home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Manfaat Green Coffee (Kopi Hijau) untuk Kesehatan

5 Manfaat Green Coffee (Kopi Hijau) untuk Kesehatan

Tidak hanya teh yang bisa berwarna hijau, kopi pun memiliki warna serupa. Faktanya, green coffee (kopi hijau) dipercaya mengandung sejumlah nutrisi yang punya manfaat bagi kesehatan. Yuk, simak apa itu kopi hijau dan khasiatnya untuk tubuh!

Apa itu green coffee (kopi hijau)?

kopi hijau

Kopi hijau adalah biji kopi yang terbuat dari buah coffea yang belum dipanggang.

Biji kopi ini mengandung tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan kopi biasa. Pasalnya, proses pemanggangan biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat.

Banyak orang yang percaya bahwa asam klorogenat ini mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan. Bahkan, kopi ini juga populer di kalangan orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit lainnya.

Manfaat green coffee (kopi hijau)

Ekstrak dari biji green coffee telah menunjukkan sederet manfaat kesehatan, menurut sejumlah pakar. Komponen utama yang memberikan khasiat tersebut yaitu kafein dan asam klorogenat.

Walaupun demikian, ada beberapa faktor lainnya yang ikut berkontribusi terhadap manfaat green coffee.

1. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat yang membuat green coffee menjadi populer di kalangan masyarakat yaitu membantu menurunkan berat badan.

Menurut penelitian dari Asian Pacific journal of tropical medicine, suplemen ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh. Bahkan, pemberian green coffee pada tikus ini juga menurunkan berat badan serta kadar lemak pada hati.

Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa kafein dan asam klorogenat pada biji kopi hijau yang berkontribusi terhadap khasiat ini. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk melihat apakah konsumsi green coffee untuk diet efeknya sama dengan manusia.

2. Mengendalikan tekanan darah

Selain menurunkan berat badan, manfaat lain dari kopi hijau yaitu membantu mengendalikan tekanan darah.

Bagaimana tidak, kandungan asam klorogenat dalam green coffee merupakan senyawa antioksidan yang kuat. Pasalnya, senyawa antioksidan ini menghambat kortisol aktif, yakni hormon yang bisa meningkatkan tekanan darah.

Sementara itu, beberapa orang juga meminum kopi hijau karena diduga dapat meningkatkan elastisitas arteri, hingga menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan fokus

Sudah bukan rahasia umum lagi bila kopi dapat meningkatkan kerja otak, termasuk biji kopi hijau.

Kafein pada kopi hijau bertindak sebagai stimulan pada saraf pusat. Itu sebabnya, Anda merasa lebih ‘bersemangat’ setelah minum kopi ketika bekerja.

Meski begitu, Anda perlu memperhatikan asupan kafein harian. Bila dikonsumsi sewajarnya, kafein dapat membantu meningkatkan fokus, perhatian, dan konsentrasi.

4. Menghambat proses penuaan

Tak hanya konsentrasi, green coffee pun memberikan manfaat dengan menghambat proses penuaan.

Biji kopi hijau merupakan salah satu sumber kandungan antioksidan yang menawarkan efek anti penuaan. Asam klorogenat dalam bijinya dilaporkan dapat memperbaiki sifat kulit dan fungsi sirkulasi mikro pada manusia.

Menurut studi dari Bioscience, biotechnology, and biochemistry, konsumsi asam klorogenat selama delapan minggu dapat meningkatkan hidrasi kulit.

5. Menambah energi

Merasa lesu, lemas, dan tidak semangat menjalani hari? Anda mungkin butuh kopi hijau sebagai solusi dari masalah keletihan ini.

Hal ini dikarenakan green coffee menawarkan manfaat yang bisa menyelesaikan masalah tersebut, yaitu menambah energi. Berkat kandungan kafein di dalamnya, kopi hijau bisa menjadi stimulan ringan untuk membuat Anda merasa lebih terjaga.

Anda mungkin baru merasakan pengaruh kafein dalam kopi hijau dalam 5 – 30 menit setelah meminumnya. Efek penambah tenaga ini juga bisa bertahan hingga 12 jam.

Walaupun demikian, pengaruh kafein ini tergantung pada beragam faktor, seperti massa tubuh hingga toleransi terhadap kafein pada kopi.

Bahaya minum kopi hijau terlalu banyak

Meski menawarkan berbagai manfaat dan aman diminum, minum kopi terlalu banyak termasuk green coffee tentu bisa menimbulkan efek samping, seperti kecanduan kopi maupun masalah lainnya.

Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat kopi hijau juga mengandung kafein yang mirip seperti kopi pada umumnya. Alih-alih mendapat manfaat dari green coffee, terlalu banyak mendapatkan kafein bisa memicu sejumlah gejala berupa:

  • insomnia,
  • gugup dan gelisah,
  • sakit perut,
  • mual atau muntah,
  • detak jantung meningkat,
  • susah bernapas,
  • sakit kepala, dan
  • telinga berdenging.

Kelompok yang tidak disarankan minum green coffee

Selain itu, minum kopi hijau memerlukan kewaspadaan dan peringatan khusus, terutama pada penyakit seperti:

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan diskusikan dengan dokter atau ahli gizi terkait manfaat dan risiko green coffee.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Revuelta-Iniesta, R., & Al-Dujaili, E. A. (2014). Consumption of green coffee reduces blood pressure and body composition by influencing 11β-HSD1 enzyme activity in healthy individuals: a pilot crossover study using green and black coffee. BioMed research international, 2014, 482704. https://doi.org/10.1155/2014/482704. Retrieved 20 April 2021. 

Choi, B. K., Park, S. B., Lee, D. R., Lee, H. J., Jin, Y. Y., Yang, S. H., & Suh, J. W. (2016). Green coffee bean extract improves obesity by decreasing body fat in high-fat diet-induced obese mice. Asian Pacific journal of tropical medicine, 9(7), 635–643. https://doi.org/10.1016/j.apjtm.2016.05.017. Retrieved 20 April 2021. 

Fukagawa, S., Haramizu, S., Sasaoka, S., Yasuda, Y., Tsujimura, H., & Murase, T. (2017). Coffee polyphenols extracted from green coffee beans improve skin properties and microcirculatory function. Bioscience, biotechnology, and biochemistry, 81(9), 1814–1822. https://doi.org/10.1080/09168451.2017.1345614. Retrieved 20 April 2021. 

Hill, A. (2019). What Is Green Coffee? All You Need to Know. Healthline. Retrieved 20 April 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/green-coffee 

Does coffee really give you more energy? (n.d). Queensland Health. Retrieved 20 April 2021, from https://www.health.qld.gov.au/news-events/news/coffee-caffeine-energy

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adinda Rudystina Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro