Mempersiapkan Anak untuk Hari Pertama Sekolah

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Mulai sekolah adalah salah satu kejadian penting untuk Anda dan anak Anda. Wajar jika Anda merasa khawatir dengan penyesuaian anak Anda terhadap perubahan yang besar.

Yakinlah bahwa sekolah sudah terbiasa menyambut anak-anak yang merasa grogi pada awalnya. Guru dan asisten akan mendukung dan membantu anak Anda agar anak Anda merasa ia berpartisipasi di sekolah.

Namun sebelum hari pertama anak Anda sekolah, banyak yang dapat Anda lakukan. Jika Anda ingin anak Anda menyesuaikan diri pada lingkungan baru, Anda dapat membawanya kepada kegiatan berkelompok, seperti kelas musik atau tari.

Sesi membaca buku cerita pada perpustakaan lokal atau pergi ke taman pada akhir pekan dapat mengenalkan anak Anda dengan anak-anak seusianya. Cara-cara tersebut dapat membantunya berinteraksi dengan anak-anak lainnya, yang belum pernah ia temui.

Berikan semangat untuk anak Anda agar ia berpartisipasi pada kegiatan kelompok, seperti acara ulang tahun. Jika Anda tahu anak Anda segan bergabung dalam permainan. Bermainlah dengannya di rumah.

Jika Anda khawatir anak Anda tidak terbiasa mengikuti instruksi, perkenalkan permainan sederhana di rumah agar ia terbiasa dengan instruksi.

Jika anak Anda senang bermain dengan pakaian, Anda dapat memakaikan kostum dan memintanya bergaya. Jika anak Anda melakukan dengan baik, pujilah dan jelaskan bahwa Anda senang karena ia melakukan apa yang Anda minta. Main baju-bajuan juga dapat memupuk kepercayaan diri saat ia harus menggunakan seragam di sekolah.

Anda tidak perlu mengajarkan terlalu banyak huruf dan angka sebelum sekolah dimulai. Anda dapat membicarakan tentang angka, warna, dan huruf seiring berjalannya aktivitas sehari-hari.

Di supermarket, mintalah anak Anda untuk mencari kotak sereal yang berwarna merah, atau mengambil apel hijau. Saat Anda sampai di rumah, hitung barang belanjaan Anda. Mintalah anak Anda mengurutkan barang belanjaan sesuai ukuran.

Mengenal diri sendiri juga penting untuk anak saat ia mulai bersekolah. Apakah anak Anda tahu berapa usianya? Dapatkah ia memberi tahu guru apabila ia terluka? Bantulah anak Anda untuk mengingat bagian tubuhnya. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri saat ia ditanyakan pertanyaan yang dapat ia jawab.

Anda juga dapat membantunya mengerti kata-kata seperti “sama” dan “beda” atau “lebih” dan “kurang”. Hal ini dapat membantu anak dalam mengekspresikan pikirannya.

Bantu anak Anda mendeskripsikan benda dan membuat perbedaan. Taruh dua jenis buah yang berbeda. Sebagai contoh, 3 buah apel dan sebuah pisang. Minta anak Anda untuk memilih buah mana yang berbeda.

Anda juga dapat menggunakan kata-kata yang mendeskripsikan waktu, seperti “sebelum” dan “sesudah”. Sebagai contoh: “kita makan sebelum pergi ke taman.”

Jika pengajaran dibawakan dengan santai dan informal, anak Anda dapat menyerap informasi tanpa merasa ia sedang diajari. Permainan dapat membantu mempersiapkan anak Anda untuk masuk ke sekolah.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    7 Kiat Jitu Menghadapi Anak Tidak Mau Sekolah

    Sering kali anak tidak mau pergi ke sekolah karena berbagai alasan. Namun, jangan khawatir. Ada cara jitu membujuk anak agar mau pergi ke sekolah.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari

    Supaya Makin Klop, Biarkan Si Kecil Berinteraksi Dengan Sang Ayah Pada 4 Momen Ini

    Ayah adalah sosok yang penting untuk tumbuh kembang anak. Supaya hubungan ayah dan anak makin dekat, manfaatkan momen-momen berikut ini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Sebenarnya, Program Keluarga Berencana (KB) Itu Apa, Sih?

    Program Keluarga Berencana (KB) yang dicanangkan oleh BKKBN terbukti turunkan angka kelahiran di Indonesia sejak tahun 1991. Apa lagi manfaatnya?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari

    Tips Melatih Anak Supaya Berani Berangkat Sekolah Sendiri

    Sekolah anak dekat rumah dan bisa ditempuh dengan sepeda atau jalan kaki. Namun, apakah bijak membiarkan anak pergi ke sekolah sendiri?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Direkomendasikan untuk Anda

    Tips Mengajak Orang Tua Pindah ke Tempat yang Baru

    Tips Mengajak Orang Tua Pindah ke Tempat yang Baru

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020
    Panduan Lengkap Mengukur Tekanan Darah Anak di Rumah

    Panduan Lengkap Mengukur Tekanan Darah Anak di Rumah

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 22/04/2020
    Grup WhatsApp Keluarga Ternyata Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

    Grup WhatsApp Keluarga Ternyata Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 29/02/2020
    Ortu Wajib Tahu, Inilah 5 Penyebab Anak Takut dan Stres dengan Sekolah

    Ortu Wajib Tahu, Inilah 5 Penyebab Anak Takut dan Stres dengan Sekolah

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 02/09/2019