Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Apa Penyebab Anda Bersendawa Saat Pijat?

    Apa Penyebab Anda Bersendawa Saat Pijat?

    Sendawa saat pijat bukanlah hal yang aneh karena pijatan membantu mendorong angin atau gas keluar dari dalam tubuh. Gas ini bisa berasal dari udara yang terhirup saat makan dan berbicara atau hasil proses pencernaan.

    Namun, kenapa orang yang memijat Anda juga ikut bersendawa?

    Hubungan pijat dengan sendawa

    Saat dipijat, tubuh memberikan dua macam respons yang menyebabkan Anda sendawa. Pijatan memicu respons mekanis dan parasimpatis.

    Pertama pada respons mekanis, tekanan pada pijatan memicu gerak peristaltik atau kontraksi terus-menerus di usus. Gerakan ini akan mendorong udara keluar melalui mulut atau bersendawa.

    Kedua, mengutip riset dari jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine (2014), pijatan memunculkan respons dari saraf parasimpatis.

    Hal ini membuat pembuluh darah melebar dan melancarkan aliran darah pada saluran pencernaan

    Jika darah mengalir dengan lancar, hal ini memicu gerakan otot usus (motilitas) dan mendorong gas yang terjebak menuju mulut. Oleh karena itu, Anda sendawa saat pijat.

    Pijat tidak hanya membantu mengeluarkan udara. Efek gerakan pada usus setelah pijat juga membantu melancarkan buang air besar, mengurangi perut kembung, dan meredakan kolik.

    Mengutip situs Mayo Clinic, berikut ini manfaat pijat perut lainnya untuk kesehatan.

    • Mengurangi stres.
    • Meredakan rasa sakit dan nyeri pada otot yang tegang.
    • Mengembalikan energi tubuh dan kewaspadaan.
    • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

    Selain sendawa, Anda bisa mengalami hal ini saat pijat

    Sendawa saat pijat

    Bila Anda bersendawa saat pijat, ini menandakan bila pijatan bekerja baik pada tubuh Anda. Ternyata, ada pula efek lainnya bila pijatan berhasil.

    Tak hanya sendawa, inilah reaksi tubuh lainnya yang mungkin muncul saat pijat.

    1. Kentut

    Pijatan akan merangsang kontraksi otot halus di usus. Gerakan ini tak hanya mendorong udara menuju mulut, tapi juga membuat udara keluar dari anus.

    Itulah sebabnya, selain bersendawa, Anda juga bisa kentut selama dipijat.

    2. Perut berbunyi

    Pijatan merangsang pergerakan usus sehingga melancarkan proses pencernaan dan mempercepat keluarnya feses. Jadi, feses pun tidak tertahan terlalu lama di dalam usus.

    Karena proses pencernaan berjalan lancar, Anda pun akan mendengar perut sesekali berbunyi.

    3. Mendengkur

    Saat dipijat, sendawa bisa muncul akibat aktivitas saraf parasimpatis yang menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

    Efek peredaran darah yang lancar dan tekanan darah menurun membuat Anda merasa lebih rileks. Saking rileksnya, Anda bisa terlelap bahkan bisa mendengkur.

    Mengapa pemijat ikut bersendawa?

    Anda mungkin mendengar cerita atau bahkan melihat kejadian orang yang memijat atau terapis pijat ikut bersendawa saat memijat.

    Ada anggapan bahwa fenomena ini muncul akibat insting mereka. Pemijat seolah-olah bisa merasakan energi “buruk” dari gas yang terperangkap dalam tubuh seseorang yang dipijatnya.

    Hingga saat ini, belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan alasan di balik tenaga pemijat yang ikut bersendawa.

    Salah satu alasan yang paling mungkin adalah jika sendawa yang dialami oleh pemijat adalah hanya efek plasebo alias sugesti belaka.

    Cara memijat agar mudah bersendawa

    pijat perut agar cepat hamil

    Pijat membantu mengeluarkan gas di dalam tubuh melalui. Mengeluarkan udara berlebih merupakan hal yang penting untuk kesehatan Anda.

    Gas yang terkumpul dalam tubuh secara berkepanjangan akan menyebabkan nyeri dan kram perut. Kondisi ini tentu membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

    Untuk mengatasinya, Anda bisa memijat bagian perut untuk mendorong udara keluar dari tubuh.

    Coba teknik pijat perut berikut ini agar semakin mudah mengeluarkan gas yang tertahan di dalam tubuh.

    • Pijat perut Anda dengan gerakan melingkar pada perut bagian kanan bawah. Pijat perlahan sampai ke tulang rusuk. Lalu, pijat ke sisi kiri Anda.
    • Selanjutnya, arahkan pijatan ke bagian bawah hingga ke tulang panggul, lalu kembali ke pusar. Tahan pijatan selama 2–3 menit.
    • Dengan gerakan memutar, pijat perut menggunakan ujung jari. Tekan jari sedikit ke dalam, pijat tulang panggul kanan ke tulang rusuk kanan selama satu menit.
    • Lanjutkan dengan memijat bagian tengah perut dengan lembut, kemudian arahkan pijatan dari tulang panggul kiri ke pusar.
    • Ulangi pijatan dengan gerakan searah jarum jam selama 10 menit.

    Sendawa saat pijat merupakan hal yang lumrah karena pijatan di perut bermanfaat merangsang kinerja usus sehingga gas pun terdorong keluar.

    Jika Anda memilih untuk pijat, pastikan Anda menemui terapis terpercaya bila perlu yang memiliki sertifikat resmi.


    Ingin mendapatkan berat badan ideal?

    Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


    health-tool-icon

    Kalkulator Kebutuhan Kalori

    Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Everything You Need to Know About Intestinal Gas. (2022). Retrieved 7 January 2022, from https://badgut.org/information-centre/a-z-digestive-topics/intestinal-gas/

    Sinclair, M. (2011). The use of abdominal massage to treat chronic constipation. Journal Of Bodywork And Movement Therapies, 15(4), 436-445. doi: 10.1016/j.jbmt.2010.07.007

    Quest – Article – Enhancing Blood Flow to Exercising Muscles | Muscular Dystrophy Association. (2016). Retrieved 7 January 2022, from https://www.mda.org/quest/article/enhancing-blood-flow-exercising-muscles

    Guan, L., Collet, J., Yuskiv, N., Skippen, P., Brant, R., & Kissoon, N. (2014). The Effect of Massage Therapy on Autonomic Activity in Critically Ill Children. Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine, 2014, 1-8. doi: 10.1155/2014/656750

    Kastin, A. (Ed.). (2013). Handbook of biologically active peptides. Academic press. doi: 10.1016/B978-0-12-385095-9.00164-0

    Enteric Nervous System. (2022). Retrieved 7 January 2022, from http://www.vivo.colostate.edu/hbooks/pathphys/digestion/basics/gi_nervous.html

    Never had a massage? What you should know. (2022). Retrieved 7 January 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/massage/art-20045743

    Michigan Medicine. (2022). Retrieved 7 January 2022, from https://www.med.umich.edu/1libr/MBCP/AbdominalSelfmassage.pdf

    Jarrin, D., Ivers, H., Lamy, M., Chen, I., Harvey, A., & Morin, C. (2018). Cardiovascular autonomic dysfunction in insomnia patients with objective short sleep duration. Journal Of Sleep Research, 27(3), e12663. doi: 10.1111/jsr.12663

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari Diperbarui Jan 17
    Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro
    Next article: