Cara Efektif Menidurkan Bayi Dengan Metode Fading

Oleh

Bayi yang rewel memang membuat Anda para orangtua kalang kabut. Mau tidak mau orangtua akan berada di samping bayi sampai ia tertidur lelap. Mengenai cara menidurkan bayi, banyak yang bisa dilakukan agar orangtua bisa terbebas dari rewel bayi menjelang tidur. Ya, waktu tidur bayi yang rewel bisa dilatih dengan melakukan metode tertentu. Cara menidurkan bayi yang dapat digunakan salah satunya dengan metode fading atau menjauh secara bertahap. 

Apa itu metode fading?

Dalam metode fading, orangtua secara bertahap mengurangi peran mereka untuk menemani bayi tidur dengan cara duduk di dekat bayi sampai ia tertidur, dan secara perlahan bergerak menjauh dari tempat tidur bayi setiap malam. Pendekatan metode fading lainnya adalah memeriksa bayi dan meyakinkannya (tanpa menggendongnya) setiap lima menit sampai ia tertidur.

Bagaimana cara melakukan metode fading?

Untuk melakukannya, letakkan bayi Anda dalam boks bayi atau tempat tidur, tepuk-tepuk punggung atau bagian tubuhnya hingga bayi merasa nyaman. Posisikan diri Anda sedikit jauh dari jangkauan bayi, bisa di dekat pintu atau di pinggir kasur, dan mulai tinggalkan ruangan perlahan. Cek bayi setiap 5 menit sekali, Anda bisa kembali sebentar untuk memeriksa  kondisi atau posisi bayi apakah rewel atau tidak.

Beberapa ahli mengatakan tidak apa-apa untuk menepuk-nepuk bayi Anda hingga bayi merasa nyaman. Sementara pendapat lain menyarankan untuk berbicara secara lembut dan halus pada bayi dan mengatakan kalau saat ini adalah waktu tidurnya. Lakukan secara berkala dan konsisten. Buat target di mana dalam dua minggu Anda harus dapat hanya meninggalkan ruangan setelah mengatakan ‘selamat malam’. Serta Anda tidak perlu harus menimang atau mendiamkan bayi yang rewel sampai mereka tertidur.

Tujuan metode fading

Metode fading sebenarnya bukan pelatihan tidur atau training untuk bayi Anda. Ini merupakan cara pendisiplinan anak untuk mengenal waktu tidurnya secara baik. Metode menjauh secara bertahap dilakukan agar bayi terbiasa tidur tanpa harus adanya sosok orangtua yang menemani selama tidurnya. Metode ini juga dikenal sebagi metode di mana orangtua menghilang secara perlahan dari pandangan bayi, atau orangtua bisa tidur diluar ruangan yang berbeda dengan bayi.

Metode ini memerlukan waktu bertahap, tidak sekejap bisa berhasil. Maka itu para orangtua harus bersabar dengan kondisi dan niatan pelatihan tidur untuk bayi ini.

Tujuan lainnya adalah untuk memberikan bayi waktu untuk mencari cara untuk menenangkan dirinya sendiri. “Asumsikan Anda sebagai menjadi pelatihnya, bukan pegangannya ketika tidur,” ucap Kim West, seorang pekerja sosial sekaligus penulis The Sleep Lady’s Good Night, Sleep Tight, yang menggeluti strategi metode fading. Metode ini dapat dilakukan untuk anak berusia 5 bulan sampai anak usia pra sekolah.

Apa metode fading ini efektif?

Suatu penelitian studi jangka panjang menemukan bahwa cara tidur bayi yang diterapkan melalui metode fading lebih baik. Dampak  tingkat depresi bagi orangtua mereka juga lebih rendah. Tiap bayi mempunyai karakter dan metode yang diaplikasikan secara berbeda-beda, maka tidak semua bayi dapat berhasil dengan metode fading ini.

Peran Anda sebagai orangtua sangat penting dalam menerapkan dan mengadaptasikan pola tidur dan rutinitas keseharian yang sehat untuk masing-masing anak. Disesuaikan dengan kebutuhan dan usianya.

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca