6 Cara yang Ampuh untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Otak merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mengatur seluruh fungsi organ tubuh, salah satunya daya ingat. Pada anak-anak, agar mereka bisa mengingat pelajar di sekolah, mereka tentunya harus memiliki kemampuan daya ingat yang baik. Sayangnya, kemampuan daya ingat setiap anak berbeda-beda. Ada yang mudah lupa dan ada juga yang muda mengingat segala hal.

Meski begitu, jangan khawatir, beberapa cara sederhana berikut ini bisa jadi salah satu cara meningkatkan daya ingat si kecil agar lebih optimal dalam menyerap pelajaran di sekolah. Apa saja? Baca terus untuk mengetahuinya.

Beragam cara meningkatkan daya ingat si kecil

Daya ingat atau biasa disebut juga dengan memori adalah proses mempertahankan, menyimpan, dan mengingat kembali pengalaman yang telah lampau. Kunci utama daya ingat adalah memindahkan informasi dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang.

Dikutip dalam laman Babble, dr. Sarah Brewer seorang dokter ahli gizi dalam bukunya Super Baby mengatakan jika ingatan jangka pendek si kecil hanya bisa menyimpan fakta sekitar lima menit, sedangkan ingatan jangka panjang mampu menyimpan fakta seumur hidupnya. Ingatan jangka panjang ini terdiri atas kebiasaan yang sering dilakukan seperti kemampuan belajar (naik sepeda), pengetahuan umum, dan juga pengalaman pribadi.

Nah, berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat jangka panjang si kecil.

1. Bermain sambil belajar

Bermain merupakan cara meningkatkan daya ingat si kecil yang paling sdisukai semua anak. Nah. Untuk meningkatkan perkembangan otaknya, lakukanlah aktivitas bersama yang menyenangkan dengan si kecil. Misalnya, dengan mengajaknya bermain sambil belajar.

Beberapa permainan yang bisa Anda lakukan bersama si kecil untuk merangsang daya ingatnya adalah puzzle, flash card, mewarnai, permainan aneka bentuk dan warna, serta menempelkan angka, huruf, ataupun gambar.

2. Bercerita bersama

Anda bisa mendongengkannya berbagai macam jenis cerita sebelum tidur dan saat waktu luang. Setelah selesai mendongeng, ajaklah si kecil untuk kembali mengingat jalan cerita cerita tadi, seperti nama tokoh, nama tempat dan seterusnya. Dengan melakukan pengulangan, lama-lama anak akan terbiasa mendengarkan dan merekamnya dalam memori mereka.

Selain dari buku cerita, Anda juga bisa juga menggunakan boneka tangan, gambar-gambar yang bisa diganti-ganti dan menarik perhatiannya.

3. Mengajak bernyanyi

Anda juga bisa meningkatkan daya ingat anak dengan musik dan mengajaknya bernyanyi, misalnya menyanyikan langkah-langkah mengikat tali sepatu. Jangan lupa ajak juga si kecil untuk berjoget dan bertepuk tangan agar menambah kegembiraan dan semangatnya.

Jika kegiatan ini dilakukan secara rutin, lambat laun anak pasti akan mencoba menirukan nada dan lirik lagu yang sering dinyanyikannya serta mengingat informasi yang terkandung di dalam lagu.

4. Aktivitas fisik

Beragam penelitian telah menunjukkan jika aktivitas fisik memberikan manfaat yang baik untuk tubuh secara keseluruhan. Itu sebabnya, sejak kecil, anak pun sebaiknya dibiasakan aktif secara fisik. Aktivitas fisik pada anak membawa banyak manfaat seperti mengasah keterampilan gerak, interaksi sosial dengan orang sekitarnya, dan juga perkembangan otak.

Selain itu, aktivitas fisik ini pun akan mengurangi risiko si kecil terkena obesitas sejak dini. Anak yang aktif akan belajar dengan lebih efektif, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Jadi, jangan lupa ajak si kecil untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan dan bervariasi sesuai perkembangan menurut usianya.  

5. Cukup tidur

Sebuah studi yang dilakukan oleh Northwestern University menemukan bahwa tidur yang cukup merupakan kunci mempertahankan daya ingat. Hal ini dikarenakan selama tidur otak menyimpan hal-hal penting yang sudah dipelajari selama seharian.

Itu sebabnya, pastikan si kecil mendapatkan kualitas tidur yang baik setiap harinya. National Sleep Foundation(NSF) merekomendasikan waktu tidur si kecil 11 – 13 jam per hari (sudah termasuk tidur siang).

6. Memperhatikan asupan nutrisi

Selain beberapa kebiasaan sederhana yang sudah disebutkan di atas, Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi si kecil. Pemberian makanan yang bergizi untuk si kecil pada nyatanya juga berperan penting sebagai cara meningkatkan daya ingat si kecil, loh!

Cukupkanlah asupan nutrisi si kecil dengan memberikan makanan yang kaya vitamin, asam folat, asam lemak esensial, zat besi, serta seng untuk merangsang fungsi otak yang akhirnya akan memengaruhi daya ingatnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tahap Perkembangan Kognitif Balita Usia 1-5 Tahun

Perkembangan kemampuan kognitif balita penting diketahui orangtua agar dapat berkembang optimal.Berikut perkembangan kognitif balita usia 2-5 tahun.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 29/11/2019 . Waktu baca 12 menit

5 Cara untuk Melupakan Sesuatu yang Tidak Ingin Anda Ingat

Ingatan buruk dan menyedihkan pasti ingin Anda lupakan. Namun, bagaimana cara melupakan sesuatu yang tidak ingin diingat seperti ini? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/10/2019 . Waktu baca 5 menit

Kenali 4 Manfaat Susu Organik untuk Mendukung Kecerdasan Anak

Kandungan nutrisi pada susu organik memiliki manfaat besar untuk perkembangan anak, terutama dalam menunjang kecerdasan. Yuk, berikan si kecil susu organik!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Konten Bersponsor
manfaat susu organik untuk kecerdasan anak
Nutrisi, Hidup Sehat 03/07/2019 . Waktu baca 4 menit

5 Cara Mengajari Anak untuk Berterima Kasih Kepada Orang Lain

Ucapan terima kasih adalah cara untuk menghargai orang lain, dan si kecil perlu memahaminya sejak dini. Berikut 5 cara mengajari anak untuk berterima kasih.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Parenting, Tips Parenting 08/04/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak

8 Macam Makanan untuk Mendukung Kecerdasan dan Perkembangan Otak Bayi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 9 menit
penyebab sulit mengingat

6 Penyebab Otak Anda Sulit Mengingat dan Mudah Lupa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/07/2020 . Waktu baca 4 menit
cara mengatasi anak malas belajar

5 Cara Efektif Mengatasi Anak Malas Belajar

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 13/04/2020 . Waktu baca 6 menit
perkembangan psikologi anak

Mendidik Anak yang Sukses, Lakukan Tips Berikut Ini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 11/04/2020 . Waktu baca 5 menit