangan makanan yang bisa memicu gata-gatal.

1. Telur

Telur merupakan sumber protein tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, makanan ini perlu Anda hindari jika sedang menderita kulit gatal.

Pasalnya, bagi sebagian orang telur dapat menyebabkan reaksi alergi berupa gatal-gatal dan ruam di kulit.

Reaksi alergi ini umumnya disebabkan oleh beberapa jenis protein di dalam putih telur seperti ovalbumin, ovotransferrin, lisozim putih telur, dan ovomusin.

2. Kacang tanah

Manfaat kacang tanah

Kacang tanah juga dapat menyebabkan reaksi alergi berupa gatal-gatal, bengkak, hingga kesulitan bernapas.

Pada beberapa orang, mengonsumsi kacang tanah dapat memicu respons sel antibodi bernama Immunoglobulin E (lgE) dan pelepasan histamin yang menyebabkan reaksi alergi. 

3. Kerang

Makanan pantangan gatal-gatal selanjutnya adalah kerang. Makanan laut satu ini juga perlu dihindari saat Anda sedang mengalami penyakit gatal-gatal. 

Pasalnya, untuk sebagian orang kerang dapat memicu reaksi alergi berupa gatal-gatal atau ruam kulit.

4. Gandum

Gandum dapat memicu reaksi alergi seperti gatal-gatal, gangguan pencernaan, dan masalah pada pernapasan.

Mengutip Mayo Clinic, reaksi alergi ini biasanya terjadi akibat paparan protein di dalam gandum, seperti albumin, gliadin, glutamin dan gluten.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum, seperti roti, tepung, biskuit, dan bolu saat mengalami kulit gatal. 

5. Produk susu

Kandungan protein di dalam susu, seperti whey dan kasein dapat menyebabkan reaksi alergi berupa gatal, bengkak, hingga gangguan pencernaan. 

Maka dari itu, sebaiknya hindari berbagai produk olahan susu termasuk, yoghurt, keju, atau es krim agar gatal tidak bertambah parah. 

Hal yang harus dihindari saat kulit gatal akibat digigit kutu

Jika ingin terbebas dari kulit gatal, Anda harus mengetahui beberapa pantangan gatal-gatal berikut ini. 

1. Terus menggaruk kulit gatal

kulit gatal gejala kanker pankreas

Munculnya rasa gatal membuat otak Anda memerintahkan tangan untuk menggaruk.

Meskipun menggaruk bisa memberikan rasa lega, efek ini hanya sementara. Rasa gatal justru bisa semakin kuat saat Anda menggaruknya. Anda pun jadi terus-terusan ingin menggaruk kulit yang gatal.

Semakin keras Anda menggaruk, semakin besar gesekan pada kulit. Akibatnya, kulit gatal malah bisa jadi lecet dan terasa perih.

Kuku sering kali jadi tempat persembunyian kuman-kuman. Nah, saat ruam yang Anda garuk terluka, bakteri dari kuku bisa masuk dan menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggaruk kulit yang gatal.

Tips meredakan gatal tanpa menggaruk

Untuk meredakan gatal, Anda dapat menepuk-nepuk area kulit yang gatal atau mengososknya perlahan. Selain itu, kompres area kulit yang gatal dengan air dingin bisa membantu meredakan gatal. 

2. Hindari menggunakan sabun 

Beberapa jenis sabun sabun atau deterjen dapat menyebabkan ruam di pergelangan tangan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sabun yang tidak memiliki kandungan pewangi dan hipoalergenik. 

Pasalnya, jenis sabun tanpa pewangi  biasanya aman dan tidak menimbulkan iritasi dan rasa gatal di kulit.

Selain itu, gunakan deterjen dengan bahan yang lembut tanpa kandungan pewangi agar kulit gatal tidak bertambah parah. 

3. Pakai baju atau celana yang ketat dan bahannya kasar

Pantangan gatal-gatal yang perlu Anda hindari selanjutnya adalah menggunakan baju atau celana yang ketat.

Jika baju atau celana yang Anda gunakan terlalu ketat dan bahannya kasar, ruam kulit akan lebih banyak mendapat gesekan. 

Akibatnya, ruam jadi lecet dan kondisinya jadi semakin memburuk. Untuk itu, pilih pakaian dan celana yang bahannya lembut dan lebih longgar.

4. Berendam terlalu lama dan membiarkan keringat di tubuh

Hindari berendam terlalu lama. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan minyak alami di kulit menghilang, sehingga membuat kulit kering.

Kulit kering dapat berpotensi menimbulkan sensasi gatal. Oleh karena itu, atur lamanya waktu berendam tidak lebih dari 20 menit. 

Selain itu, membiarkan tubuh berkeringat bisa membuat rasa gatal semakin memburuk. Setelah berolahraga, sebaiknya ganti baju Anda dengan yang lebih kering dan segera bersihkan tubuh.

5. Tidur dengan hewan peliharaan

Bulu hewan peliharaan juga bisa menyebabkan alergi, yang bisa menimbulkan gejala gatal pada kulit.

Saat kulit Anda sedang gatal, sebaiknya hindari tidur satu ranjang dengan hewan peliharaan Anda. 

Oleh karena itu, untuk sementara waktu, pisahkan tempat tidur atau titip hewan peliharaan pada teman atau tempat penitipan hewan.

Nah, itulah beberapa pantangan gatal-gatal yang perlu Anda hindari agar kulit gatal tidak semakin memburuk. 

Jika gatal tak kunjung sembuh dan justru semakin memburuk, sebaiknya segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 29/10/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan