backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Obat Maag Sirup Terbaik yang Ampuh

Ditinjau secara medis oleh Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Farm · Farmasi · None


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 06/05/2024

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Obat Maag Sirup Terbaik yang Ampuh

Ketika sakit maag kambuh, aktivitas Anda tentu bisa terganggu oleh sakit perut, perut kembung, dan nyeri ulu hati. Tak perlu khawatir, Anda dapat mengonsumsi obat maag sirup terbaik untuk mengatasi gejala tersebut dengan cepat.

Mengenal obat maag dalam bentuk cair

obat sirup sakit maag terbaik

Dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, maag dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan bebas dari golongan antasida, histamine 2 blocker (H2 blocker), dan proton pump inhibitor (PPI).

Dari ketiga jenis obat di atas, dokter biasanya sering merekomendasikan antasida sebagai pengobatan awal. Antasida adalah obat yang menetralisasi asam lambung.

Antasida umumnya mengandung natrium bikarbonat, magnesium hidroksida, aluminium hidroksida, dan kalsium karbonat.

Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders, antasida berbentuk tablet bekerja lebih lambat dari obat yang berbentuk cair.

Selain itu, obat maag yang berbentuk tablet juga memiliki daya penetral yang lebih rendah. Oleh sebab itu, obat maag dalam bentuk cair atau sirup dinilai lebih efektif meringankan gejala maag.

10 merek obat maag sirup terbaik

Maag merupakan salah satu gangguan pencernaan yang paling umum. Agar aktivitas Anda tak terganggu karenanya, inilah beberapa pilihan obat sirup asam lambung terbaik yang bisa Anda coba.

1. Promag Cair

Promag adalah salah satu merek obat maag terbaik yang mengandung kombinasi hydrotalcite dan magnesium hidroksida.

Kedua kandungan bahan aktif tersebut bekerja dengan cara menetralkan asam lambung sekaligus melapisi dinding lambung dari infeksi atau luka akibat asam lambung.

Promag juga bisa mengurangi gelembung gas yang berlebih dalam lambung sehingga mampu meredakan rasa kembung yang Anda alami.

Komposisi: hydrotalcite, magnesium hidroksida, dan simetikon.

Nomor registrasi BPOM: DBL1111641033A3

2. Mylanta Liquid

Dengan “Quick Action Formula“, Mylanta Liquid dapat menurunkan asam lambung dengan cepat. 

Obat sirup ini mengandung kombinasi aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida yang akan menetralkan asam lambung. 

Selain itu, Mylanta bisa digunakan untuk mengurangi mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, dan gejala-gejala lainnya yang berhubungan dengan:

  • kelebihan asam lambung,
  • gastritis,
  • tukak lambung, dan
  • tukak usus dua belas jari.

Komposisi: aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon.

Nomor registrasi BPOM: DBL1441200233A1

3. Polysilane Sirup

Anda mungkin sudah tidak asing dengan merek obat maag Polysilane. Obat ini mengandung zat aktif simetikon, aluminium hidroksida, dan magnesium hidroksida. 

Selain menetralkan asam lambung berlebih, ketiga zat tersebut bisa memperlambat kinerja enzim pencernaan yang disebut pepsin sehingga nyeri ulu hati dapat berkurang.

Nomor registrasi BPOM: DBL7821624233A1

4. Polycrol Forte Sirup

Polycrol Forte Sirup merupakan salah satu obat maag sirup terbaik yang dapat digunakan untuk mengobati gangguan pada saluran pencernaan, seperti: 

  • gastritis, 
  • perut kembung, 
  • maag,  
  • hiatus hernia, 
  • tukak lambung, dan 
  • tukak usus duabelas jari.

Obat ini mengandung methylpolysiloxane yang akan mengumpulkan gelembung gas di dalam lambung sehingga Anda dapat mengeluarkannya dengan bersendawa.

Komposisi: aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan methylpolysiloxane

Nomor registrasi BPOM: DBL7817801033B1

5. Farmacrol Forte

Sama seperti obat maag sirup lainnya, Farmacrol Forte mengandung aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon.

Kandungan tersebut berperan penting dalam mengatasi gangguan pencernaan akibat tingginya produksi asam lambung.

Selain meredakan sakit perut, obat ini juga membantu meredakan gejala tambahan, seperti bersendawa, kembung, dan rasa tidak nyaman pada perut atau usus.

Komposisi: aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon. 

Nomor registrasi BPOM: DBL8831501533A1

6. Hufamag Plus Suspensi Sirup

Hufamag Plus suspensi adalah obat sirup yang digunakan untuk meredakan gejala gangguan pencernaan akibat peningkatan asam lambung, seperti:

Obat ini mampu menetralkan asam lambung berlebih dengan cara meningkatkan pH di dalam lambung.

Komposisi: aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon.

Nomor registrasi BPOM: DBL9907808433A1

7. Antasida Doen Sirup

Antasida Doen merupakan obat dari golongan antasida yang mampu menetralkan asam lambung pada orang-orang dengan maag. 

Kandungan aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida di dalamnya bekerja cepat secara sinergis dalam menurunkan asam lambung. 

Obat ini digunakan untuk meredakan gejala maag, seperti nyeri ulu hati, sering bersendawa, dan perut kembung.

Komposisi: aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida.

Nomor registrasi BPOM: GBL9106306133A1

8. Gastrucid Suspensi Sirup

Pada keadaan normal, lambung memproduksi asam untuk menghancurkan makanan dan membunuh bakteri yang ada di dalam makanan.

Namun, ketika produksi asam meningkat secara drastis, saluran pencernaan akan menjadi sangat asam sehingga Anda pun mengalami sakit perut.

Anda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi Gastrucid Suspensi. Obat ini dapat mengatasi kelebihan asam lambung akibat tukak lambung, gastritis, dan tukak duodenum.

Komposisi: aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon. 

Nomor registrasi BPOM: DBL8718203333A1

9. Gastrinal HD Suspensi Sirup

Gastrinal HD Suspensi merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi gangguan akibat kelebihan produksi asam lambung, seperti sakit maag dan tukak lambung.

Obat maag sirup ini mengandung zat aktif hydrotalcite, yaitu antasida yang dapat meningkatkan pH asam lambung melalui reaksi netralisasi. 

Bersama dengan magnesium hidroksida dan simetikon, obat ini dapat memberikan perlindungan tambahan dari asam lambung dengan melapisi mukosa lambung.

Komposisi: hydrotalcite, magnesium hidroksida, dan simetikon. 

Nomor registrasi BPOM: DBL1715625433A1

10. Plantacid Forte Sirup

Plantacid Forte Sirup merupakan obat maag sirup mengandung magnesium dan aluminium hidroksida yang dapat menetralkan asam lambung secara efektif. 

Obat ini juga bisa membantu mengurangi aktivitas proteolitik pepsin. Hal ini akan mengurang nyeri epigastrium yang ditimbulkan oleh asam lambung dan aktivitas enzim pepsin.

Komposisi: aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon.

Nomor registrasi BPOM: DBL8511602633B1

Maag memang dapat diatasi dengan obat sirup maupun tablet. Namun, Anda juga bisa mencegah gangguan pencernaan ini dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Batasi konsumsi makanan pedas, minuman bersoda, alkohol, maupun pemicu maag lainnya. Jangan lupa untuk mengelola stres dengan sebaik mungkin agar maag Anda tak gampang kambuh.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Farm

Farmasi · None


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 06/05/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan