Cara Efektif Menidurkan Bayi Dengan Metode Fading

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/12/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bayi yang rewel memang membuat Anda para orangtua kalang kabut. Mau tidak mau orangtua akan berada di samping bayi sampai ia tertidur lelap. Mengenai cara menidurkan bayi, banyak yang bisa dilakukan agar orangtua bisa terbebas dari rewel bayi menjelang tidur. Ya, waktu tidur bayi yang rewel bisa dilatih dengan melakukan metode tertentu. Cara menidurkan bayi yang dapat digunakan salah satunya dengan metode fading atau menjauh secara bertahap. 

Apa itu metode fading?

Dalam metode fading, orangtua secara bertahap mengurangi peran mereka untuk menemani bayi tidur dengan cara duduk di dekat bayi sampai ia tertidur, dan secara perlahan bergerak menjauh dari tempat tidur bayi setiap malam. Pendekatan metode fading lainnya adalah memeriksa bayi dan meyakinkannya (tanpa menggendongnya) setiap lima menit sampai ia tertidur.

Bagaimana cara melakukan metode fading?

Untuk melakukannya, letakkan bayi Anda dalam boks bayi atau tempat tidur, tepuk-tepuk punggung atau bagian tubuhnya hingga bayi merasa nyaman. Posisikan diri Anda sedikit jauh dari jangkauan bayi, bisa di dekat pintu atau di pinggir kasur, dan mulai tinggalkan ruangan perlahan. Cek bayi setiap 5 menit sekali, Anda bisa kembali sebentar untuk memeriksa  kondisi atau posisi bayi apakah rewel atau tidak.

Beberapa ahli mengatakan tidak apa-apa untuk menepuk-nepuk bayi Anda hingga bayi merasa nyaman. Sementara pendapat lain menyarankan untuk berbicara secara lembut dan halus pada bayi dan mengatakan kalau saat ini adalah waktu tidurnya. Lakukan secara berkala dan konsisten. Buat target di mana dalam dua minggu Anda harus dapat hanya meninggalkan ruangan setelah mengatakan ‘selamat malam’. Serta Anda tidak perlu harus menimang atau mendiamkan bayi yang rewel sampai mereka tertidur.

Tujuan metode fading

Metode fading sebenarnya bukan pelatihan tidur atau training untuk bayi Anda. Ini merupakan cara pendisiplinan anak untuk mengenal waktu tidurnya secara baik. Metode menjauh secara bertahap dilakukan agar bayi terbiasa tidur tanpa harus adanya sosok orangtua yang menemani selama tidurnya. Metode ini juga dikenal sebagi metode di mana orangtua menghilang secara perlahan dari pandangan bayi, atau orangtua bisa tidur diluar ruangan yang berbeda dengan bayi.

Metode ini memerlukan waktu bertahap, tidak sekejap bisa berhasil. Maka itu para orangtua harus bersabar dengan kondisi dan niatan pelatihan tidur untuk bayi ini.

Tujuan lainnya adalah untuk memberikan bayi waktu untuk mencari cara untuk menenangkan dirinya sendiri. “Asumsikan Anda sebagai menjadi pelatihnya, bukan pegangannya ketika tidur,” ucap Kim West, seorang pekerja sosial sekaligus penulis The Sleep Lady’s Good Night, Sleep Tight, yang menggeluti strategi metode fading. Metode ini dapat dilakukan untuk anak berusia 5 bulan sampai anak usia pra sekolah.

Apa metode fading ini efektif?

Suatu penelitian studi jangka panjang menemukan bahwa cara tidur bayi yang diterapkan melalui metode fading lebih baik. Dampak  tingkat depresi bagi orangtua mereka juga lebih rendah. Tiap bayi mempunyai karakter dan metode yang diaplikasikan secara berbeda-beda, maka tidak semua bayi dapat berhasil dengan metode fading ini.

Peran Anda sebagai orangtua sangat penting dalam menerapkan dan mengadaptasikan pola tidur dan rutinitas keseharian yang sehat untuk masing-masing anak. Disesuaikan dengan kebutuhan dan usianya.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Si Kecil Mengalami Ruam? Berikut 8 Cara Mengobatinya

    Bayi yang keseringan pakai popok, memang rentan terkena ruam popok. Jangan khawatir, ikuti cara berikut ini untuk mengobati dan mengatasi ruam popok.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25/06/2020 . Waktu baca 7 menit

    Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

    Munculnya kista saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Walau biasanya tidak berbahaya, ibu hamil perlu memahami apa saja pengaruhnya terhadap kandungan.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    5 Tips Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

    Tips ini akan membantu Anda menerapkan kebiasaan kesehatan gigi dan mulut pada anak sejak dini. Yuk, cari tahu apa saja caranya di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Willyson Eveiro
    Konten Bersponsor
    menyikat gigi bersama merupakan salah satu cara mendorong minat si kecil dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak
    Parenting, Tips Parenting 16/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

    Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    Masturbasi Saat Hamil

    Masturbasi Saat Hamil, Boleh Atau Tidak?

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 3 menit
    cek kehamilan dengan test pack

    Kapan Saya Bisa Mulai Cek Kehamilan dengan Test Pack?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 11/08/2020 . Waktu baca 6 menit
    mengatasi anak step kejang demam saat anak kejang

    Apa yang Harus Diakukan Jika Anak Step (Kejang Demam)

    Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
    Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 5 menit

    Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit