Jenis Makanan yang Aman dan Sehat untuk Pengidap Batu Empedu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Kantong empedu adalah organ yang berfungsi menyimpan cairan empedu dan terletak antara hati dengan usus. Nah, kantong ini dapat tersumbat oleh tumpukan kolesterol atau cairan dari hati yang mengeras menjadi batu. Kondisi ini disebut dengan batu empedu. Orang dengan kondisi ini harus menjaga gaya hidupnya, terutama pilihan makanan. Apa saja makanan untuk penderita batu empedu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Berbagai jenis makanan untuk penderita batu empedu

Kantong empedu mengalirkan cairan empedu yang diproduksi oleh hati ke usus kecil untuk membantu mencerna makanan, terutama makanan berlemak. Biasanya, gejala akan muncul ketika kolesterol sudah menumpuk dan menyumbat saluran empedu.

Gejala batu empedu ini beragam, umumnya dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut bagian atas atau punggung belakang, mual, muntah, dan masalah pencernaan lainnya.

Kondisi ini sangat mengganggu bahkan menghambat aktivitas harian Anda. Jika Anda memiliki batu empedu, selain minum obat, menjaga dan memilih makanan itu penting. Sebab tidak semua makanan mendukung kesehatan kantung empedu, beberapa makanan mungkin bisa memperparah kondisi. Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga tidak boleh membuat berat badan jadi terus naik.

Beberapa makanan untuk penderita batu empedu yang aman dan sehat untuk dinikmati, antara lain:

1. Sayur dan buah

buah dan sayur

Sayur dan buah adalah makanan yang bebas lemak, kecuali alpukat yang punya lemak baik. Buah dan sayur kaya akan vitamin, antioksidan dan juga mineral yang penting bagi tubuh.

Nah, bagi Anda pasien batu empedu, buah dan sayur bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda konsumsi. Terutama yang tinggi kandungan vitamin C, kalsium, atau vitamin B, seperti buah jeruk, jamur, stroberi, atau pepaya.

Walaupun sehat, perhatikan juga cara mencuci dan mengolahnya. Sebaiknya cuci buah dengan air bersih mengalir dan pilih cara memasaknya yang dikukus, direbus, atau dipanggang.

2. Biji-bijian dan kacang-kacangan

roti gandum atau roti tawar putih

Roti dan biji-bijian adalah makanan dengan serat tinggi, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Sebagian besar biji-bijian juga mengandung rendah lemak, sehingga jadi makanan untuk pengidap batu empedu yang sehat dan aman. Jadi, pilih roti atau sereal yang terbuat dari biji gandum.

Selain biji-bijian, berbagai jenis kacang juga aman sebagai makanan untuk penderita batu empedu. Ada tempe dan tahu, makanan sederhana yang terbuat dari kacang kedelai dan sangat mudah untuk diolah.

Anda juga bisa menikmati kacang lainnya, seperti almond atau walnut untuk tambahan salad sayur, oat, atau yogurt untuk camilan. Akan tetapi, harus diperhatikan juga porsinya, jangan berlebihan.

3. Susu bebas lemak

berhenti minum susu

Biasanya, orang yang sedang menjalani diet ketat akan disarankan untuk mengonsumsi lemak hanya sebanyak 30 persen dari total kalorinya. Nah, orang dengan batu empedu justru harus mengonsumsi lemak kurang dari angka tersebut.

Jadi memang asupan lemak bagi pengidap batu empedu sangat dibatasi. Untuk itu, pasien perlu memperhatikan susu dan produk susu yang memang mengandung lemak. Anda tetap boleh menikmati enaknya susu asal pilih produk susu, seperti keju atau susu yang rendah lemak.

4. Daging tanpa lemak

Potongan Daging Sapi Mana yang Paling Sehat dan Punya Lemak Sedikit?

Selain susu, daging jadi makanan yang cenderung mengandung banyak lemak. Namun tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa menikmati daging ayam atau sapi. Pilih daging sapi yang sudah disisihkan bagian lemaknya. Sementara daging ayam, pilih dagingnya saja tanpa kulit.

5. Makanan manis

Jika Anda termasuk orang yang suka makanan manis, Anda tetap bisa makanan manis. Misalnya, es buah, es krim buah, atau yogurt. Selain itu, permen atau marshmallow juga makanan bebas lemak yang masih aman untuk dikonsumsi. Namun, porsinya tetap harus dibatasi untuk mencegah asupan kalori yang berlebih.

6. Ikan

gambar ikan kembung, sajian ikan yang kaya akan omega-3 dan nutrisi

Ikan juga termasuk salah satu makanan sehat yang disarankan untuk penderita batu empedu. Ikan memiliki kandungan omega-3 yang dapat membantu mengurangi risiko terhadap batu empedu. Anda bisa memilih jenis ikan yang lebih rendah kandungan lemaknya seperti ikan cod atau ikan pollock.

Anda juga bisa makan ikan-ikan dengan lemak yang lebih tinggi seperti salmon dan tuna. Namun, bila batu empedu telah menimbulkan nyeri, Anda harus mengurangi atau menghindari konsumsinya sama sekali. Jauhi juga konsumsi ikan kalengan terutama yang diberi minyak.

7. Kacang-kacangan

kacang bikin jerawatan

Tak hanya memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga lemak yang sehat, kacang juga mengandung sterol. Sterol adalah senyawa yang dapat menghalangi tubuh untuk menyerap lebih banyak kolesterol, sehingga konsumsinya akan membantu melindungi tubuh dari pembentukan batu empedu.

Khasiatnya pun pernah ditunjukkan pada sebuah studi di akhir tahun 2004 yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Harvard. Terlihat bahwa konsumsi kacang sebanyak 5 ons atau lebih per minggunya dapat menurunkan risiko batu empedu hingga 30 persen.

Itulah berbagai macam jenis makanan yang aman dikonsumsi untuk para penderita batu empedu. Perlu diketahui, cara pengolahan makanan juga sangat penting. Sebaiknya masaklah makanan dengan cara dipanggang atau direbus.

Bila Anda masih memiliki pertanyaan seputar makanan yang aman atau membutuhkan saran tentang menu makan sehari-hari, hubungi dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan solusi terbaiknya.

Berapa Banyak Kalori yang Anda Butuhkan?

Selain rajin berolahraga, mengetahui berapa banyak asupan kalori yang harus dikonsumsi juga penting untuk menjaga kesehatan. Cari tahu kalori harian yang Anda butuhkan di sini.

Cari Tahu!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag

Beberapa jenis makanan dan minuman ternyata bermanfaat untuk meringankan keluhan pada penderita sakit maag. Apa saja daftarnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis & Maag 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

Tahukah Anda jika cara makan sayuran dan penyajiannya tidak tepat, membuat sayur jadi sulit dicerna tubuh. Simak tips berikut untuk mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Pencernaan, Konstipasi 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

9 Makanan yang Membantu Menghilangkan Stres

Apakah nafsu makan Anda bertambah saat stres? Berikut makanan sehat yang dapat membantu Anda menghilangkan stres dan penatnya pikiran.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 7 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Penyebab Paling Umum Sakit Perut Sebelah Kanan

Beberapa dari Anda mungkin sering merasakan sakit perut sebelah kanan. Hati-hati karena ini bisa menjadi tanda suatu penyakit pada organ di rongga perut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Pencernaan 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

buah yang bisa bikin gemuk

Hati-Hati, 5 Buah-buahan Ini Justru Bisa Bikin Gemuk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
makan makanan yang sama

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat buah stroberi

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyakit pada sistem pencernaan

11 Penyakit yang Paling Sering Terjadi pada Sistem Pencernaan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit