home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

Vitamin B adalah golongan vitamin yang larut dalam air, yang terdiri dari 8 jenis vitamin yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Karena itulah ia sering disebut sebagai vitamin B kompleks. Vitamin-vitamin yang tergolong ke dalam vitamin B kompleks mempunyai peran penting dalam regulasi metabolisme sel pada tubuh dan menyediakan energi yang diperlukan oleh organ tubuh untuk melangsungkan aktivitas-aktivitas fisik sehari-hari. Namun, ternyata peran vitamin B dalam kehidupan manusia lebih dari itu! Vitamin B bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan dan merawat tubuh, mulai dari kulit, kuku, hingga rambut.

Manfaat masing-masing vitamin B untuk kecantikan

Keseluruhan vitamin B kompleks merupakan vitamin yang penting untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B dapat mempengaruhi kulit, baik ketika dikonsumsi langsung maupun dipakai secara topikal di kulit. Selain itu, vitamin B juga membantu mencegah kerontokan rambut dan memicu pertumbuhan rambut. Ternyata, masing-masing bagian dari vitamin B juga mempunyai peran spesifik, loh. Let’s check this out!

Vitamin B1 (Thiamin)

Vitamin B1 atau thiamin berperan sebagai antioksidan yang membantu meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit. Hasilnya, sel-sel kulit akan terus beregenerasi dan membuat kulit menjadi terlihat lebih muda dan sehat. Tidak hanya itu, sirkulasi darah yang baik di area kepala juga membantu proses pertumbuhan rambut dengan supply oksigen ke folikel-folikel rambut.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Riboflavin merupakan jenis vitamin yang membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah peradangan pada kulit yang rentan berjerawat. Kekurangan vitamin B2 berhubungan dengan meradangnya jerawat. Riboflavin juga mempunyai peran dalam sekresi mukus pada jaringan kulit yang membuat kulit tetap lembut. Vitamin ini juga bisa mencegah kondisi kulit seperti eksim dan dermatitis.

Vitamin B3 (Niacin)

Niacin membantu memperbaiki lapisan teratas kulit, yaitu lapisan epidermis, dalam menahan kelembaban. Sementara itu, nicotinamide saat pemakaian topikal membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut, diikuti dengan pengurangan keriput dan kekeringan pada kulit. Selain itu, vitamin B3 juga menghambat transfer pigmen ke sel-sel kulit sehingga pembentukan flek hitam bisa diminimalisir. Tidak hanya berguna bagi kecantikan kulit, niacin juga membantu stimulasi sirkulasi darah ke kepala, yang membantu pertumbuhan rambut.

Vitamin B5 (Pantothenic acid)

Vitamin B5 atau asam pantotenat terbukti mampu mengurangi pembentukan minyak dan mengurangi pembentukan jerawat. Vitamin jenis ini terkenal pada industri perawatan kulit dan kecantikan karena kemampuannya dalam membantu menahan kelembaban kulit. Vitamin B5 membantu menghidrasi kulit sehingga menjadikan kulit terasa lebih kenyal, sehat, dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

Vitamin B6 (Pyridoxine)

Pyridoxine mempunyai peran dalam regulasi hormon di dalam tubuh. Pada wanita, level estrogen yang rendah dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan kerontokan rambut. Level estrogen yang rendah ini dapat dipicu oleh kurangnya kandungan vitamin B6 dalam tubuh. Selain itu, vitamin B6 terbukti membantu mengurangi pembentukan Dihydotestosterone, yaitu hormon yang menyebabkan kebotakan pada pria dan wanita.

Vitamin B7 (Biotin)

Biotin merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kulit, rambut, hingga kuku menjadi lebih sehat. Berdasarkan penelitian di Swiss tahun 1993, biotin juga dapat digunakan sebagai suplemen tambahan bagi orang-orang yang mempunyai kuku yang rapuh. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi suplemen biotin mengalami peningkatan ketebalan kuku.

Vitamin B9 (Folic Acid)

Vitamin B9 atau asam folat membantu menjaga keindahan rambut dengan cara mencegah tumbuhnya uban, membuat rambut menjadi lebih lebat, membuat rambut menjadi lebih berkilau, mencegah kerontokan rambut, serta mengurangi kerontokan.

Vitamin B12 (Cobalamin)

Vitamin B12 atau mecobalamin merupakan vitamin yang membentuk struktur rambut. Menurut Lisa Dayer, penulis buku The Beauty of Diet, vitamin B12 dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat dengan cara membentuk sel darah marah. Sel darah merah ini berguna untuk membawa oksigen ke kulit kepala yang menyebabkan pertumbuhan rambut yang optimal. Selain itu, biotin juga membantu produksi protein keratin di kulit kepala. Menurut Ted Daly, seorang professor dermatologi di Nassau University, pasien yang mengalami kerontokan rambut, kebanyakan adalah wanita, mengalami kekurangan vitamin B12 (defisiensi vitamin B12). Oleh karena itu, menjaga asupan B12 ke dalam tubuh dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut.

Bagaimana jika kita kekurangan salah satu dari vitamin B tersebut?

  • Kekurangan vitamin B1, B2, B3, dan B5 dapat menyebabkan rambut menjadi kusam
  • Kekurangan vitamin B9 atau asam folat menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi lambat
  • Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kerontokan rambut, alis, bulu mata, serta tumbuhnya uban

Ketika dikonsumsi bersamaan, vitamin B kompleks akan menambah kecantikan dengan cara mendukung kesehatan rambut, kulit dan kuku, sehingga rambut, kulit, dan kuku akan terlihat lebih cantik dan menarik dibanding sebelumnya.

Vitamin B kompleks dapat dengan mudah ditemukan pada bahan makanan sehari-hari, seperti telur, produk susu dan turunannya, buah dan sayur, serta daging ayam. Mengonsumsi makanan-makanan tersebut juga akan membawa banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh, mengingat kandungan karbohidrat, protein, lemak, mineral, serta vitamin lain selain vitamin B yang melimpah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditulis oleh Tiara Putri pada 29/11/2020
x