6 Cara Alami yang Ampuh Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 November 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Banyak wanita yang mengeluhkan munculnya jerawat saat hamil, terutama pada trimester pertama dan kedua. Walaupun biasanya akan hilang setelah melahirkan, jerawat saat hamil tetap saja mengganggu. Terlebih ibu hamil tidak boleh sembarang menggunakan krim kecantikan atau obat jerawat. Nah, daripada menggunakan obat jerawat yang berisiko, sebaiknya gunakan cara alami yang sudah pasti aman untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat saat hamil. 

Cara menghilangkan jerawat saat hamil dengan bahan alami

Munculnya jerawat saat hamil disebabkan oleh kenaikan hormon androgen. Pelepasan hormon androgen yang berlebihan ini menyebabkan kelenjar kulit menghasilkan lebih banyak sebum, yaitu zat yang banyak mengandung minyak dan lemak. Akibatnya, pori-pori wajah menjadi tersumbat dan memicu jerawat. Nah, enam bahan alami ini bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi masalah jerawat, di antaranya:

1. Cuka sari apel

Ketimbang memakai obat jerawat yang mengandung bahan kimia, cuka sari apel lebih aman digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat saat hamil. Bahan alami ini bisa Anda gunakan untuk membuat toner alami. Bagaimana caranya? Mudah, kok!

Campurkan cuka sari apel dengan air dengan perbandingan 1:3 dan rendam kapas pada larutan tersebut. Tepuk kapas pada wajah untuk menyerap minyak berlebih di wajah. Campuran bahan alami ini mengandung enzim dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu mengatasi jerawat membandel.

2. Baking soda

Selain untuk membuat kue, baking soda juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Pasalnya, baking soda memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang mampu menyerap minyak di kulit dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Campurkan satu sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air, kemudian oleskan hanya di bagian yang berjerawat. Tunggu sampai kering, baru bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, aplikasikan larutan ini sebanyak dua sampai empat kali seminggu. Mudah, bukan?

3. Buah-buahan sitrus

Buah sitrus (seperti buah jeruk, lemon, atau jeruk nipis) memiliki khasiat yang menakjubkan jika dimanfaatkan untuk kulit. Buah-buahan sitrus mengandung asam alfa hidroksi yang dapat membantu mengencangkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Sifat astringent dan antibakteri pada buah sitrus sangat efektif sebagai agen eksfolian kulit.

Peras lemon atau jeruk nipis dan oleskan langsung ke titik jerawat dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 10 menit atau sampai kering, bilas dengan air dingin. Cukup oleskan sekali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun perlu dicatat, bila Anda memiliki kulit yang sensitif, campurkan tetesan lemon dengan air untuk mencegah iritasi kulit.

4. Madu

Madu terkenal dengan sifat antibakteri dan antiseptik yang baik untuk mengenyalkan dan mengencangkan kulit wajah. Pertama-tama, bilas wajah Anda dengan air hangat dan keringkan. Oleskan madu ke area wajah yang berjerawat dan tunggu hingga 20 sampai 30 menit. Jika sudah cukup kering, bilas dengan air hangat. Lakukan pada pagi dan malam hari untuk menjaga kelembapan kulit dan tentunya mengatasi jerawat yang bersarang di wajah Anda.

5. Minyak kelapa

Bahan yang satu ini mudah ditemukan dan sifatnya serba guna. Selain untuk masak, minyak kelapa juga bisa Anda gunakan di wajah, lho. Pasalnya, minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang cocok digunakan untuk membersihkan bakteri penyebab jerawat. Minyak kelapa juga dapat dengan mudah diserap oleh kulit wajah sehingga membuat kulit wajah terhidrasi dengan baik.

Oleskan minyak kelapa pada area jerawat sebelum tidur dan diamkan semalaman. Lakukan cara ini setiap malam hari menjelang tidur dan buktikan sendiri keampuhannya dalam membasmi jerawat saat hamil.

6. Oatmeal dan timun

Campuran oatmeal dan timun memberikan efek dingin untuk kulit wajah bila digunakan sebagai masker. Caranya pun mudah. Blender oatmeal dan potongan timun, kemudian masukkan ke dalam kulkas. Oleskan ke wajah selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan air dingin. Selain memberikan sensasi sejuk, wajah Anda akan semakin bersih dengan jerawat yang semakin mengecil.

Cara rumahan lain untuk mengatasi jerawat saat hamil

terapi air putih

Selain dengan obat alami, Anda juga perlu melakukan beberapa cara berikut untuk menghilangkan mengatasi jerawat saat hamil, yaitu:

  • Jangan terlalu sering mencuci muka karena bisa menghilangkan kelembapan alami kulit dan meningkatkan produksi minyak sehingga Anda lebih rentan berjerawat.
  • Ganti sarung bantal sesering mungkin.
  • Jangan memencet atau memegang jerawat, apalagi dengan tangan yang kotor.
  • Hindari scrubbing dengan produk yang teksturnya terlalu kasar.
  • Rutin keramas, apalagi jika memiliki poni atau rambut yang berminyak.
  • Minum banyak air putih dan hindari terlalu banyak soda atau kafein.
  • Hindari makanan dengan kadar gula yang tinggi dan yang telah diproses terlalu banyak (makanan instan).

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Meski tampaknya selalu bersemangat soal urusan di ranjang, ada banyak juga masalah seks yang dapat mengganggu pria. Yuk, ketahui apa saja!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Ibu hamil makan daging kambing memiliki beragam pendapat di masyarakat. Namun, sebenarnya bolehkah ibu hamil makan daging jenis ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Meski sedang hamil, ibu tetap direpotkan untuk melakukan pekerjaan rumah. Namun, apakah semua pekerjaan rumah tangga saat hamil aman untuk dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Kenikmatan kopi sudah tidak diragukan. Namun, tahukan Anda ada beberapa cara membuat kopi yang dapat menjadikan manfaatnya lebih baik untuk kesehatan.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati sengatan lebah

Pertolongan Pertama untuk Mengobati Sengatan Lebah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 23 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
KDRT konflik rumah tangga

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
tips menghindari perceraian

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
gejala leptospirosis

Cara Mengatasi Gejala Leptospirosis, Penyakit Khas di Musim Hujan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit