Penyebab Jerawat Muncul di Bibir, Plus Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Selain di pipi dan daerah badan lainnya, jerawat juga dapat muncul di area tak terduga, yaitu bibir. Walaupun terbilang kecil, jerawat di bibir cenderung terasa lebih nyeri dibandingkan daerah lainnya. Lantas, apa yang menyebabkan hal ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab jerawat di bibir

jerawat di bibir

Sama seperti jerawat lainnya, penyebab jerawat di bibir terjadi akibat produksi minyak berlebih, bakteri, dan penyumbatan folikel rambut. 

Penyumbatan folikel rambut akibat penumpukan sel kulit dapat terjadi karena berbagai faktor sebagai berikut.

  • Penggunaan produk perawatan bibir dengan kandungan minyak yang tinggi (lip balm atau petroleum jelly).
  • Memegang area bibir dengan tangan kotor.
  • Sisa makanan dan minuman yang tidak dibersihkan.
  • Daerah mulut dan sekitarnya berkeringat.
  • Perubahan hormon, terutama saat masa pubertas dan menstruasi.

Meski beberapa produk perawatan bibir terbilang aman, penggunaan yang berlebihan dan tidak dibersihkan dengan baik dapat menyumbat pori. Akibatnya, jerawat di area ini pun tidak dapat dicegah. 

Perbedaan jerawat di bibir dengan herpes oral

Beberapa dari Anda mungkin merasa khawatir jerawat di bibir yang dialami adalah pertanda dari herpes oral. Meski tampak mirip, sebenarnya jerawat dan herpes oral memiliki perbedaan yang cukup terlihat. 

Pertama, jenis jerawat di daerah mulut Anda biasanya berisi nanah. Sementara itu, herpes oral mengandung cairan bening. Selain itu, penyebab keduanya pun berbeda. Jerawat disebabkan oleh bakteri, sedangkan herpes oral muncul akibat virus herpes.

Dari sini sudah terlihat bahwa pengobatan keduanya akan berbeda mengingat penyebabnya pun tidak sama. Perawatan untuk mengatasi jerawat biasanya menggunakan obat anti bakteri dan herpes oral diobati dengan bantuan obat antivirus. 

Jika tidak merasa yakin bahwa jerawat Anda adalah masalah kulit biasa, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar lebih pasti. 

Cara menghilangkan jerawat di bibir

Jerawat di daerah bibir, baik di atas maupun bawah area mulut Anda, tentu dapat mengganggu. Selain menurunkan kepercayaan diri, jerawat di daerah ini juga cenderung lebih menyakitkan. 

Oleh sebab itu, Anda tentu ingin cepat-cepat menghilangkan jerawat di area mulut, bukan? Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit kulit tidak menular ini. 

Mengoleskan obat jerawat

vitacid cream

Sebenarnya, ada banyak perawatan yang efektif untuk mengatasi jerawat, termasuk jerawat di bibir. Salah satu metode yang cukup ampuh menghilangkan jerawat di daerah ini adalah obat jerawat topikal, seperti krim dan salep. 

Benzoil peroksida

Benzoil peroksida adalah salah satu obat jerawat yang cukup ampuh mengatasi jerawat yang meradang. Hal ini dikarenakan kandungan yang sering ditemukan pada obat jerawat ini membantu melawan bakteri penyebab jerawat. 

Selain itu, benzoil peroksida juga dapat membantu kulit mengendalikan minyak agar pori-pori tidak tersumbat dan memperparah kondisi jerawat. 

Retinoid

Tidak hanya benzoil peroksida, retinoid pun juga sering menjadi pilihan untuk mengatasi jerawat di area ini. Umumnya, kandungan obat ini digunakan untuk membuka sumbatan pada pori, mengurangi produksi minyak, dan mencegah peradangan kulit. 

Antibiotik

Selain kedua obat yang disebutkan di atas, krim antibiotik yang bersifat antibakteri dapat digunakan untuk membunuh bakteri dan meredakan peradangan. 

Beberapa obat jerawat memang dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter, tetapi tidak sedikit pula krim jerawat yang ampuh memerlukan resep dokter. Selalu gunakan obat sesuai dengan instruksi yang tertera di label atau berdasarkan anjuran dokter. 

Jika Anda menggunakan obat jerawat di malam hari, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab keesokan harinya. Hal ini bertujuan untuk mencegah kulit wajah terasa kering setelah penggunaan obat. 

Kompres jerawat

Tak hanya menggunakan obat-obatan, Anda juga dapat melakukan beberapa cara alami yang membantu mengatasi jerawat di bibir. Salah satu metode yang sering dilakukan adalah mengompres jerawat, baik dengan es batu maupun air hangat. 

Kompres dingin dengan es dapat membantu meringankan pembengkakan dan kemerahan di kulit. Hal ini juga membantu menyamarkan jerawat Anda. Selain itu, kompres dengan es juga meringankan rasa nyeri yang mengganggu.

Kompres dengan air hangat pun juga dapat digunakan untuk mengeluarkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori. Bahkan, metode ini cukup membantu pada jerawat yang sudah terinfeksi karena dapat membantu mengeringkan nanah. Alhasil, rasa nyeri dan kemerahan pun berkurang. 

Cobalah untuk mengompres jerawat sekitar satu menit sebanyak dua kali dalam satu hari. Anda bisa mengulangi cara ini sesuai kebutuhan, terutama saat jerawat terasa sakit.

Ragam Jenis Vitamin untuk Kulit Sehat, Cerah, dan Awet Muda

Bagaimana dengan pengobatan alami?

Banyak dari Anda yang mungkin mendengar bahwa bahan alami tertentu, seperti tea tree oil dan cuka apel dapat membantu mengatasi jerawat di bibir. 

Beberapa orang mungkin merasa bahan alami mengatasi jerawat ini cukup ampuh untuk mereka. Namun, tentu saja ada keterbatasan dari cara alami, baik dari keampuhan maupun efek sampingnya. 

Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum rutin menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati jerawat Anda. 

Tips mencegah jerawat di bibir

Walaupun cukup mengganggu, kemunculan jerawat di bibir tentu dapat dicegah. Agar tidak bingung, berikut beberapa kebiasaan yang dapat membantu Anda mencegah jerawat di area sekitar mulut. 

  • Rutin membersihkan wajah dan bibir dengan sabun pembersih yang lembut.
  • Hindari menyentuh area bibir terlalu sering agar bakteri tidak menempel.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Perawatan Kulit Berjerawat yang Benar?

Jerawat dapat membuat seseorang kurang percaya diri. Untuk membantu mengatasinya, berikut tips perawatan kulit berjerawat yang bisa Anda tiru.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Jerawat, Kesehatan Kulit 4 November 2020 . Waktu baca 9 menit

Apa Saja Cara Ampuh untuk Mencegah Jerawat?

Ada banyak sekali cara mencegah jerawat yang bisa Anda coba. Dibandingkan melakukan sesuatu yang susah, Anda bisa mencoba kebiasaan-kebiasaan ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Jerawat, Kesehatan Kulit 4 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, dari Perawatan Dokter Hingga Kebiasaan Sehat

Ada banyak cara mengatasi jerawat dan bekasnya. Simak ulasan lengkap cara menghilangkan bekas jerawat secara alami maupun dari dokter di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Jerawat, Kesehatan Kulit 4 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Rekomendasi Masker Toko dan Masker Alami Buatan untuk Jerawat

Masker bisa Anda andalkan untuk bantu hilangkan jerawat secara alami di waktu senggang. Apa saja ya masker yang bagus untuk jerawat?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Kesehatan Kulit 4 November 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jerawat di vagina

Bahayakah Jika Terdapat Jerawat di Daerah Kewanitaan Vagina?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2020 . Waktu baca 6 menit
menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit
kacang bikin jerawatan

Kacang Bikin Jerawatan, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit
memencet jerawat

Apakah Aman untuk Memencet Jerawat?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2020 . Waktu baca 6 menit