home

Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cara Memilih Perawatan Terbaik untuk Atasi Bekas Jerawat Membandel

Cara Memilih Perawatan Terbaik untuk Atasi Bekas Jerawat Membandel

Biasanya jerawat yang sudah sembuh menimbulkan jejaknya pada kulit wajah. Tak jarang, orang jadi tak percaya diri karena bekas jerawat yang menganggu penampilannya.

Oleh karenanya, perawatan wajah tidak hanya berhenti setelah Anda menuntaskan masalah jerawat. Ada perawatan lain yang diperlukan untuk mengatasi bekas jerawat.

Jenis tipe bekas jerawat

Kebiasaan seperti terlalu sering mencuci wajah, melakukan scrubbing, memencet jerawat, atau bahkan tidak tuntas melakukan perawatan jerawat dapat menimbulkan masalah baru setelah jerawat sembuh, yaitu timbulnya bekas jerawat.

Jejak bekas jerawat yang tertinggal pada wajah terkadang menimbulkan beragam bekas seperti di bawah ini.

  • ice pick: berlubang kecil tapi dalam
  • boxcar: lengkungan yang terlihat dangkal atau dalam
  • rolling: berlubang lebar dan dangkal, sehingga membuat kulit jadi tidak rata
  • dark spots: biasanya ditandai dengan noda kemerahan, hitam atau cokelat, maupun keunguan (hiperpigmentasi)

Bekas jerawat yang tertinggal terkadang membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Terutama untuk mereka yang kesehariannya selalu bertatap muka dengan banyak orang.

Jika Anda adalah salah satu yang sedang berjuang menghilangkan bekas jerawat, ketahuilah ada cara untuk mengatasi permasalahan ini.

Cara mengatasi bekas jerawat dengan perawatan yang tepat

Tak jarang noda kehitaman bekas jerawat menetap pada kulit wajah. Meskipun tidak berbahaya, noda tersebut bisa saja sembuh secara sendirinya dalam jangka waktu lama, mulai dari 3 bulan hingga 2 tahun.

Masalah bekas jerawat yang timbul pada setiap orang berbeda. Ada saja yang memiliki masalah noda kehitaman atau bopeng bekas jerawat yang mengakibatkan tekstur kulit jadi tidak rata. Karena efeknya yang bisa saja mengganggu penampilan, mau tak mau Anda perlu mencari solusi untuk mengembalikan kulit wajah seperti sedia kala.

Bicara soal menyembuhkan bekas kulit jerawat pun bisa dilakukan dengan cara mandiri, salah satunya dengan perawatan post acne. Cara mengatasi bekas jerawat dapat secara mudah dilakukan dengan memilih produk perawatan post acne yang memiliki kandungan berikut ini.

1. Allium cepa

Cara mengatasi bekas jerawat dapat dilakukan dengan pemilihan produk post acne yang mengandung allium cepa. Kandungan ini merupakan formulasi ekstrak bawang merah.

Ekstrak bawang merah ini dapat menyembuhkan bekas luka iritasi berkat sifat antijamur dan antimikroba. Kandungan ini juga dipercaya mampu melawan peradangan yang diakibatkan oleh bakteri Acne vulgaris.

2. Mucopolysaccharide polysulphate (MPS)

Anda bisa memilih kandungan perawatan post acne yang mengandung MPS sebagai cara untuk mengatasi bekas jerawat. Kandungan ini sudah lebih dari 50 tahun digunakan sebagai pengobatan tradisional, terutama untuk mengatasi peradangan.

MPS memiliki kandungan anti-inflamasi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan MPS ini dapat menjaga kulit agar tetap hidrasi. Sehingga kandungan MPS dalam perawatan post acne dapat mengatasi kondisi kulit yang meradang akibat jerawat.

3. Allantoin

Kandungan allantoin dalam produk perawatan post acne dapat digunakan sebagai cara mengatasi bekas jerawat. Allantoin berperan untuk melembapkan, mengobati, serta mencegah kulit kering, kasar, berisisik, serta iritasi ringan.

Allantoin mengandung emolien yang mampu melembutkan dan melembapkan kulit. Oleh karenanya, iritasi yang timbul akibat bekas jerawat yang tertinggal pada wajah dapat memulih dengan bantuan kandungan tersebut.

4. Pionin

Cara mengatasi bekas jerawat adalah dengan memilih produk dengan kandungan pionin. Di sini, pionin berperan untuk melawan bakteri dan jamur, karena memiliki sifat antimikroba yang mampu melawan bakteri dan jamur, sehingga mencegah terjadinya munculnya jerawat.

Selain itu, pilihlah produk yang diformulasikan dalam bentuk gel, sehingga produk dapat menyerap ke dalam kulit secara cepat dan optimal.

Kini, Anda sudah tahu cara memilih produk untuk mengatasi bekas jerawat. Perlu diingat, dalam memilih perawatan post acne, sebaiknya Anda memilih produk yang bersifat hypoallergenic dan non-comedogenic. Pemilihan ini dilakukan untuk meminimalkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit bekas jerawat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Guide to Treating Acne Scars and Skin Damage. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/guide-to-treating-acne-scars-and-skin-damage. Diakses 29 Oktober 2019.

The best ways to get rid of acne scars. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324784.php. Diakses 29 Oktober 2019.

Nasri, H., Bahmani, M., Shahinfard, N., Moradi Nafchi, A., Saberianpour, S., & Rafieian Kopaei, M. (2015). Medicinal Plants for the Treatment of Acne Vulgaris: A Review of Recent Evidences. Jundishapur Journal Of Microbiology8(11). doi: 10.5812/jjm.25580. Diakses 29 Oktober 2019.

Bernhardt, M., & Myntti, M.F. (2016). Topical Treatment With an Agent Disruptive to P. acnes Biofilm Provides Positive Therapeutic Response: Results of a Randomized Clinical Trial. Journal of drugs in dermatology : JDD, 15 6, 677-83. Diakses 29 Oktober 2019.

Wanitphakdeedecha, R., Eimpunth, S., & Manuskiatti, W. (2011). The Effects of Mucopolysaccharide Polysulphate on Hydration and Elasticity of Human Skin. Dermatology Research And Practice2011, 1-5. doi: 10.1155/2011/807906. Diakses 29 Oktober 2019.

Allantoin Cream. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-20247/allantoin-topical/details. Diakses 29 Oktober 2019.

Quaternium-73. http://www.mcbiotec.com/?t=view&id=86. Diakses 29 Oktober 2019.

Topical Formulation. https://www.dermnetnz.org/topics/topical-formulations/. Diakses 29 Oktober 2019.


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 28/02/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto